Apa Manfaat dan Risiko Dari Tindik Lidah Itu?

3
11969
Apa Manfaat dan Risiko Dari Tindik Lidah

Apabila kita acap bepergian, bukan tidak mungkin kita akan sering menjumpai orang yang bertato dan juga orang yang bertindik. Keduanya saat ini seolah telah menjadi bagian dari gaya hidup yang ada di sisi penampilan. Dan jika dahulu orang bertato identik dengan bekas nara pidana, berandalan, atau mungkin saja eks pasukan elit di kemiliteran, maka dewasa ini orang yang bertato tak lagi bisa dikategorikan dalam hal-hal yang tersebut di atas.

Serupa dengan orang-orang yang pada bagian kulitnya bergambar tato, tak sedikit pula orang yang bertindik di tempat yang tak biasanya. Terlepas berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan, tindik ada pula yang menyandangnya di bagian lidah, puser, dan tempat-tempat lainnya. Padahal yang biasa kita lihat, tindik pada umumnya ada pada bagian daun telinga, di mana akan bergantung perhiasan di sana.

Trend Tindik Lidah

Orang-orang yang bertindik pada bagian lidah bisa jadi adalah mereka para selebritis, pekerja seni, atau siapapun yang terobsesi dengannya. Di sisi itu, tindik dengan berbagai macam perhiasan dikategorikan sebagai satu bagian dari gaya dan penampilan. [Baca juga: Inilah Beberapa Cara Pemijatan Leher agar Kulit Tetap Cerah demi Menjaga Penampilan]

Bagi Anda yang hendak menggunakan tindik di lidah, ada baiknya memahami dulu baik dan buruknya berhias dengan cara tersebut. Ketahui dahulu risiko apa saja yang bakal timbul di kemudian hari. Memang risiko tiap orang akan tetap berbeda. Artinya tak semua orang secara pasti bisa terkena risiko yang dikhawatirkan timbul. Namun tak ada salahnya kan kita musti waspada terhadap hal-hal yang tak diinginkan?

Risiko Tindik Pada Lidah

  • Perdarahan

Sebagaimana tindik di bagian lain, daun telinga misalnya, masalah umum yang kerap muncul adlah terjadinya perdarahan. Nah hal yang musti diwaspadai dari tindik (khususnya tindik lidah) adalah terjadinya perdarahan secara berlebihan. Di samping itu ada pula kecenderungan munculnya infeksi, hambatan dalam berbicara, kendala pernafasan, dan juga sebagai penyebab patahnya gigi geligi kita.

  • Potensi Infeksi Lebih Tinggi

Jika kita perhatikan lalu membandingkannya, maka pada perlakuan tindik lidah akan terjadi potensi infeksi lebih tinggi jika dibandingkan dengan tindik pada tempat lainnya. Hal ini dikarenakan letaknya yang tak jauh dari saluran pernafasan dan juga yang memiliki banyak kandungan pembuluh darah.

  • Pembengkakan

Selanjutnya ketika infeski sudah menyerang lidah yang ditindik, makan bukan tidak mungkin akan terjadi pembengkakan pada bagian lidah ataupun dasar mulut yang letaknya di bawah lidah. Sehingga akan berujung pada kendala pernafasan kita.      Hal itu akan diperparah dengan banyaknya bakteri yang ada dalam rongga mulut.    Belum lagi apabila peralatan dan atau perhiasan yang digunakan setelah ditindik dan sewaktu penindikan tidak steril, tetanus pun bukan tidak mungkin akan muncul.

  • Virus HIV

Sebagaimana dengan penggunaan jarum suntik oleh tim medis, penggunaan alat tindik yang tak steril juga memiliki risiko akan terkena penularan dan terjangkit virus HIV.

  • Penyebab Gigi Mudah Retak

Terjadinya benturan dan gesekan antara perhiasan dengan gigi yang tak henti dan dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan keretakan pada gigi lebih cepat. Bahkan juga akan menjadi penyebab patahnya gigi, rusaknya gusi bagian dalam, dan juga rapuhnya tulang penyangga gigi.

  • Penyebab Sakit Jantung

Apabila telah menindik lidah namun tak ada niatan membersihkannya secara rutin, maka besar kemungkinan akan ada plak (kotoran) yang menumpuk di seputar perhiasan dan lalu bakteri pun akan leluasa berkembang-biak. Ketika infeksi terjadi, akan ada pula kecenderungan ekstrim dan fatal, yaitu masuk bakteri ke dalam aliran darah yang kemudian akan menginfeksi organ vital, salah satunya adalah jantung. [Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai]

Itulah beberapa hal yang harus diwaspadai dalam menindik bagian lidah. Bukan hendak menakut-nakuti atau bahkan melarang Anda dalam menindik lidah, namun hendaknya ini menjadi bahan perhatian bahwa meskipun kita bergaya modis dengan menindik lidah, tetap ada hal-hal yang musti dilakukan demi mendapatkan badan yang tetap sehat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Risiko Tindik di Rongga Mulut meetdoctor.com Diakses pada 2 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi shutterstock.com Diakses pada 2 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Pembersihan area pusar seyogyanya dilakukan sebagaimana membersihkan anggota tubuh bagian lainnya. Karena selain bisa menimbulkan bau tak sedap, pada bagian pusar ini bisa pula terjadi infeksi. Tanda-tanda infeksi itu antara lain adalah adanya warna kulit yang kemerah-merahan, timbulnya rasa gatal, serta kulit berkeropeng khususnya bagi mereka yang pusarnya ditindik. [Baca juga: Apa Manfaat dan Risiko Dari Tindik Lidah Itu?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here