Inilah Matcha, Jenis Minuman Khas Jepang Dengan Bahan Dasar Teh

3
3491
Inilah Matcha, Jenis Minuman Khas Jepang Dengan Bahan Dasar Teh

Jika kita menengok ruang barista ataupun bartender, ada berbagai jenis minuman di dunia ini yang pada akhirnya tak muat kita hitung menggunakan jari. Sebagai contoh dari bahan kopi saja, maka akan ada lebih dari lima jenis minuman yang bahan dasarnya terbuat dari kopi. Belum lagi dari bahan dasar lain, ada dari teh, dari berbagai macam buah-buahan, dan juga minuman khas penghangat di dataran dingin dan dunia barat sana.

Dan apabila di seputar kita akan dengan mudah menemukan teh ataupun kopi, tahukah Anda dengan sebuah minuman bernama matcha?

Apa itu Minuman Matcha?

Matcha merupakan jenis minuman teh hijau bubuk yang umumnya digunakan oleh masyarakat Jepang pada upacara minum teh. Perkiraan awalnya, matcha ini pertama kali dibuat pada sekitar abad X di Tiongkok, dan baru dikenal oleh orang-orang Jepang pada abad ke-12. [Baca juga: Seikerei adalah Penghormatan dengan Cara Membungkukkan Badan kearah Matahari Terbit]

Belakangan ini, seiring dengan merebaknya budaya Jepang di negeri kita, maka tak pelak matcha juga menjadi jenis minuman yang digemari oleh beberapa orang di Indonesia.

Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Khasiat teh hijau bisa jadi telah diketahui oleh banyak orang, pasalnya sudah banyak hal yang menjadi bukti yang keampuhan teh hijau ini. Lalu apa bedanya matcha dengan teh khususnya teh hijau ini?

Jika ditanya mengenai perbedaannya, tentu saja yang paling kentara adalah ketika proses pemanenan dan pembuatannya.

  • Proses Pembuatan

Pada beberapa minggu sebelum proses panen, daun teh ditutup menggunakan kain, tikar bambu, ataupun terpal. Hal itu dilakukan agar sinar matahari jangan sampai ke tanaman teh, dengan begitu kadar klorofil yang ada pada daun teh tak akan hilang dan berkurang, dan warna khas hijau yang berbeda juga akan tercipta darinya. Setelah proses di atas, selanjutnya daun teh dikukus dan lalu dikeringkan, kemudian dihaluskan hingga menjadi bentuk bubuk.

Proses di atas adalah yang membedakan antara matcha dan teh hijau ini , karena teh hijau cukup dipanen pada bagian daunnya kemudian dipanaskan dan akhirnya bisa diseduh dengan air hangat sebelum dinikmati.

  • Rasa Lebih Manis & Manfaat Lebih Banyak

Perbedaan lain adalah pada citarasa, di mana matcha dengan kualitas terbaik akan memiliki rasa lebih manis jika dibandingkan dengan teh hijau biasa. Di samping itu, matcha juga memiliki khasiat pun manfaat yang lebih banyak daripada teh hijau. [ Baca juga: Ragam Khasiat dan Manfaat Madu untuk Tubuh]

Manfaat Matcha Bagi Tubuh

  •  Penambah Rasa

Meski sekedar minuman, matcha mempunyai rasa yang unik. Salah satunya adalah perpaduan antara rasa manis dan gurih. Oleh karenanya ia acapkali dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada beberapa jenis makanan, sebagai contoh adalah muffin, brownies, puding, ataupun ice cream.

  • Sebagai Antioksidan

Dengan kadar polyphenols yang tak sedikit, maka matcha juga memiliki manfaat sebagai antioksidan. Yang artinya, ia mempunyai peranan dalam mengurangi risiko terhadap serangan jantung dan sakit kanker.  Selain itu, matcha juga memiliki kemampuan dalam melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, dan juga sebagai pencegah penuaan alias anti-aging.

  • Menenangkan Pikiran

Kadar L-theanine dan asam amino pada matcha dipercaya mampu memberikan ketenangan pada pikiran. Sebagaimana dipaparkan pada Businessweek, ada sebuah penelitian terbaru yang memaparkan bahwa L-theanine dimungkinkan berpadu dan bekerjasama dengan kafein hingga pada akhirnya hasil kerjasama itu mewujud dalam efek positif di suasana hati. Ada relaksasi pada pikiran dan ketenangan dalam hati yang tercipta di sana.

  • Berkadar Kafein

Meskipun berbahan dasar teh, namun bukan saja tanin yang ada di dalamnya. Lebih dari itu, selain ada kandungan catechin, matcha juga memiliki 70 miligram kafein. Kandungan catechin dan kadar kafein dalam matcha –yang hampir setara dengan secangkir kopi– ini, kenyataannya juga bermanfaat bagi sistem saraf dan pembakaran lemak.

Jika kita kembali mengacu pada pemaparan di bagian atas tadi, yaitu matcha yang memiliki kandungan kafein tinggi juga, maka tentu dalam mengonsumsinya juga tak bisa seenak hati. Tetap harus ada kontrol agar tak berkebihan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengenal Matcha Lebih Jauh motherandbaby.co.id Diakses pada 1 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 1 Juni 2015

 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Manfaat madu sudah dikenal sejak lama. Madu mulanya dikenal sebagai pemanis. Perkembangan pengetahuan manusia kemudian mamu menjelaskan beragam manfaat madu. Manfaat madu tidak lepas dari kandungan yang terdapat dalam cairan kental ini. Madu yang bersumber dari tanaman kaya akan beragam zat yang dikandung oleh bunga sebagai sumber keberlangsungan hidup tanaman.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here