Mengenal Penyakit Herpes Lebih Dekat

3
1109
Penyakit Herpes
Penyakit Herpes

Penyakit Herpes secara umum kerap dipahami semata sebagai salah satu penyakit kelamin. Penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan di kulit yang ditandai dengan munculnya gelembung merah berair pada permukaan kulit. Penyakit ini belum banyak dipahami oleh masyarakat dan seringkali dinilai sebagai penyakit kulit biasa. Ada pula yang salah memahaminya sebagai penyakit cacar.

Apakah Penyakit Herpes itu?

Penyakit herpes disebabkan oleh virus Herpes simplex virus(HSV). Infeksi yang terjadi menyebabkan luka pada bagian-bagian tertentu. Peradangan tampak dengan munculnya lepuhan pada kulit. Kulit yang melepuh ini berwarna merah dengan air di dalamnya.

Penularan virus herpes dapat terjadi seperti virus pada umumnya. Kontak langsung dengan tubuh pengidap, pertukaran cairan ditengarai menjadi salah satu model perpindahan virus ini. Penyakit ini juga dimasukkan sebagai salah satu penyakit seksual menular akibat perpindahan penyakit yang dapat terjadi akibat hubungan seksual [1].   

[Baca juga: Mengenal Penyakit Lupus]

Jenis Penyakit Herpes

Penyakit herpes terdiri dari dua macam, yaitu herpes mulut (oral) dan herpes genital. Keduanya memiliki kemiripan satu dengan lainnya. Pembedaannya salah satunya terkait dengan lokasi kemunculan penyakit ini [2].

Herpes mulut/Oral (HSV1)

Istilah HSV 1 digunakan untuk menunjuk penyakit herpes yang terjadi pada mult dan sekitarnya. Infeksi menyebabkan lebam, peradangan dan kulit melepuh di sekitar mulut dan bibir. Sifat luka yang ditimbulkan adalah luka luar.

Herpes Genital (HSV 2)

Herpes Genital terjadi di sekitar daerah kemaluan. Pengidapnya mungkin dapat mengalami peradangan dan luka luar di sekitar area genital dan dubur. Namun, luka ini dapat saja muncul pada bagian selain keduanya.

Penularan Herpes

Penularan herpes terjadi melalui kontak langsung antara pengidap dengan orang lain. Kontak kulit langsung dan pertukaran cairan dapat menyebabkan perpindahan virus dari seseorang sebagai inang kepada orang lain. Herpes dikategorikan juga sebagai penyakit seksual yang menular mengingat virus ini juga dapat berpindah melalui kontak dalam hubungan seksual [3].

Penularan penyakit ini bisa terjadi apabila terjadi kontak fisik, baik secara langsung maupun melalui alat yang terkontaminasi. Berciuman dapat menularkan penyakit ini sebagai salah satu kontak fisik. Selain itu, penggunan pisau cukur secara bersamaan dapat menyebabkan penularan.

Hubungan seksual menjadi salah satu cara penunlaran herpes. Penyakit ini bisa menular akibat persentuhan kulit dan persentuhan dengan cairan yang terjadi selama hubungan seksual. Oral seks juga dapat menjadi salah satu aktivitas yang rawan menularkan penyakit ini.

Gejala Penyakit Herpes

Herpes dalam dunia kedokteran ditengarai sebagai salah satu peyakit kronis atau penyakit berjangka panjang. Tidak semua orang yang membawa virus ini memiliki gejala secara spesifik. Hal inilah yang menyebabkan pengidap herpes terkadang tidak menyadari bahwa dirinya menjadi pembawa virus ini. Seseorang yang terkena virus ini dapat saja mengalami fase kambuhnya penyakit ini. Pada konteks herpes genital, jika kambuhnya penyakit terjadi, maka pengulangan akan lebih sering terjadi.

Sumber rujukan 

[1] Genital Herpes. WebMD.com, diakeses pada 3 Juni 2015

[2] Herpes Simplex. Healthline.com diakses pada 3 Juni 2015.

[3] Herpes Simplex: Who Gets and Causes? add.org, diakses pada 3 Juni 2015

[4] Ilustrasi Penyakit Herpes. Gambar berlisensi public domain. Wikipedia, diakses pada 3 Juni 2015.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Penyakit Herpes secara umum kerap dipahami semata sebagai salah satu penyakit kelamin. Penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan di kulit yang ditandai dengan munculnya gelembung merah berair pada permukaan kulit. Penyakit ini belum banyak dipahami oleh masyarakat dan seringkali dinilai sebagai penyakit kulit biasa. Ada pula yang salah memahaminya sebagai penyakit cacar.  […]

  2. […] Penyakit Herpes secara umum kerap dipahami semata sebagai salah satu penyakit kelamin. Penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan di kulit yang ditandai dengan munculnya gelembung merah berair pada permukaan kulit. Penyakit ini belum banyak dipahami oleh masyarakat dan seringkali dinilai sebagai penyakit kulit biasa. Ada pula yang salah memahaminya sebagai penyakit cacar.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here