Apa Manfaat dan Risiko Konsumsi Es Krim Itu?

6
2860
Manfaat dan Risiko Konsumsi Es Krim

Es krim, mungkin kuliner ini tak akan mudah kita kategorikan. Apakah ia masuk dalam jenis makanan, ataukah ada dalam jenis minuman. Ketika dimasukkan dalam golongan minuman, jelas bentuknya bukan cair namun lembut dan dingin layaknya kudapan. Namun ketika disebut makanan, bagaimana kita meyakinkannya, sedang dalam melahapnya tak ada usaha kita untuk memakan pun mengunyahnya.

Terlepas dari itu semua, ternyata penggemar es krim ini bukan saja sebatas pada anak kecil. Melainkan juga orang-orang dewasa, bahkan orang-orang tua. Mereka yang menggemarinya pun akan semakin ketagihan sehubungan berbagai rasa, bahan campuran dan bentuk yang saat ini semakin banyak variannya.

Nasihat Orangtua

Jika kita ingat akan nasihat orang-orang terdahulu agar menjauh dari kebiasaan konsumsi es karena akan mengakibatkan datangnya banyak penyakit, lalu benarkah es krim adalah salah satu biang keladi dari datangnya berbagai jenis penyakit di tubuh kita? [Baca juga: Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Konsumsi Es]

Pertanyaan selanjutnya, lalu apa untung dan ruginya mengonsumsi es krim yang ternyata banyak digemari orang ini?

Risiko dan Manfaat Es Krim

  • Sakit Kepala

Nasihat orang-orang tua terdahulu, selain bisa menyebabkan batuk, pileg, demam, dan panas tinggi, adakalanya es krim juga bisa menyebabkan efek sakit kepala bagi beberapa orang. Walaupun sakit kepala ini ada juga yang tak permanen, artinya hanya berlangsung 5 hingga 10 menit pasca konsumsi es, akan tetapi tentunya ini adalah hal yang wajib diwaspadai. Menurut catcatan yang ada, hal ini bisa terjadi karena adanya rangsangan dingin pada dinding atas rongga mulut yang pada akhirnya mampu menimbulkan efek sakit kepala. [Baca juga: Beberapa Alasan Nyeri dan Sakit Kepala Akibat Kehujanan]

  • Berat Badan

Jika pada satu cangkir es krim mempunyai 267 kalori, maka es krim dengan ukuran satu scoop (sedang) memiliki kadar 133 kalori. Kalori-kalori yang ad apada es krim itu, masih ditambah lagi dengan  kandungan serupa dari bahan-bahan tambahan sebagai variannya. Sebagai contoh adalah tambahan kacang, chocolate chip, saus cokelat, saus buah, dan masih banyak lagi.

Mengetahui kadar kalori yang etrsebut di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa mengonsumsi es krim berlebihan dan tidak terkontrol tentu akan memiliki kecenderungan terjadinya kenaikan berat badan.  Pasalnya banyaknya kalori yang masuk dalam tubuh tentu akan menimbulkan penimbunan lemak.

Memang ini menjadi kendala bagi Anda yang tetap maniak terhadap es krim, akan tetapi hal ini sejatinya tetap bisa diakali, yaitu dengan mengimbanginya yaitu dengan cara meningkatkan kegiatan olahraga secara rutin, sheingga  kalori yang berlebihan akan bisa terbakar dan akhirnya terbuang.

  • Jerawat

Ada penelitian yang memang mengamini bahwa es krim bisa menyebabkan timbulnya jerawat dipermukaan kulit tubuh kita. Ini didasari pada alasan bahwa sebagian besar bahan dasar es krim adalah asupan berkarbohidrat tinggi dan juga plus susu serta cokelat.

  • Kesuburan Bagi yang Kekurangan Lemak

Sebagaimana disebutkan di atas, bagi yang memiliki berat badan berlebihan, tak begitu dianjurkan mengonsumsi es krim dengan alasan akan terjadi penimbunan lemak. Hal ini juga berlaku sebaliknya, bagi para wanita yang kekurangan lemak justru disarankan mengonsumsi es krim. Alasannya,  karena menurut beberapa peneliti hal ini bisa membantu menjaga keseimbangan hormonal dalam tubuh wanita sehingga memiliki pengaruh positif terhadap kesuburan.

  • Tenggorokan

Minuman dan makanan akan terasa tidak enak dikonsumsi pada saat kita sedang mengalami sakit mulut ataupun sakit tenggorokan. Baik itu sariawan, radang gusi, serta radang tenggorokan. Apalagi ketika virus-virus juga telah bersarang pad abagian yang sakit itu.

Namun hal itu juga tak berlaku bagi semua orang pun semua makanan. Pasalnya, pada beberapa orang juga ada yang akan merasakan nyaman tatkala mengonsumsi minuman dan makanan hangat saat tenggorokan dan mulut bermasalah. Lendir menjadi encer adalah justru pengaruh yang didapatkannya.     Hal serupa berlaku pula untuk jenis makanan  pun minuman yang dingin, sebagai contoh adalah es krim yang dingin. [Baca juga: Hanya Butuh Waktu 2 Menit; Cara Cepat Mendinginkan Minuman Kemasan Kaleng dan Botol]

Meskipun dingin, namun kontur yang lembut pada es krim akan bisa lebih mudah ditelan, sedangkan suhu dinginnya justru bisa membantu meredakan rasa sakit serta menyejukkan daerah mulut dan tenggorokan.  Jadi di kondisi ini, es krim justru memiliki manfaat dalam meredakan nyeri tenggorokan karena sifatnya yang menyejukkan.

Sumber Rujukan:
[1] 5 Rahasia Kesehatan Es Krim klikdokter.com Diakses pada 10 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 10 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Dalam hal menjaga tubuh dengan mengontrol asupan makanan, adakalanya kita akan merasa gampang lemas karena tak selalu menuruti setiap keinginan. Sebagai contoh yang biasa konsumsi es krim tak akan selalu menuruti keinginannya menikmati es krim. Begitu pula bagi yang biasa makan berat sebanyak empat kali sehari, hal itu akan bisa dikontrol dengan menguranginya menjadi dua kali ataupun tiga kali sehari. [Baca juga: Apa Manfaat dan Risiko Konsumsi Es Krim Itu?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here