Tahukah Anda Kebiasaan Meletakkan Laptop Di Atas Paha Menyebabkan Kulit Rusak?

9
2718
Kebiasaan Meletakkan Laptop Di Atas Paha Mengakibatkan Kulit Rusak

Sebagian orang ada yang membahasakan komputer dengan kata ganti “desktop” ataupun “Personal Computer” –yang disingkat pula PC.    Dan jika PC merupakan kata yang merujuk pada kata berbahasa Inggris dengan kepemilikan arti adalah komputer pribadi, maka desktop mengarah pada sebutan perangkat yang diletakkan di atas meja (desk).

Pertanyaannya, jika ada istilah desktop tentunya ada pula istilah lain, bukan?

Ya, memang benar. Selain desktop, ada pula istilah lain untuk menyebutkan satu perangkat (komputer) lain yang tak hanya diletakkan di atas meja, yaitu laptop.  Lalu diletakkan di mana kalau tak di atas meja? Laptop sejainya adalah istilah yang diterapkan guna menamai satu perangkat (komputer) yang diletakkan di atas kaki.

Apa Itu Laptop

Laptop sejatinya juga telah memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia, yaitu “komputer jinjing.”   Merupakan komputer portabel pun bergerak dengan ukuran relatif kecil dan tak begitu membebani karena relatif ringan.   Sementara asal sumber dayanya adalah dari baterai ataupun adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.    Masih ada bahasa lain lagi untuk menyebut laptop, yaitu komputer notebook atau notebook saja.

Sesuai pengertian dari namanya, tak sedikit yang menggunakan laptop dengan meletakkannya di atas kedua paha kaki.    Posisi dan kondisi ini tentunya merupakan yang enak dalam mengoperasikannya, pasalnya bisa lebih fleksibel dalam memanfaatkannya. Bisa ditenteng dan dijinjing ke mana saja, bisa dibuka dalam kondisi yang tak harus dekat dengan aliran listrik (karena sudah tersedia baterai), dan masih banyak kemudahan-kemudahan yang bisa didapat darinya.

Tak Semua Orang Menyadari dan Memahami

Dari kemudahan dan kenikmatan dari alat yang kita manfaatkan berujud laptop ini, sejatinya ada hal yang tak bisa diabaikan sebitu saja. Sebaliknya, ini adalah hal yang butuh diperhatikan demi mendapatkan fungsi maksimal tanpa harus mengorbankan yang kita miliki, utamanya kesehatan.

Kelemahan ataupun kerugian yang ada dibalik kenyamanan dari laptoop ini bernama “Erythema ab igne,”    yaitu munculnya bercak merah-merah pada kulit paha –yang sering ditumpangi laptop, sehingga memunculkan rasa was-was bagi sebagian orang. Bahkan bisa pula menurunkan rasa percaya diri ataupun stress akibat hal itu juga mempengaruhi tingkat penampilan.

  • Apa itu Erythema ab igne?

Erythema ab igne sebenarnya adalah satu jenis penyakit yang telah lama ada.   Memang dahulunya penyakit ini tak muncul sebagai akibat dari laptop yang diletakkan di atas meja. Melainkan diderita oleh mereka yang profesinya tak berjauhan dengan api ataupun seringkali terpapar panas seperti bekerja di depan kompor serta tungku api.

Nah, dewasa ini, penderita Erythema ab igne ternyata merebak kembali. Dan yang memengaruhi kemunculannya tak lain adalah meletakkan laptop di atas pangkuan ketika sedang mengoperasikannya.

  • Bagaimana Wujud Erythema ab igne

Wujud dari erythema ab igne biasanya adalah kemerahan dengan bentuk menyerupai jala. Sementara ada pula penghitaman kulit pada satu daerah di tubuh yang semua itu diakibatkan dari paparan radiasi infra merah kronik dan berulang.

Mulanya, kelainan kulit hanya terlihat bintik kemerahan saja, namun disertai rasa gatal dan berwujud layaknya terbakar saja. Namun seiring berjalannya waktu di mana kulit juga terpapar panas secara berulang,  maka akan nampak perkembangan dari kelainan kulit, yaitu berwarna kebiruan, ungu ataupun kecoklatan dengan bentuk menyerupai jala.     Hal yang perlu diperhatikan, penyakit erythema ab igne –yang secara teori adalah akibat dari paparan radiasi infra merah– ini lebih rentan menyerang pada kaum hawa.

  • Langkah Pencegahan

Langkah terbaik agar terhindar dari serangan Erythema ab igne, salah satunya adalah menghentikan kebiasaan memangku laptop seperti waktu sebelum-sebelumnya.    Karena jika hal itu tetap dilakukan, bercak-bercak merah akan semakin merebak di kulit (paha), yang selanjutnya bisa menimbulkan kekhawatiran dan menurunkan rasa percaya diri. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Komputer Jinjing, id.wikipedia.org Diakses pada 26 Mei 2015
[2] Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak! klikdokter.com Diakses pada 26 Mei 2015
[3] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 26 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

9 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Apa Itu Laptop2 Tak Semua Orang Menyadari dan Memahami2.1 Apa itu Erythema ab igne?2.2 Bagaimana Wujud Erythema ab igne2.3 Langkah Pencegahan3 Sumber Rujukan: Sebagian orang ada yang membahasakan komputer dengan kata ganti “desktop” ataupun “Personal Computer” –yang disingkat pula PC. Dan jika PC merupakan kata yang merujuk pada kata berbahasa Inggris dengan kepemilikan …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here