Inilah Beberapa Cara Minum Air Putih Agar Tetap Nikmat dan Menyehatkan

10
2861
Inilah Beberapa Cara Minum Air Putih Agar Tetap Nikmat dan Menyehatkan

Jarang kita menyadari bahwa air putih yang acap kita minum setiap hari sejatinya merupakan barang berharga karena memiliki manfaat lebih bagi tubuh. Bagaimana tidak, ketika dalam beberapa jam saja kita kekurangan air putih maka tenggorokan, dan seisi dalam mulut akan terasa kering dan terasa tak nyaman. Selain bau mulut akan cenderung tidak enak, adakalanya akan muncul pula rasa sakit lainnya. Sebagai contoh adalah timbulnya anyang-anyangan, sakit pinggang, dan kelainan-kelainan lain akibat dehidrasi.

Kesadaran tentang keberadaan air putih sebagai barang berharga dan istimewa akan timbul antara lain adalah ketika satu waktu dan di suatu tempat kita dilanda rasa dahaga.

Anti Air Putih

Namun tahukah Anda, bahwa kenyataannya kita masih sering menjumpai orang-orang yang menghindari air putih dengan berbagai alasan. Tidak suka, kurang puas, kurang enak, tak bisa dinikmati, adalah beberapa alasan yang dipaparkan, sehingga membuat mereka lebih memilih jenis minuman lain yang cenderung memiliki warna dan juga mempunyai rasa.

Parahnya bukan saja teh ataupun kopi jenis minuman yang dipilih sebagai pelepas dahaga itu. Akan tetapi ada pula yang sudah terbiasa mengonsumsi jenis minuman bersoda demi menghilangkan rasa dahaganya. Padahal sebagaimana diketahui, minuman bersoda ini justru akan menimbulkan efek tak baik bagi tubuh. [Baca juga: Efek Buruk Konsumsi Minuman yang Mengandung Soda]

Mengingat pentingnya fungsi air putih bagi tubuh, sudah barang tentu sangat dianjrkan mengonsumsinya. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tak menyukai air putih tersebut?

Tetap Nikmat Meminum Air Putih

Meminum air putih tanpa dicampur dengan berbagai ramuan lain memang merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan bagi yang telah terbiasa, mungkin tak akan butuh berbagai metode untuk bisa menikmatinya. Akan tetapi hal itu tak akan bisa mudah dicapai oleh mereka yang memang tak memiliki ketertarikan pada, sehingga dibutuhkan sebuah metode agar air putih bisa tetap dikonsumsi tanpa harus merasa ada keterpaksaan

Di bawah ini adalah beberapa metode yang bisa diterapkan agar tubuh tetap memperoleh asupan air putih memadai.

Infused Water

Infused water merupakan istilah yang digunakan dalam mencapur air putih dengan bahan-bahan lainnya agar tetap bisa nikmat ketika sedang diminum.

  • Dengan Buah Segar

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam infused water ini yaitu mencampur air putih dengan buah-buahan yang segar bisa ditempuh guna mengakali selera. Hal itu sempat menjadi tren, sebagai contoh adalah menuangkan potongan lemon segar ke dalam gelas berisi air putih, atau jenis buah lain. Buah yang bisa dan biasa dipakai untuk dicampurkan ke dalam air putih sebenarnya ada banyak macamnya, selain potongan lemon, kita juga bisa menggantikannya dengan irisan semangka, irisan melon, potongan mangga, ataupun buah stroberi. Mungkin hal ini akan serupa dengan sup buah seperti yang sering kita lihat diperjualbelikan secara umum itu.

  • Bahan Empon-empon

Ada campuran buah, tentu yang tak kalah menarik adalah campuran empon-empon ataupun rempah khas Nusantara. Di antaranya adalah jahe, daun mint, sereh/serai, dan bahan semacamnya.’

Menyajikannya Bersama Buah Beku

Langkah ini bisa dimulai dengan menyediakan buah kesukaan dan lalu dipotong sesuai selera. Potongan buah tersebut selanjutnya diletakkan ke dalam tempat-tempat berbentuk kubus, kemudian diisi air putih dan didinginkan yaitu dengan menaruhnya di dalam lemari es.

