Fungsi, Bentuk dan Contoh Surat Pernyataan

5
4443
Contoh Surat Pernyataan
Contoh Surat Pernyataan

Pernyataan dapat dilakukan secara lisan dan tertulis. Pernyataan lisan akan sulit diingat dengan semua rinciannya. Dalam bentuknya yang disebutkan secara lisan, pernyataan sangat sulit untuk dibuktikan kecuali dengan adanya saksi. Selain itu, pernyataan yang memuat beberapa aspek sekaligus, apabila disebutkan secara lisan menyulitkan pihak-pihak terkait untuk memeriksa kembali apabila dibutuhkan.

Pernyataan tertulis sering disebut sebagai surat pernyataan. Memiliki fungsi yang sama dengan pernyataan secara lisan, pernyataan tertulis lebih memudahkan seseorang untuk mengingat elemen-elemen yang dinyatakan. Selain itu, pembuktian hukum dengan menggunakan surat pernyataan akan lebih mudah dibandingkan dengan pernyataan yang disampaikan secara lisan.

[Baca Juga: contoh surat Lamaran]

Apakah Surat Pernyataan?

Surat pernyataan adalah keterangan tertulis yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau keadaan. Surat pernyataan dapat berlaku bagi individu maupun kelompok/organisasi. Surat pernyataan digunakan untuk mengikat seseorang dalam kesanggupan tertentu, menerangkan sesuatu atau   mengakui sesuatu. Pernyataan yang tertulis ditandatangani dan lebih memiliki kekuatan hukum dibandingkan dengan pernyataan secara lisan. Pembubuhan materai sebagai bagian dari pernyataan akan lebih memperkuat isi dan keterangan yang termuat dalam surat tersebut.

[Baca Juga: Panduan Penulisan dan Contoh Surat Resmi]

Jenis Surat Pernyataan

Sebagai keterangan, surat pernyataan kerap digunakan dalam pelbagai bentuk dan kebutuhan. Beberapa hal yang kerap menggunakan surat ini, antara lain:

  1. Surat Pernyataan Diri. Surat ini digunakan untuk menerangkan keterangan diri, menjelaskan kondisi individu atau menerangkan hal yang perlu disampaikan kepada pihak-pihak tertentu.
  2. Surat Pernyataan hutang. Pernyataan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang tengah dalam kondisi memiliki hutang kepada pihak lain. Pernyataan seperti ini lebih bersifat pengakuan sehingga akan memiliki kekuatan hukum yang cukup kuat.
  3. Surat Pernyataan Kesanggupan. Pernyataan jenis ini digunakan untuk mengikat seseorang dalam kondisi tertentu.
  4. Surat Pernyataan Kerja. Bentuk ini digunakan utuk menjelaskan kondisi sedang atau tengah bekerja. Selain itu, dalam kebutuhan yang lain pernyataan ini digunakan untuk menyatakan kesanggupan dalam bekerja.

[Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Kerja]

Contoh-contoh Surat Pernyataan 

Sebagai rujukan pengetahuan, berikut ini adalah beberapa contoh dari surat pernyataan. Surat pernyataan digunakan untuk beberapa kebutuhan spesifik. Meski demikian, format tertentu dapat dikembangkan untuk kebutuhan yang berbeda.

Contoh Surat Pernyataan I: Pernyataan Diri

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: _______________________

Alamat: ______________________

No KTP: _____________________

dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak pernah menggunakan narkotika atau zat adiktif lain.
  2. Tidak pernah terlibat dalam usaha untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika.
  3. Tidak pernah secara tidak terhormat diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.
  4. Tidak terlibat dalam aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk ___________. Saya bersedia menerima konsekuensi hukum dan pemecatan apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terbukti tidak benar.

Yogyakarta, 12 Oktober 2015

 

Nama Terang (bermaterai)

Contoh Surat Pernyataan I: Pernyataan Hutang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: _______________________________

Alamat: ______________________________

No Identitas: __________________________

dengan ini secara sadar dan tanpa paksaan menyatakan bahwa:

  1. Tertanggal 12 Januari 2014 telah berhutang atau meminjam uang senilai Rp.__________ kepada ____________ Warga ________________________
  2. Saya berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut pada 25 Januari 2015 mengingat hingga saat ini saya belum dapat atau bisa mengembalikan uang senilai yang saya pinjam tersebut.
  3. Apabila hingga tenggat waktu tersebut saya tidak bisa melunasi, maka saya bertanggungjawab dan siap mempertanggungjawaban hutang tersebut di hadapan hukum.

Demikian pernyataan ini saya buat.

Jakarta, 12 Januari 2014

Nama Terang (Bermaterai)

Contoh Surat Pernyataan I: Kesanggupan Kerja

Dengan ini saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: _______________________

Tempat/Tanggal Lahir:____________

Alamat: ______________________

No KTP: ______________________

dengan ini menyatakan kesanggupan untuk bekerja di PT. Angin Semilir pada posisi sebagai staff administrasi sebagaimana dinyatakan dalam surat penerimaan pegawai.

Demikian surat pernyataan ini saya buat tanpa paksaan pihak manapun dan agar digunakan sebagaimana mestinya.

Depok, 12 Oktober 2014

Nama Terang (Tandatangan dan Materai)

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here