Inilah Beberapa Asupan Makanan Yang Baik Bagi Otak Bayi

5
1539
Inilah Beberapa Asupan Makanan Yang Baik Untuk Otak Bayi

Memiliki si kecil yang yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orangtua. Pasalnya, kelucuan dan kelincahan secara otomatis tentu saja akan tercipta dari otak yang cerdas dan badan yang sehat itu. Namun tak banyak orangtua yang mau peduli dan memahami hal-hal apa saja yang bisa dilakukan demi mendapatkan perkembangan anak sesuai harapan.

Selain perhatian, perawatan dan juga pendidikan, asupan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil adalah hal lain yang tak bisa dilupakan. Karena dari makanan itulah ada banyak kandungan nutrisi yang akan membuat ketajaman otak makin terbantu.

Si Kecil Juga Butuh Asupan Nutrisi

Jika mengamati kebutuhan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sejatinya semua orang membutuhkan asupan penuh gizi, banyak vitamin, berlimpah protein, dan terdapat nutrisi lain yang mampu meningkatkan daya tahan, kebugaran, dan hal lain demi mendukung produktifitasnya. [Baca juga: Beberapa Asupan Makanan Yang Mampu Meningkatkan Tenaga Prima]

Terlepas dari itu semua, lalu asupan makanan apa saja yang bisa membuat si kecil buah hati kita terpacu kecerdasan serta terjaga kesehatannya?

Asupan Telur

Bagi sebagian orang, saat ini mungkin memakan telur adalah hal biasa dan bisa dilakukan dengan mudah setiap harinya. Namun perlu diketahui bahwa pada jaman dahulu telur tergolong jenis makanan yang istimewa, dan untuk mendapatkannya juga termasuk sulit.

Telur yang dianggap sebagai makanan biasa bagi sebagian orang, kenyataannya tetap baik diberikan kepada si kecil. Pasalnya selain pada bagian putihnya mengandung zat putih telur alias protein, pada bagian kuning telur juga terdapat kadar kolin padat yang memiliki manfaat baik bagi perkembangan daya ingat sang anak.

Ikan Salmon

Selain sebagai sumber lemak omega-3-DHA, salmon adalah jenis ikan dengan kadar EPA terbaik yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak.  Dari beberapa penelitian yang pernah ada, dipaparkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar asam lemak lebih akan memiliki daya ingat lebih tajam dan bisa menduduki peringkat lebih tinggi dalam sebuah ujian kompetensi.

Sayuran Berwarna

Ada banyak jenis sayur-mayur yang tergolong sayur berwarna. Sebagai contoh adalah labu siyem, bayam, brokoli, wortel, tomat, dan lain sebagainya.    Dari sayur berwarna itu, selain terkandung nutrisi yang sangat tinggi, ada pula sumber anti-oksidan yang handal dalam  menguatkan serta menyehatkan sel-sel otak manusia. Termasuk si kecil buah hati kita.

Buah Berry

Lebih dari satu jenis buah yang namanya berakhiran -berry. Ada strawberry, blueberry, dan tak ketinggalan buah cherry. Dari penelitian yang ada, semua jenis buah -berry tersebut memiliki ekstrak dengan kemampuan dapat memperbaiki daya ingat. Faktor yang membuat daya ingat terbaharui, tak lain adalah berlimpahnya kadar asam lemak omega-3 yang terdapat dalam biji buah berry.

Selai Kacang

Di dalam kacang tanah terdapat sumber vitamin E yang memiliki fungsi sebagai anti-oksidan dan juga sebagai membran sel saraf.    Di samping itu, ada pula perpaduan yang terjadi antara tiamin dan juga vitamin E, di mana perpaduan itu juga memiliki membantu otak dalam mengelola glukosa sebagai pemenuhan terhadap  kebutuhan energi.

Demikian beberapa asupan yang bisa dikonsumsi agar sikecil buah hati kita bisa tumbuh dan berkembang sesuai yang kita harapkan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 5 Makanan yang Baik untuk Otak motherandbaby.co.id Diakses pada 25 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 25 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Si Kecil Juga Butuh Asupan Nutrisi2 Asupan Telur3 Ikan Salmon4 Sayuran Berwarna5 Buah Berry6 Selai Kacang Memiliki si kecil yang yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orangtua. Pasalnya, kelucuan dan kelincahan secara otomatis tentu saja akan tercipta dari otak yang cerdas dan badan yang sehat itu. Namun tak banyak orangtua yang mau …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here