Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor?

6
2041
Inilah Beberapa Saran Ketika Hendak Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor

Memiliki kendaran bermotor saat ini bukan lagi menjadi hal yang susah dilakukan. Karena ada banyak cara bisa ditempuh guna mengabulkan kehendak untuk memiliki kendaran motor jenis apapun. Selain membelinya secara kontan, ada pula yang menempuh jalan “kredit” atau bisa juga mengikuti kelompok arisan kendaraan yang saat ini telah merebak.

Berbagai cara banyak ditempuh orang karena memang kebutuhan akan kendaraan, utamanya sepeda motor, saat ini seolah sudah menjadi keharusan bagi banyak orang. Alasannya, dengan adanya kendaraan sendiri maka banyak kemudahan akan diperoleh baik menyangkut waktu ataupun biaya.

Hasrat Memiliki Kendaraan Pribadi

Jika kendaraan umum susah dijumpai, tentu saja sangat bisa dipahami ketika keinginan untuk memiliki kendaran sendiri itu muncul.  Hasrat memiliki kendaran sendiri ini akan semakin sering kemunculannya tak lain adalah adanya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh penjual kendaraan, sebagai contoh adalah dibebaskan uang DP bagi yang menempuh jalan kredit, ataupun dimudahkan pengurusan surat-menyurat jika pembeliannya secara kontan.

Saran Sebelum Kredit Kendaraan

Ada banyak orang ternyata justru merasa tercekat karena tak bisa mengatur keuangan demi mendapatkan kendaran yang dikehendaki.  Oleh karenanya dibutuhkan pemahaman diri agar tak terjebak dan terjerat pada kredit kendaraan. Berikut adalah beberapa saran yang bisa dilakukan agar kita tetap mampu menghidupi semuanya tanpa harus merasa ada lubang besar yang akan membuat kita terperosok.

  • Tahan Dulu Hingga Semua Hutang Lunas

Hutang yang ideal adalah kurang daro 30% dari penerimaan gajinya. Maka jika hendak kredit kendaraan, silakan benar-benar pahami penambahan hutang yang akan terjadi. Apabila keberadaan motor mampu memperingan pekerjaan lain atau minimal bisa membuat lebih berhemat, tentu kredit kendaraan bermotor tak begitu menjadi masalah serius.

  • Jangan Mengambil Waktu Panjang

Tak sedikit orang yang mengambil kredit kendaraan dengan jangka waktu lama dengan alasan cicilannya lebih kecil. Hal itu memang tak begitu salah, hanya saja butuh dinegosiaskan secara baik ketika hendak mengajukan kredit motor. Memberikan Down Payment  yang besar pastinya akan membuat cicilan lebih kecil, dengan tenor (jangka waktu pembayaran utang) semakin pendek.

  • Memilih Pelayanan dari Leasing yang Baik

Merebaknya perusahaan pembiayaan kredit kendaraan bisa menyebabkan beberapa perusahaan tidak bertindak secara profesional. Persaingan tak sehat pun adakalanya juga terjadi.   Menyikapi hal tersebut, silakan mencari satu perusahaan yang tergabung dalam anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Usahakan pula untuk rajin mencari perbandingan harga antara dealer satu dengan yang lainnya. Pasalnya bukan tidak mungkin sebuah dealer akan memberikan harga termurah.

  • Jangan Lupakan BPKB dan Asuransi

BPKB merupakan surat yang sangat penting bagi pemilik kendaraan. Oleh karenanya akan lebih baik jika kita mencari dealer yang bertanggungjawab penuh terhadap keberadaan BPKB dan asuransi motor.   Sehingga ketika kendaraan telah lunas, maka BPKB bisa langsung diambil.

  • Tak Usah Pamer

Tak sedikit orang yang membeli kendaraan hanya sekadar ingin pamer, khususnya tatkala masa-masa liburan mudik tiba. Perilaku ini musti dihilangkan kaena membeli bukan untuk pemenuhan kebutuhan.    Akan menjadi salah adalah ketika membeli hanya terdorong akibat lapar mata.

Agar tak membebani, silakan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan ketika hendak melakukan kredit sepeda motor. [uth]

Rujukan:
[1] 5 Kesalahan Besar Yang Anda Harus Hindari Ketika Mengambil Kredit Motor, aturduit.com Diakses pada 24 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 24 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Hasrat Memiliki Kendaraan Pribadi2 Saran Sebelum Kredit Kendaraan2.1 Tahan Dulu Hingga Semua Hutang Lunas2.2 Jangan Mengambil Waktu Panjang2.3 Memilih Pelayanan dari Leasing yang Baik2.4 Jangan Lupakan BPKB dan Asuransi2.5 Tak Usah Pamer Memiliki kendaran bermotor saat ini bukan lagi menjadi hal yang susah dilakukan. Karena ada banyak cara bisa ditempuh guna mengabulkan kehendak …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here