Inilah Beberapa Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung

1
1728
Mari Mengenal Lebih Dekat Dengan Penyakit Jantung Koroner

Semboyan “bersih pangkal sehat” sejatinya bukan saja kumpulan kata yang hanya bisa dihapal oleh anak-anak sekolah. Karena kata itu tercipta agar kita selalu memiliki pola hidup yang bersih, yang pada akhirnya akan bisa menjumpai kesehatan prima.

Berbicara tentang kesehatan, selain kebersihan ada pula kiat lain yang tetap bisa dilakukan beriringan. Yaitu menjaga pola makan, dan juga melakukan olahraga secukupnya. Yang dikatakan olahraga secukupnya adalah berolahraga sesuai kemampuan yang dimiliki. Alasannya tentu karena kemampuan antara satu orang dengan lainnya itu tak selalu sama.

Pola Makan Sehat

Dalam hal menjaga pola makan, yang pertama harus diperhatikan tentu adalah waktu makan. Standar anjuran medis yaitu tiga kali dalam sehari; pagi – sarapan, siang –lunch, malam – dinner.

Ketiga waktu makan ini apabila memang telah terjaga, tentu akan menemukan hal baik dalam hidup. Sebagai contoh adalah berkurangnya kita dalam menikmati camilan karena memang badan sudah terkondisi untuk menerima makanan hanya pada waktu-waktu yang sudah dibiasakan.       Contoh keuntungan lain dari teraturnya waktu makan ini tentu saja adalah efektifnya waktu lain guna melakukan kegiatan. Tertundanya pekerjaan-pekerjaan yang dimiliki pun akan terminimalisir.

Ketika waktu makan sudah teratur, pastinya akan meningkat pula pada perhatian jenis makanan yang dikonsumsi. Baik menyangkut varian maupun kadar manfaat yang bisa dihasilkan dari obyek makanannya. Dengan kata lain makanan berkwalitaslah yang akan secara otomatis dipilih dan dinikmati.

Kolesterol LDL

Apabila pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi sudah baik, maka dengan konsumsi makanan tepat dan sesuai selera seperti itu risiko penyakit jantung juga memiliki kecenderungan berkurang. Asalannya karena secara tidak langsung  kandungan kolesterol LDL (kolestrol jahat) juga akan berkurang.

Sehubungan dengan penyakit jantung ini, hal yang musti diketahui adalah bahwa apabila kita membiarkan dan bersikap masa bodoh terhadap kolestrol LDL, maka akan ada kemungkinan munculnya penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis dalam tubuh.              Dimana atherosclerosis ini adalah satu penyumbatan pada pembuluh darah arteri sebagai hal yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. [Baaca juga: Kenali Gejala Penyakit Gagal Jantung]

Lalu bagaimana agar terhindar dari serangan jantung akibat penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis itu?  Di bawah ini adalah beberapa catatan makanan yang bisa dikonsumsi demi memnimalisir risiko di atas.

Makanan Sehat Bagi Jantung

  • Ikan

Selain memiliki kadar protein tinggi dan banyak nutrisinya, ikan juga memiliki kadar omega 3 yang berfungsi  mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke. Konsumsi ikan berkadar omega 3 tinggi, misalnya ikan salmon sebanyak dua kali dalam seminggu adalah hal yang disarankan demi mendapatkan badan yang sehat.

  •   Sayur, Buah, dan Kacang

Sayur-sayuran, buah-buahan, dan berbagai jenis kacang adalah beberapa jenis makanan alami yang apabila dikonsumsi akan mendapatkan keuntungan dalam hal melawan penyakit jantung. [Baca juga: Inilah Buah-Buahan Yang Memiliki Manfaat Menghilangkan Jerawat]

  • Konsumsi Makanan Bervariasi

Konsumsi daging dan makanan sejenis (yang mengandung lemak tinggi) tentu adalah kebahagiaan bagi sebagian dari kita. Kenikmatan itu memang memiliki risiko timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya serangan jantung. Bukan tidak boleh mengonsumsinya, hanya saja kita harus pandai dalam mengonsumsinya. Di antaranya adalah berusaha tetap menyeimbangkan nutrisi antara protein hewani dan nabati.

Sebagaimana pada poin sebelumnya, asupan buah-buahan dan sayur-sayuran disarankan tetap dilahap beriringan dan mendampinginya, tujuannya tak lain adalah agar pola makan kita tetap bisa berimbang.

  • Pasta, Kentang, dan Gandum

Energi terbaik bagi tubuh adalah yang bisa diperoleh dari meminimalisir konsumsi gula ataupun makanan/minuman manis lainnya, mengurangi minuman bersoda, dan memperbanyak karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini bisa diperoleh dari mengonsumsi pasta, kentang, dan juga roti gandum.

  • Pilih Lemak Yang Tepat

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa lemak itu tak selamanya jahat bagi tubuh. Karena berbentuk apapun lemak, selain sebagai sumber energi tinggi, keberadaannya juga tetap dibutuhkan tubuh guna melarutkan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Hanya saja kita tak boleh menimbun lemak berlebihan dalam tubuh, pasalnya akan ada masalah serius jika terlalu banyak. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung. klikdokter.com Diakses pada 8 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 8 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here