Menulis Lamaran dengan Baik: Panduan dan Contoh Surat Lamaran Kerja

8
5694
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh surat lamaran kerja menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari pada mesin pencari. Hal ini menunjukkan tingginya kebutuhan akan persyaratan melamar kerja tersebut.  Memperoleh pekerjaan bagaimanapun adalah harapan semua orang. Setiap orang ingin memiliki pekerjaan yang pantas dan baik sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki.

Lamaran kerja menjadi pintu masuk orang untuk memiliki pekerjaan. Proses penerimaan pegawai atau pekerja biasanya diawali dengan proses seleksi. Pada proses ini, perusahaan/badan akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin yang dapat diacu untuk menjaring kandidat pilihan. Mempertimbangkan hal tersebut, lamaran menjadi pembuka yang penting untuk memperoleh pekerjaan.

Mengapa Surat Lamaran Kerja Harus Baik?

Proses perekrutan pegawai atau pekerja tidaklah tunggal. Terdapat serangkaian aktivitas agar sebuah perusahaan dapat memutuskan apaka seorang kandidat pantas dan cocok untuk menempati posisi yang dibutuhkan. Pintu pertama dalam proses ini adalah surat lamaran kerja. Surat tersebut menjadi pintu apakah seseorang bisa melanjutkan menuju proses selanjutnya. Melalui lamaran kerja, perusahaan akan menera apakah seseorang memiliki karakter yang dibutuhkan.

Semakin baik lamaran pekerjaan akan semakin besar pula kemungkinan seseorang diterima di sebuah ruang kerja, atau setidaknya lolos pada tahap pertama. Ketidaktahuan dalam proses ini kerap menyebabkan seseorang tidak bisa meneruskan pada proses selanjutnya.

[Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan ]

Standar Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Melamar pekerjaan adalah seni tersendiri. Mengingat ini adalah sebuah seni, maka pelamar harus mengerti betul seluk-beluk yang diperlukan untuk bisa diterima melanjutkan pada proses selanjutnya. Mengingat surat ini menentukan apakah seseorang dapat melanjutkan atau tidak dalam sebuah proses perekrutan, maka penulisan surat lamaran setidaknya memenuhi kriteria berikut ini:

  1. Memiliki pembuka yang jelas. Berikan penghormatan kepada pembaca surat tersebut melalui beberapa kalimat yang sesuai dan cocok.
  2. Menjelaskan sumber Informasi.  Lowongan kerja kerap diumumkan melalui media tertentu. Sebutkanlah dari mana informasi lowongan pekerjaan anda peroleh.
  3. Perkenalkan diri anda!. Banyak sekali pelamar yang melewatkan elemen ini. Surat lamaran pekerjaan setidaknya memuat penjelasan tentang diri pengirim surat. Jelaskan secara ringkas, padat dan jelas identitas, latar belakang yang sesuai dan kenapa anda cocok pada posisi yang ditawarkan.
  4. Sebutkan Lampiran Anda. Guna memudahkan pencarian dan pendokumentasian, ada baiknya anda menyebutkan daftar lampiran yang anda sertakan dalam surat atau email.
  5. Penutup yang baik. Jika surat dibuka dengan baik, maka pastikan anda memiliki penutup yang baik pula.

[Baca Juga: Inilah 5 situs Lowongan Pekerjaan Teratas]

Mengirimkan Surat Lamaran Kerja

Ketika Anda telah menyelesaikan surat lamaran pekerjaan dengan baik, maka cara mengirimkan pun haruslah dilakukan dengan tepat pula. Banyak pemula yang melakukan kesalahan dalam pengiriman surat ini, terutama pada pengiriman menggunakan email. Saat mengirimkan surat melalui email, pastikan anda mengisi subjek email dengan benar, memastikan tujuan sudah tepat dan mengisi batang tubuh email dengan baik. Janganlah pernah mengirimkan dokumen lampiran tanpa email pengantar yang disusun secara baik. Email pengantar dapat berupa surat utama, atau surat lain yang anda gunakan sebagai pengantar saja.