Ketika buah dan air itu telah beku dan berbentuk kubus, langkah berikutnya adalah mengambil dan meletakkannya ke dalam gelas, kemudian dituangkan air putih ke dalamnya. Minuman segar itu siap dinikmati.

Campur Dengan Jenis Minuman Lain

Cara selanjutnya yang bisa ditempuh adalah mencampurkan air minum dengan jenis minuman berbeda, misalnya dengan jus ataupun sparkling water. Penambahan minuman jenis lain ini tentunya memiliki tujuan agar lidah kita tetap berminat untuk menikmatinya.

Mengubah Tampilan

Baik gelas, termos, ataupun botol sebagai tempat menyimpan air putih sedikit banyak juga akan mempengaruhi gairah kita dalam mengonsumsi air putih. Dan botol yang polos bisa jadi akan membuat ketertarikan kita sirna. Oleh karenanya mengganti botol polos dengan botol bermotif, (entah bentuknya ataupun warnanya yang berbeda) menjadi hal yang bisa dilakukan demi menyiasati keinginan kita agar berminat meminum air putih di dalamnya.

Bukan sebatas tempat saja, menambahkan alat lain, misalnya sendok ataupun sedotan yang unik menjadi pilihan lain yang bisa dilakukan.

Memberikan Garnish

Menaruh irisan lemon,  jeruk nipis, strawberry, ataupun nanas pada bibir gelas/cangkir adalah cara yang bisa diterapkan agar kita tetap bisa menikmati air putih. Cara ini sering juga dinamakan dengan “garnish” alias pemanis ataupun menghias.  Menyelingi dengan memakan buah di sela-sela meminumnya adalah hal lain pula yang tetap bisa dilakukan.

Demikian mengenai beberapa cara yang bisa diterapkan dalam meminum air putih. Hal yang musti diingat bahwa campuran-campuran tersebut sejatinya hanya diugunakan dengan tujuan agar jauh dari rasa bosan, sehingga rasa ketertarikan kita untuk mengonsumsi air putih tetap bisa terjaga. Selamat mencoba dan semoga tetap gemar konsumsi air putih demi kesehatan tubuh kita. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Cara Kreatif Minum Air Putih, Kolom Klasika Harian Kompas Cetak 5 Juni 2015. Diakses pada 6 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 6 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Menjadikannya berbeda bulan Ramadhan dibanding bulan lain adalah hal yang telah berulangkali kita saksikan di tanah air. Oleh karenanya kitapun bisa mensiasati kebiasaan dengan kebiasaan beda pula. Selain pola tidur, tentu saja adalah pola makan.          Demi terhindar dari terserangnya dehidrasi, kita bisa tetap mengonsumsi makanan dan juga 8 gelas (2 liter) air putih sehari. Yaitu dnegan mengonsumsinya saat malam hari, sejak Maghrib hingga jelang Subuh. Sebagai contoh adalah takaran 2 gelas ketika berbuka puasa, 2 gelas di antara makan malam, 2 gelas jelang tidur, dan 2 gelas lagi adalah selepas makan sahur. [Baca juga: Inilah Beberapa Cara Minum Air Putih Agar Tetap Nikmat dan Menyehatkan] […]

  2. […] Sejatinya ada yang perlu disimpulkan, bahwa tak harus minum bir pun tetap ada yang bisa dilakukan agar kencing kita lancar, yaitu dengan konsumsi air putih. Asalkan banyak meminum air putih, volumenya dilebihkan dari yang biasanya, bisa dua kali lipat pun tiga kali lipatnya. Tak lama pasti akan merasakan keinginan untuk buang air. [Baca juga: Inilah Beberapa Cara Minum Air Putih Agar Tetap Nikmat dan Menyehatkan] […]

  3. […] KONSUMSI air putih menjadi hal yang sangat disarankan oleh banyak ahli medis dengan berbagai pemaparan yang alasannya tak lain adalah pertimbangan kesehatan tubuh. Oleh karenanya, selain saran dan juga nasehat, banyak pula yang memberikan solusi bagi mereka yang tak suka meminum air putih itu agar selanjutnya bisa menyukai bahkan menggemarinya. [Baca juga: Inilah Beberapa Cara Minum Air Putih Agar Tetap Nikmat dan Menyehatkan] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here