Kaktus Napole: Bahan Makanan Utama Bagi Penduduk Meksiko

1
1167
Kaktus Napole: Bahan Makanan Utama Bagi Penduduk Meksiko

Meski banyak tumbuh di daerah padang pasir, namun bukan berarti kaktus merupakan jenis tanaman yang tak bisa tumbuh di tempat lain. Tak sedikit jenis kaktus yang juga bisa ditanam dan juga bisa tumbuh dan berkembang secara liar di sekitar kita sebagai area yang masuk dalam lahan tropis.

Dari banyaknya jenis kaktus ini, ternyata ada pula kaktus yang bukan saja sebatas dijadikan sebagai tanaman hias. Lain dari itu adalah tanaman yang dijadikan sebagai bahan sayuran.

Kaktus Makanan

Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau kaktus menjadi makanan bagi sebagian orang di luar sana. Namun bagi sebagian besar masyarakat Meksiko, kaktus masuk ke dalam tiga bahan penting sebagai pembuat makanan khas.

Jagung – Cabai – Kaktus

Tukang masak yang menguasai atau minimal memahami jenis makanan ala Meksiko mungkin sudah mengetahui tiga bahan penting dalam membuat makanan khasnya. Tiga bahan makanan yang penting tersebut yaitu jagung, cabai, dan yang ketiganya adalah kaktus.

Ihwal kaktus sebagai bahan penting makanan ini, bukan berarti semua jenis kaktus bisa diolah. Lain dari itu, ada jenis kaktus tertentu yang memang sudah biasa dimakan dan sangat disukai oleh banyak orang. Jenis kaktus tersebut namanya adalah Nopale.     Yaitu jenis kaktus yang kadar garam dan airnya berbeda jika dibandingkan dengan kaktus Amerika lainnya.

Dikonsumsi 90% Penduduk

Sejumlah 90 persen penduduk Meksiko mengonsumsi Nopale sebagai makanan pokoknya. Selain telah menjadi makanan yang lazim dikonsumsi, hal tersebut dilakukan karena juga merupakan  makanan yang mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan.

  • Aloevera dan Serat

Jika melihat wujudnya, kaktus tak jauh berbeda dengan lidah buaya. Oleh karenanya, tumbuhan yang satu ini juga memiliki kandungan yang hampir serupa, yaitu memiliki banyak serat dan juga terdapat kandungan aloevera-nya.

  • Appetizer – Main Course – Dessert

Kaktus jenis nopale ini bisa diolah ke dalam berbagai masakan. Oleh karenanya warga Meksiko bisa membuatnya menjadi banyak macam hidangan, baik sebagai makanan pembuka, makanan utama, salad, ataupun isian tortilla.   Jadi selain sebagai makanan pembuka (appetizer), dan makanan utama (main course), tentu saja ia juga pas jika dijaikan sebagai makanan penutup alias dessert.

Mengolah Rasa

Hal yang musti diingat sebelum mengolah bahan nopale adalah mencucinya dengan garam, kemudian merebusnya. Langkah ini ditempuh dengan tujuan agar duri-duri yang ada pada permukaan batang kaktus itu bisa rontok dan terlepas.   Mengenai rasa, sejatinya napole ini telah memiliki rasa asin bak garam, dan juga rasa asam. Perpaduan dua rasa itu tentu saja tak jauh dengan rasa asinan di seputar kita. Bedanya, napole ini bertekstur renyah dengan cairan gel serupa dengan lidah buaya. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Di Negara Ini, Kaktus Dijadikan Makanan Utama. kompas .com Diakses pada 29 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 29 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Daftar Isi1 Kaktus Makanan2 Jagung – Cabai – Kaktus3 Dikonsumsi 90% Penduduk3.1 Aloevera dan Serat3.2 Appetizer – Main Course – Dessert4 Mengolah Rasa Meski banyak tumbuh di daerah padang pasir, namun bukan berarti kaktus merupakan jenis tanaman yang tak bisa tumbuh di tempat lain. Tak sedikit jenis kaktus yang juga bisa ditanam dan juga bisa …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here