Jumlah dan Keberadaan Saudara Kandung Mempengaruhi Perkembangan Si Kecil

2
1257
Jumlah Keberadaan Saudara Kandung Berpengaruh Terhadap Perkembangan Si Kecil

Perkembangan anak bukan saja bergantung pada didikan orangtua ataupun pengasuh yang mendampinginya. Lain dari itu, lingkungan adalah hal lain yang tak bisa dikesampingkan dalam memberi pengaruh terhadap keadaan pertumbuhan si kecil. Dan lingkungan terdekat tentu saja adalah anggota keluarga, bisa kakak, bisa pula sepupu.

Tentang keberadaan kakak yang masih sebagai saudara kandung si kecil, ada banyak pengaruh yang akan ditiru oleh si kecil buah hati kita, yang selanjutnya akan masuk menjadi bagian dari karakternya.

Role Model Pertama

Selain memang merupakan keturunan yang sama, pergaulan sehari-hari yang jarang terpisahkan, akhirnya membuat si kecil sedikit-banyak memiliki kesamaan dalam banyak hal dengan saudara kandungnya. Dengan kata lain, saudara kandung adalah teman, adalah sahabat, sekaligus juga musuh, yang kemudian juga menjadi role model pertama bagi kehidupan si kecil.

Ketika menjadi role model, apa saja yang akan memengaruhi si kecil?

Beberapa Pengaruh Si Kecil Dari Saudara Kandung

  • Kesehatan

Boleh percaya, boleh tidak, anggapan banyak rejeki adalah karena banyakanak ternyata berlaku juga untuk kesehatan. Beberapa peneliti memaparkan bahwa anak-anak dari keluarga besar, akan cenderung lebih sedikit mengalami alergi, baik asma atau hay fever.            Banyaknya jumlah saudara kandung dalam satu rumah tinggal ditengarai adalah hal yang memperingan beban penyakit, sebaliknya sistem imunnya akan menjadi lebih kuat. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek]

  • Tingkat Kecerdasan

Kebalikannya dari banyak anak banyak rejeki, para ahli yang menuturkan bahwa jumlah anggota keluarga itu berbanding lurus dengan tingkat kecerdasan anak.  Penjelasannya didasarkan pada penelitian keluarga kecil yang ternyata memiliki skor kecerdasan lebih tinggi daripada anak-anak dari keluarga besar.

Secara tidak langsung hal ini bisa diartikan, bahwa orangtua yang memiliki tingkat intelektual tinggi lebih cenderung akan memiliki anak-anak yang lebih sedikit. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Makanan Yang Baik Bagi Otak Bayi]

  • Kebahagiaan

Memang ada anak yang setelah bertumbuh-kembang akan meminta agar memiliki adik. Akan tetapi tak sedikit pula anak yang akan merasa keberadaannya bakal etrancam dan terganggu ketika saudara kandungnya lahir.    Oleh karenanya, orangtua musti memperhatikan matang-matang dalam perencanaan memiliki anak. Pasalnya, ada kecenderungan bahwa ketika anak memiliki banyak saudara kandung, maka kebahagiaannya juga akan dirasa semakin berkurang.

  • Daya Kreativitas

Terlepas dari jumlah banyak ataupun sedikit, keberadaan saudara kandung, baik laki-laki ataupun perempuan, keduanya sedikit-banyak juga memberikan daya kreatif pada anak. Bisa saja hal ini dikarenakan pengaruh “role model” tadi, artinya ada panutan yang bisa dicontoh oleh si kecil, sedangkan bagi kakak kandungnya ada tuntutan untuk selalu membuat adiknya menyenangi apa yang diperbuatnya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Saudara Kandung Pengaruhi Kehidupan Si Kecil motherandbaby.co.id Diakses pada 11 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 11 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here