[Baca Juga: Cara Membuat Email ]

Membalas dengan Baik

Secara umum, lembaga atau perusahaan yang membutuhkan pekerja akan membalas surat yang masuk. Saat menerima surat balasan, balaslah dengan kualitas yang sama dengan surat lamaran yang telah anda kirimkan. Meski ditolak, ada baiknya anda tetap membalas surat tersebut sebagai bentuk penghormatan. Bisa jadi, saat ada peluang lain dalam perusahaan anda akan dipertimbangkan untuk dihubungi. Namun, ini terjadi hanya apabila anda merespon dengan baik surat balasan yang ditujukan kepada anda.

[Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Kerja]

 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah 2 contoh surat lamaran kerja yang dapat diacu:

Contoh Lamaran Kerja I

Depok, 12 Januari 2015

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT Bukit Berbunga

di Jakarta

Dengan Hormat

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam lindungan Tuhan YME.

Sebagai respon dari pengumuman lowongan pekerjaan yang perusahaan Ibu/Bapak umumkan pada harian Suara Rakyat pada tanggal 11 Januaro 2015, dengan ini saya menyatakan minat untuk menyampaikan lamaran untuk posisi sebagai HRD sebagaimana diumumkan.

Secara umum, saya merasa cocok dan mampu untuk menempati posisi dan peluang yang ditawarkan tersebut. Saya adalah lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Besar (UGB) yang lulus pada tahun 2014 dengan predikat cumlaude. Saya pun berpengalaman dalam penanganan HRD mengingat saya pernah melakukan kerja praktik pada sebuah perusahaan pada saat masih menyelesaikan kuliah.

Rincian informasi tentang diri dan kapasitas saya terlampir dalam lampiran. Sebagai bagian tidak terpisahkan dari surat ini, kami kirimkan beberapa dokumen yang mencakup Curriculum Vitae (CV), surat pengantar mencari kerja dan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir.

Demikian surat lamaran kerja ini kami sampaikan, atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami

Nama terang

Contoh Surat Lamaran  II

Jakarta, 12 Agustus 2015

Yth, Bapak Direktur PT Agus Utama

di Bogor

Hal: Lamaran Pekerjaan

Hormat Kami

Salam sejahtera, semoga bapak dan ibu selalu memperoleh kemudahan dalam setiap urusan.

Menindakalanjuti pengumuman lowongan pekerjaan yang saya baca di Harian Rakyat Sejahtera pada tanggal 10 Agustus 2015, dengan ini saya menyatakan minat untuk mengajukan diri saya menempati posisi yang ditawarkan tersebut.

Ada profil umum saya adalah sebagai berikut:

Nama : Ilham Hanafi

Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta 12 Oktober 1989

Pendidikan : Sarjana Administrasi Negara Universitas Andalan

Keterampilan utama: pengelolaan surat menyurat, administrasi dan penggunaan komputer (bisa sebutkan aplikasi yang dikuasai).

Terlampir bersama surat ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk proses perekrutan ini, antara lain:

  • 3 lembar foto 2×3
  • salinan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
  • surat pengantar pencari kerja
  • daftar riawayt hidup
  • rekomendasi

Demikian surat ini kami sampaikan, besar keinginan kami untuk dapat diterima di perusahaan Bapak. Atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami

Nama Terang

 

Berbagi dan Diskusi

8 COMMENTS

  1. […] Contoh surat lamaran kerja menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari pada mesin pencari. Hal ini menunjukkan tingginya kebutuhan akan persyaratan melamar kerja tersebut. Memperoleh pekerjaan bagaimanapun adalah harapan semua orang. Setiap orang ingin memiliki pekerjaan yang pantas dan baik sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki.  […]

  2. […] Contoh surat lamaran kerja menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari pada mesin pencari. Hal ini menunjukkan tingginya kebutuhan akan persyaratan melamar kerja tersebut. Memperoleh pekerjaan bagaimanapun adalah harapan semua orang. Setiap orang ingin memiliki pekerjaan yang pantas dan baik sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here