Susah Buang Air Besar? Jangan Remehkan!

2
2011
Susah Buang Air Besar
Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar bisa saja terjadi pada siapa pun. Persoalan ini bisa saja bukan disebabkan oleh penyakit yang serius, tetapi juga tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Buang air besar bisa jadi diakibatkan oleh pola makan dan metabolisme tubuh. Kesalahan dalam menangulangi persoalan ini dapat berimplikasi besar pada tubuh, seperti buang air besar berdarah. Mengatasi susah buang air besar tidak selalu menggunakan obat, salah satu hal yang terpenting dilakukan adalah dengan mengontrol pola makan atau pola lainnya yang memengaruhi metabolisme pada tubuh.

Apabila Gejala susah buang air besar terjadi, maka seseorang tidak melulu harus mencari obat-obatan untuk mengatasinya. Persoalan ini bisa diatasi dengan mengatur pola makan, memperbanyak asupan air dalam tubuh dan melakukan olahraga yang membantu metabolisme tubuh. Susah buang air besar ditandai dengan kerasnya feses, atau sedikitnya jumlah kotoran yang dikeluarkan dari tubuh berdasarkan periode waktu tertentu. Bisa saja, dalam seminggu seseorang hanya membuang air besar 2 – 4 kali. Susah buang air besar dikenal juga dengan istilah sembelit.

Pengobatan Susah Buang Air Besar

Obat sembelit alamiah salah satunya berasal dari makanan itu sendiri. Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat menentukan kualitas dan bisa jadi penyebab susah buang air besar. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar.

Memperbanyak Minum Air Putih 

Jumlah air yang masuk ke dalam tubuh turut memengaruhi tingkat kekerasan kotoran manusia. Semakin minim air yang masuk, maka semakin besar kemungkinan timbulnya persoalan buang air besar. Ikutilah petunjuk umum untuk mengkonsumsi air sebanyak minimal 2 liter dalam satu hari untuk memaksimalkan pembuangan.

[Baca Juga: Masalah Akibat Kekurangan Air ]

Perbanyak Makanan Berserat 

Jenis makanan memengaruhi kotorang yang dikeluarkan. Semakin sedikit kandungan serat dalam makanan dapat menyebabkan sembelit. Konsumsi bahan berprotein yang tinggi –seperti daging dan susu– tanpa diikuti dengan serat yang memadai ditengari menjadi salah satu penyebab sembelit. Makanan berserat seperti buah-buahan perlu dikonsumsi secara proporsional agar tidak menyebabkan persoalan perut satu ini. Buah seperti pisang dan pepaya memiliki kadar serat tinggi yang ditengarai dapat membantu melembutkan kotoran yang keluar dari dalam tubuh.

Perbanyak Olahraga

Olahraga membantu tubuh memaksimalkan metabolisme. Aliran darah, pencernaan dan pembuangan adalah tida proses metabolisme tubuh yang sangat terbantu dengan olahraga. Cobalah untuk berolahraga dalam porsi tertentu yang dapat memudahkan pembuangan. Berolahraga 30 menit dalam sehari akan membantu tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik.

Tinggalkan Obat

Sembelit juga bisa diakibatkan oleh pengaruh obat. Jika anda mengalami persoalan ini saat tengah mengkonsumsi obat, cobalah untuk melepaskan atau meninggalkan obat tersebut sementara. Atau, berkonsultasilah kepada dokter yang memberikan obat.

Gunakan Obat Pencahar

Menggunakan obat pencahar (laxative) dapat dilakukan apabila terjadi persoala susah buang air besar yang berat.  Bijaklah dalam penggunaan obat dengan memerhatikan komposisi, cara meminum dan kualitas obat. Ada baiknya konsultasi kepada dokter dilakukan sebelum menggunakan obat pencahar.

 

 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Menghadapi suasana yang seperti itu, kita bisa amati dan bedakan. Bahwa meski tak minum padahal kondisi sedang panas namun sejatinya tak ada yang perlu dikhawatirkan, karena keberadaan tubuh akan tetap bisa menyesuaikan. Salah satu penyesuaian tubuh itu adalah dengan jarangnya kita mengeluarkan urine alias air kencing. [Baca juga: Susah Buang Air Besar? Jangan Remehkan!] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here