Ragam Cara Membersihkan dan Mencegah Karang Gigi

4
1559
cara membersihkan karang gigi
cara membersihkan karang gigi

Gigi memiliki fungsi yang penting pada metabolisme tubuh manusia. Gigi berfungsi sebagai alat pencernaan pertama sebelum organ dalam melakukan pencernaan. Seperti manusia, gigi dimiliki oleh kebanyakan vertebrata. Pencerna pertama merupakan fungsi utama dari gigi. Gigi bertugas untuk mengunyah atau merobek makanan tertentu.

Hewan tertentu memiliki fungsi gigi sebagai bagian dari pertahanan. Namun, kebanyakan mahluk vertebrata menggunakan gigi sebagai alat untuk melembutkan makanan sebelum masuk ke dalam organ pencernaan dalam. Bentuk gigi pada masing-masing vertebrata sangat tergantung pada jenis makanan. Pemakan daging (karnivora) memiliki taring yang berfungsi untuk merobek daging agar lebih mudah dicerna. Sementara herbivora lebih banyak memiliki gigi graham yang berfungsi sebagai penghalus makanan.

[Baca Juga: Memahami Penyebab Sakit Gigi]

Struktur Gigi Manusia

Manusia tergolong sebagai omnivora atau pemakan segala. Manusia memakan daging dan tumbuhan. Hal ini juga berpengaruh pada struktur gigi manusia. Secara umum manusia memiliki 4 jenis gigi, yaitu gigi seri (dentis insisivus), gigi taring (dentis kaninus); gigi graham depan (pramolar); dan geraham belakang (molar).

Gigi Seri 

Gigi seri berada pada bagian depan struktur gigi manusia. Gigi ini berfungsi untuk mengerat, memotong dan menyayat makanan yang masuk ke dalam mulut. Hal inilah yang menyebabkan gigi ini memiliki tepian ujung pipih dan tajam. Fungsi menyayat makanan hanya bisa dilakukan apabila gigi memiliki ketajaman.

Gigi Taring

Gigi taring paling mudah dibedakan dengan gigi lainnya. Gigi ini ditandai dengan bentuknya yang runcing dan berdiri tegak. Gigi ini biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan gigi lainnya. Fungsi utama gigi taring adalah untuk merobek makanan. Namun, gigi ini bisa juga berfungsi untuk merobek benda-benda lembut lainnya, seperti plastik. Banyak orang yang turut memanfaatkan gigi ini untuk mengoyak plastik makanan, misalnya.

Geraham Depan 

Gigi geraham depan berbeda dengan gigi seri dan taring. Gigi Seri dan taring keduanya hanya memiliki satu akar. Sementara, gigi geraham memiliki 2 akar. Gigi ini lebih berfungsi untuk menghaluskan makanan setelah dikoyak dan dirobek oleh dua jenis gigi sebelumnya. Fungsi mengunyah pada prinsipnya dimiliki oleh gigi jenis ini. Gigi geraham berbentuk lebih pendek dan rata. Terdapat benjolan-benjolan pada permukaan gigi yang berfungsi sebagai alat penghalus makanan.

Geraham Belakang (molar)

Berbeda dengan ketiga jenis gigi sebelumnya, Molar memiliki 3 akar. Fungsi utama gigi ini adalah untuk melumat dan menghancurkan makanan. Biasanya, makanan yang tidak bisa dengan mudah dikunyah oleh geraham depan akan dialirkan ke geraham belakang. Geraham belakang memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan geraham depan.

[Baca Juga: Cara Merawat Gigi dan Rongga Mulut]

Apa Itu Karang Gigi?

Fungsi penting gigi menyebabkan gigi menjadi salah satu bagian penting pada manusia. Kerusakan pada gigi dapat menyebabkan kesulitan dalam proses pencernaan. Penyakit gigi berlubang, contohnya, menyebabkan fungsi penghalusan makanan tidak dapat dilakukan dengan maksimal oleh gigi. Kerusakan pada tingkat yang lebih fatal dapat menyebabkan rasa sakit. Hal ini disebabkan oleh banyaknya urat syaraf yang terdapat pada akar gigi.

Manusia sebagai omnivora memasukkan hampir segala jenis makanan. Daging, buah, sayuran, kacang-kaangan dan lain sebagainya dapat dijadikan sebagai sumber makanan manusia. Berada pada rantai makanan tertinggi menyebabkan manusia bisa mengkonsumsi apa pun.

Konsumsi makanan dapat memberikan efek pada gigi. Jenis makanan menimbulkan efek  yang berbeda pula. Hal tersebut juga sangat dipengaruhi oleh perawatan gigi setelah makan atau pada periode mulut mengalami keasaman yang tinggi.  Salah satu efek yang ditimbulkan dan berpotensi menjadi penyebab persoalan pada gigi adalah karang gigi.

