Riset Memberi Manfaat Kemajuan di Hari Kemudian

2
1762
Riset Memberi Manfaat Kemajuan di Hari Kemudian

Satu kemajuan bisa diraih tatkala seseorang selalu menyempatkan waktu guna menggali lebih jauh tentang banyak hal, baik yang telah dipahami ataupun yang sama sekali belum diketahui. Dan rasa penasaran adalah salah satu kunci yang akan mendorong seseorang dalam menggali lebih jauh hal-hal tersebut.     Contoh sepele adalah munculnya “rasa penasaran” terhadap suatu daerah.

Dari rasa penasaran terhadap satu daerah yang dirasa asing itu, kemudian akan muncul kemauan untuk menelusuri setiap sudut tempat yang bisa disinggahi dan juga setiap lajur jalan yang bisa dilalui. Dan bukan tidak mungkin hal yang akan diperoleh dari “kehendak mengenal sebuah tempat pun daerah tersebut” adalah tindakan “kesasar,” perjalanan yang keliru, serta perlakuan lain yang tak sesuai dengan kemauan.

Riset dan Penelitian

Dari rasa penasaran dan lalu membuat kita kesasar sebagaimana terpaparkan di atas, membuat kita bisa menyimpulkan bahwa sejatinya hal-hal yang masih gelap, masih belum tersingkap, dan tak banyak diketahui orang itu, akan bisa terang dan dipahami adalah tatkala ada kehendak untuk meneliti dan menggalinya lebih jauh. Dengan kata lain, butuh sebuah riset agar ada kejelasan pada satu hal.

  • Apa itu Riset?

Jika mengutip ungkapan dari Albert Szent-Gyorgy, maka kita akan menemukan satu kalimat yang berbunyi “Research is to see what everybody else has seen, and to think what nobody else has thought.” Artinya, riset adalah sebuah tindakan melihat dan mengamati satu hal dengan cara pandang yang kritis, dan hal itu tetap dilakukan –serta ditindaklanjuti– terlepas dari telah dilihat dan dipikirkan banyak orang ataupun belum dilihat dan dipikirkan sama sekali oleh orang lain.

Dari cara pandang kritis, selanjutnya kita akan lebih bisa membuka mata karena mampu melihat hal-hal baru, yang adakalaya justru merupakan hal lama yaitu yang selama ini hanya kita abaikan begitu aja. Serupa dengan kalimatnya Neil Amstrong, research is creating new knowledge.

Dari riset ini ilmuwan Albert Einstein pada akhirnya juga mampu membuat kalimat yang berbunyi “belajar dari yang telah lalu, tetap hidup pada masa sekarang, dan selalu ada harapan untuk esuk – “Learn from yesterday, live fir today, hope for tomorrow.”

  • Menuju Hari yang Lebih Baik

Riset dibutuhkan dengan alasan akan memberikan manfaat lebih pada masa mendatang. Sebagaimana kita tahu, terlalu puas dengan keadaan yang sedang dialami, terbuai dengan kenyamanan yang ada, bukan tidak mungkin akan membuat kita tergilad dan hilang dari kedinamisan zaman.

Riset Terstruktur dan Sistematis

Riset merupakan bekal penting. Oleh karenanya dewasa ini ada banyak orang, tak sedikit lembaga, baik berstatus partikelir ataupun dibiayai pihak lain (termasuk negara) beramai-ramai melakukan riset dan kajian dalam berbagai bidang. Kemasan yang disajikanpun tak kalah banyak macamnya. Akan tetapi dari kesemuanya itu, yang lebih berkemungkinan menemukan hasil maksimal adalah mereka yang melakukannya secara terstruktur dan sistematis.

Apa artinya riset terstruktur dan sistematis itu?

Menyinggung pertanyaan di atas, tentunya antara satu orang/lembaga dengan orang/lembaga lainnya tak akan selalu memiliki standar jawaban sama. Namun bisa dipastikan, bahwa yang memiliki kecenderungan sebagai juwara tentunya adalah mereka yang selalu memiliki pedoman dan dasar kuat. Mengemas riset dengan pendekatan dan komunikasi adalah salah satunya. [Baca juga: Tips Membangun Komunikasi Efektif untuk Jaringan Kerja]

Sosok Ulet dan Berpengetahuan

Keberhasilan dari riset yang penting tentu saja adalah sosok ahli, orang yang memiliki pengetahuan lebih, manusia yang mempunyai rasa penasaran berlimpah, pribadi yang selalu bersedia meluangkan waktu guna menggali satu hal, dan tentu saja adalah mereka yang ada kehendak untuk terus belajar. Dari pribadi-pribadi semacam itu maka akan diperoleh hasil riset yang membawa manfaat kemajuan.

Dan hal yang perlu diingat, bahwa keuntungan yang diperoleh dari riset ini bukan hanya pada mereka yang membiayai pun memberi donor semata. Lain dari itu, selalu memberikan kebermanfaatan bagi semua makhluk pengisi jagad raya ini adalah tujuan nyatanya. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Riset Membuat Kehidupan Kita Lebih Baik. Kompas Cetak, hal. 39, terbit 5 Juni ’15. Diakses pada 5 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 5 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Riset fungsional awal dipandu oleh skema konseptual tunggal yang serba meliputi yang mengikat area-area riset khusus ke dalam satu paket ketat. Sebaliknya, karya empiris neofungsionalis diorganisasikan secara longgar, yaitu diorganisasikan di seputar logika umum dan memiliki sejumlah cabang dan variasi agak otonom pada tingkat dan domain empiris yang berbeda-beda. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here