Tahukah Anda, Makanan Bernutrisi Tinggi Bisa Mencegah Risiko Kehamilan?

5
2407
Makanan Bernutrisi Tinggi Mencegah Risiko Kehamilan

Memperoleh nutrisi adalah hal yang sangat penting dibutuhkan bagi tubuh demi mendapatkan kesehatan maksimal, apalagi bagi mereka yang sedang sakit ataupun bagi ibu yang sedang hamil serta menyusui.    Bagi orang yang drop akibat dilanda sakit, nutrisi sangat bermanfaat karena akan membantu memulihkan tenaga guna bertahan dari serangan sakitnya ataupun tenaga untuk pemulihannya. Sedangkan bagi wanita hamil ataupun ibu menyusui, nutrisi dibutuhkan guna mengoptimalkan bertumbuh-kembangnya janin dalam kandungan.

Tak jauh berbeda dengan mereka yang sedang sakit, asupan nutrisi bagi wanita hamil dan ibu menyusui juga penting demi mendapatkan kesehatan  dan keselamatan. Artinya, dengan mengonsumsi makanan sehat dan memiliki kadar nutrisi tinggi, maka wanita hamil mampu terhindar dari risiko komplikasi pada kehamilannya.

Lalu apa sajakah jenis makanan bernutrisi yang bisa mencegah risiko kehamilan? Berikut ini kutipannya;

Pengurang Risiko Perdarahan

Selain terjadi ketika sedang hamil, perdarahan juga bis aterjadi pada pasca melahirkan, dimana pemicu terjadinya perdarahan ini salah satunya adalah karena anemia alias kekurangan darah.      Sejatinya penyebab perdarahan ini bukan saja karena anemia, namun ada banyak hal pula yang melatarbelakanginya.

  • Zat Besi

Khusus untuk perdarahan wanita hamil dan pasca melahirkan, jika itu terjadi akibat adanya anemia maka sebenarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan makanan berkadar zat besi tinggi. Hanya saja tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya, karena hal itu bisa merangsang rasa mual yang selanjutnya muncul kehendak muntah. [Baca juga: Gadung dan Sembukan: Herbal Untuk Mengobati Sakit Perut dan Cacingan]

  • Vitamin A, B, Asam Folat, dan Kalsium

Makanan yang tinggi akan zat besi ada banyak ragamnya, di antaranya adalah daging merah dan sayur-mayur.  Selain sayur dan daging merah dengan kandungan zat besi tinggi itu, kita juga bisa melakukan pencegahan perdarahan dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, kadar asam folat, dan juga kalsium tinggi.

Pencegah Risiko Pre-Eklamsia

Pre-eklamsia atau darah tinggi pada wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk dicegah. Hal itu dilakukan karena memiliki risiko tinggi dan membahayakan baik bagi kehamilan ataupun janin yang ada di dalam. [Baca juga: Hipertensi pada Masa Kehamilan, Berbahayakah?]

Makanan yang memiliki kadar antioksidan tinggi menjadi pilihan yang bisa diambil dalam pencegahan. Jenis makanan yang kaya akan kandungan antioksidan itu antara lain adalah sayur-mayur dan buah-buahan. Keduanya adalah asupan yang memiliki banyak kadar vitamin, kandungan kalsium, folat, dan juga kadar nutrisi penting  lainnya.

Pencegah Infeksi

Infeksi adalah komplikasi dengan risiko membahayakan bagi wanita yang sedang mengalami kehamilan, pasalnya terjadinya komplikasi pada infeksi ini memiliki pengaruh bagi janin dalam kandungan.       Oleh karenanya dibutuhkan kekebalan pada tubuh demi menangkal terjadinya serangan.

Hal yang perlu diketahui, bahwa mengonsumsi makanan bernutrisi secara baik, teratur, dan seimbang ternyata juga merupakan hal yang bisa dilakukan guna membantu meningkatkan kekebalan tubuh  tersebut. Sehingga infeksi pun akan bisa tertangkal darinya.

Dengan demikian, yang terbaik dalam menjaga kondisi wanita hamil tak lain adalah dengan memenuhi kebutuhan makanan bernutrisi. Sehingga harapan tetap terjaga kesehatannya pada saat kehamilan hingga selamat di persalinan akan lebih besar.

Nutrisi dan Gizi Penting Diperhatikan

Menyimak pemaparan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa hal yang sangat penting disarankan kepada wanita hamil –dan pasca melahirkan– adalah mengonsumsi makanan dengan zat gizi penting serta nutrisi tinggi.    Asupan kalsium tinggi bisa diperoleh antara lain dengan konsumsi telur, susu, keju, jeruk, wortel, dan kacang-kacangan. Sedangkan sumber magnesium di antaranya adalah ikan, sayur-sayuran, daging merah, susu, dan juga seafood. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Makanan untuk mencegah komplikasi pada kehamilan. viva.co.id Diakses pada 9 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 9 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here