Masker Madu: Cara Membersihkan Wajah Berbahan Madu

5
1169
Masker Madu
Masker Madu

Masker madu? Mungkin masih banyak orang yang mempertanyakan kemungkinan ini. Madu sebagai bahan pengobatan telah dikenal sejak lama. Sejarah awal penggunaan madu memang sebagai bahan makanan, terutama sebagai pemanis alamiah. Fungsi tersebut sudah secara massal tergantikan oleh gula, baik yang dihasilkan dari tebu maupun nira kelapa atau aren. Selain itu, madu yang cukup kaya juga memiliki pelbagai manfaat lain yang dapat digunakan dalam pelbagai kebutuhan, termasuk membersihkan wajah.

[Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Madu]

Komposisi dan Kandungan Madu 

Madu secara umum memang terdiri dari air dan gula. Bahan makanan dan minuman ini juga mengandung pelbagai unsur yang bermanfaat bagi tubuh manusia. t ini adalah beberapa zat yang terkandung pada madu [1]:

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%

Masker Madu: Aneka Manfaat 

Secara umum, madu aman untuk digunakan pada orang dewasa baik dengan konsumsi langsung maupun penggunaan pada kulit. Meski demikian, penggunaan madu terkadang perlu dipertimbangkan bagi orang-orang yang mengalami alergi pada efek samping bee pollen [2]. Penggunaan madu pada kulit harus segera dihentikan atau dikonsultasikan dengan dokter kulit apabila terjadi iritasi atau hal yang lain yang diduga disebabkan oleh madu.

Masker Madu Murni

Madu murni dapat digunakan secara langsung sebagai masker atau pembersih wajah. Meski demikian, pastikanlah anda menggunakan madu yang tidak dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti gula tambahan, pengawet atau air tambahan. Berhati-hatilah dalam memilih madu.

Penggunaan Masker madu murni dapat dilakukan dengan mengoleskan madu ke permukaan wajah. Pertama, bersihkanlah wajah dengan sabun dan air hangat. Oleskan madu ke permukaan kulit wajah ketika wajah sudah kering. Biarkan selama 15-menit sampai dengan 30 menit. Bersihkan wajah dari madu dengan menggunakan air hangat. Pastikanlah tidak ada madu tersisa di kulit wajah.

[Baca Juga: Memahami Kualitas Madu]

Madu Sebagai Pembersih Kotoran Wajah (Facial Scrub)

Madu dapat digunakan sebagai bahan penjaga kelembapan kulit wajah. Penggunaan madu sebagai cairan pembersih dapat dilakukan sekaligus untuk membersihkan wajah dari kotoran atau kulit mati. Untuk ini, madu dapat dicampuri dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Butiran pembersih wajah dapat digantikan dengan kacang tanah yang dihaluskan (jangan terlalu halus). Campurkan bahan menjadi satu.

Basuhlah wajah dengan air bersih. Oleskan madu yang sudah dicampur lemos/jeruk nipis dan kacang tanah. Pijat wajah perlahan. Setelah beberapa saat, bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan [3].

Sumber Rujukan:
[1] Honey Composition and Properties, Beesource.com, diakses pada 20 Mei 2015
[2] Honey. WebMd.com, diakses pada 20 Mei 2015
[3] Honey for Face.newhealthguide.org, diakses pada 20 Mei 2015.

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Masker madu? Mungkin masih banyak orang yang mempertanyakan kemungkinan ini. Madu sebagai bahan pengobatan telah dikenal sejak lama. Sejarah awal penggunaan madu memang sebagai bahan makanan, terutama sebagai pemanis alamiah. Fungsi tersebut sudah secara massal tergantikan oleh gula, baik yang dihasilkan dari tebu maupun nira kelapa atau aren. Selain itu, madu yang cukup kaya juga memiliki pelbagai manfaat lain yang dapat digunakan dalam pelbagai kebutuhan, termasuk membersihkan wajah.  […]

  2. […] Sejatinya telah banyak yang menggunakan pelembab wajah (khususnya pada kaum perempuan) pada amlam hari demi mendapatkan wajah tetap segar. Hal ini bisa pula dilakukan pada kaum pria  dan siapa saja yang usianya telah mulai menua. Pasalnya –terlepas dari jenis pelembab apapun– pengguaan pelembab di seputar area mata telah terbukti mampu memberikan hidrasi yang dibutuhkan. [Baca juga: Masker Madu: Cara Membersihkan Wajah Berbahan Madu] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here