Karang gigi adalah zat kapur dan plak yang menempel pada gigi. Plak, terdiri zat bening yang tumbuh di permukaan gigi dan sekaligus menjadi rumah bagi kuman. Kuman turut memakan makanan saat berada dalam gigi dan menimbulkan asam. Hal ini lebih pekat terjadi pada makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Pengendapan plak akan menjadi buruk ketika terus berkembang menjadi karang gigi [1]. Pengendapan kapur terjadi pada beberapa bagian gigi yang secara jangka panjang dapat menyebabkan persoalan gigi dan gusi. Sementara, Plak menempel pada gigi dan merusak lapisan enamel pada permukaannya. Hal ini yang menyebabkan keretakan gigi dan lambat laun menyebabkan kerusakan gigi [2].

 

Cara Membersihkan Karang Gigi 

Karang gigi memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Pada beberapa orang, tingkat tertentu masih belum dirasakan sebagai pengganggu. Pengetahuan tentang kesehatan gigi menentukan bagaimana orang memperlakukan giginya. Hal ini juga berpengaruh pada perawatan harian gigi. Mengingat proses kerusakan gigi terjadi secara harian, maka perawatan atau upaya untuk mengurangi/menghilangkan karang gigi juga perlu dilakukan secara harian. Artinya, selain proses menghilangkan dengan cepat dan menyeluruh, proses penghilangan karang gigi dapat dilakukan secara bertahap dan harian.

Mengurangi Makanan Manis atau Mengandung Gula

Makanan yang mengandung gula menjadi sumber makanan bagi bakteria dalam mulut dan di sekitar gigi. Bakteri mempergunakan zat gula untuk bertahan hidup yang kemudian menghasilkan asam yang mengendap dalam bentuk plak. Plak yang berkembang terus menerus tanpa terkontrol akan menjadi karang gigi. Karena itu, sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula pekat. Setidaknya, segera bersihkan mulut seusai menikmati makanan bergula.

Menggosok Gigi Secara Berkala

Mengoosok gigi menjadi salah satu kunci atau cara menjaga gigi. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa cara ini akan efektif jika tidak diiringi dengan cara mengontrol jenis makanan yang dikunyah oleh gigi. Setidaknya, orang perlu menggosok gigi dua kali –pagi dan malam hari. Pasta gigi dibuat dengan beberapa kandungan yang berfungsi untuk mengurangi keasaman mulut. Di lain sisi, menggosok gigi menjadi rutinitas yang penting mengingat aktivitas ini berfungsi untuk membersiahkan gigi dari sisa makanan yang dapat menjadi sumber atau tempat berkembangnya kuman gigi.

Membersihkan Celah Gigi

Sikat gigi terkadang gagal menjangkau celah antar gigi. Hal ini menimbulkan kemungkinan tertinggalnya beberapa jenis sisa makanan yang dapat menjadi rumah dan sumber makanan kuman. Celah gigi perlu dibersihkan secara khusus. Benang halus bisa digunakan secara perlahan untuk membersihkan celah gigi. Selipkan benang ke celah gigi, lalu gerakkan pelan untuk membersihkan sisa makanan atau plak yang mungkin lekat. Sangat dianjurkan untuk membersihkan celah gigi setiap hari, terutama sebelum tidur.

Periksakan Gigi Secara Berkala ke Dokter

Memeriksakan gigi secara berkala ke dokter gigi memang belum dipahami oleh semua orang. Masih banyak orang yang menunggu sakit gigi muncul untuk berkonsultasi atau memeriksakan gigi ke dokter. Pemeriksaan setidaknya dilakukan satu tahun 2 kali. Dengan pemeriksaan berkala ini, kerusakan gigi dapat dideteksi lebih dini.

Sumber Rujukan

[1] What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup. WebMd, diakses pada 21 Mei 2015

[2] What is Plaque?. deltadentalins.com, diakses pada 21 Mei 2015

 

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Cara Membersihkan Karang Gigi. Karang gigi memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Pada beberapa orang, tingkat tertentu masih belum dirasakan sebagai pengganggu. Pengetahuan tentang kesehatan gigi menentukan bagaimana orang memperlakukan giginya. Hal ini juga berpengaruh pada perawatan harian gigi. Mengingat proses kerusakan gigi terjadi secara harian, maka perawatan atau upaya untuk mengurangi/menghilangkan karang gigi juga perlu dilakukan secara harian. Artinya, selain proses menghilangkan dengan cepat dan menyeluruh, proses penghilangan karang gigi dapat dilakukan secara bertahap dan harian.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here