Ragam Khasiat dan Manfaat Madu untuk Tubuh

4
2923
Manfaat dan Khasiat Madu
Manfaat dan Khasiat Madu

Manfaat madu sudah dikenal sejak lama. Madu mulanya dikenal sebagai pemanis. Perkembangan pengetahuan manusia kemudian mamu menjelaskan beragam manfaat madu. Manfaat madu tidak lepas dari kandungan yang terdapat dalam cairan kental ini. Madu yang bersumber dari tanaman kaya akan beragam zat yang dikandung oleh bunga sebagai sumber keberlangsungan hidup  tanaman.

Sejarah Madu

Tidak ada sejarah yang secara akurat dapat menjelaskan sejak kapan madu mulai digunakan oleh manusia. Tercatat sejak tahun 2400 sebelum masehi, Bangsa Mesir telah memanfaatkan cairan bersumber dari lebah ini untuk kesehatan. Madu mulanya digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman, bukan sebagai obat atau asupan yang dianggap memiliki nilai bagi tubuh. Lebih tua dari itu, guratan lukisan sejarah yang ditemukan di gua-gua di Spanyol sudah menggambarkan bahwa manusia telah memelihara lebah. Lukisan dan ukiran di dinding gua tersebut diperkirakan dibuat 7000 tahun sebelum masehi [1].

Pemanfaatan madu untuk kesehatan mulai tercatat dilakukan oleh masyarakat Yunani. Hippocrates menggunakan madu sebagai bagian dari formula obat-obatan. Upaya tersebut diteruskan pada upaya setelahnya oleh Galen[2].

Komposisi dan Kandungan Madu 

Madu tergolong sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Beberapa kandungan madu juga bermanfaat untuk kesehatan secara langsung, seperti menjadi memperkuat daya tahan tubuh, membantu perbaikan atau pemulihan organ. Secara umum, berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam madu [3]:

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%

Khasiat Madu

Khasiat madu sudah dikenal sejak lama. Penggunaan madu yang semula berfungsi sebagai pemanis alami berubah menjadi salah satu obat. Madu sejak lama dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit atau memberikan pengaruh positif pada tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa khasiat madu lebah.

[Baca juga: Efek Samping Bee Pollen]

Manfaat Madu: Bahan Pemanis Makanan 

Madu dalam sejarah pernah dijadikan sebagai bahan pemanis makanan atau minuman. Fungsi ini tidak begitu saja tergantikan. Kandungan gula yang terdapat dalam madu dapat digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman. Selain memperoleh rasa manis, penggunaan madu sebagai pemanis dapat juga menyisipkan khasiat lain yang terkandung dalam madu. Komposisi glukosa yang cukup tinggi menjadikan bahan makanan ini dapat digunakan sebagai pengganti gula yang lebih sehat dibandingkan dengan gula tebu [4].

Meski demikian, tidak semua ahli menyatakan bahwa kandungan gula dalam madu lebih baik dari gula umumnya. Sesendok makan madu mengandung kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini tetap perlu diwaspadai oleh pengidap diabetes [5].

Madu Sebagai Penguat Vitalitas

Memperhatikan kandungan madu, dapat diperkirakan bahwa madu dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kandungan gula yang tinggi dapat menjadi sumber tenaga untuk tubuh manusia. Tentu saja, mengkonsumsi madu akan lebih baik dibandingkan dengan meminum minuman penguat energi yang banyak beredar. Faktor kealamiahan menjadi salah satu keunggulan madu dibandingkan dengan minuman kemasan yang berfungsi sebagai “energy booster” [6].  Kandungan gula yang mencapai 60 persen dari komposisi madu  membuat bahan makanan ini sangat baik sebagai sumber energi bagi tubuh yang dapat meningkatkan vitalitas.

Madu Sebagai Antioksidan 

Madu mengandung beberapa zat yang dapat mengikat dan mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Hal ini yang membuat madu dapat membantu tubuh memiliki daya tahan berlebih. Memperkuat daya tahan tubuh menjadi penting untuk mencegah sumber penyakit masuk ke dalam tubuh.

Madu: Pereda Batuk 

Studi yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Penn State College of Medicine menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk, terutama pada anak. Batuk di malam hari dapat diredakan dengan mengkonsumsi madu. Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 139 anak ini menunjukkan bahwa anak-anak yang meminum madu 30 menit sebelum tidur memiliki resiko batuk yang lebih kecil dibandingkan yang tidak. Hal ini juga dapat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur [6]. 

Memperkuat Daya Ingat 

Sebuah penelitian yang dilansir oleh Reuters menunjukkan fungsi madu sebagai penguat daya ingat. 102 Perempuan menopause uang mengkonsumsi 20 gram madu setiap hari, diuji daya ingatnya setelah 4 bulan masa konsumsi. Hasilnya, subjek tersebut memiliki daya ingat yang lebih baik pada tes ingatan yang dilakukan. Penelitian ini tidak luput dari kritik yang menyatakan bahwa perubahan akibat madu tersebut masih bersifat sementara [7].

Sumber Rujukan

[1] A Brief History of Honey. Honey association, diakses pads 20 Mei 2015

[2] History of Honey as Medicine. Mother Earth Living. Diakses pads 20 Mei 2015

[3] Honey Composition and Properties, Beesource.com, diakses pada 20 Mei 2015

[4] Health Benefits of Honey. organicfacts.net, diakses pada 20 Mei 2015

[5] Medicinal Uses of Honey. Webmd.com, diakses pada 20 Mei 2015

[6] 10 Health benefits of Honey. mnn.com, diakses pada 20 Mei 2015
[7] Honey memory boost too sweet to be true?. Reuters.com, diakses pada 20 Mei 2015
Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Manfaat madu sudah dikenal sejak lama. Madu mulanya dikenal sebagai pemanis. Perkembangan pengetahuan manusia kemudian mamu menjelaskan beragam manfaat madu. Manfaat madu tidak lepas dari kandungan yang terdapat dalam cairan kental ini. Madu yang bersumber dari tanaman kaya akan beragam zat yang dikandung oleh bunga sebagai sumber keberlangsungan hidup tanaman.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here