Menyusun Surat Keterangan Kerja: Fungsi dan Contohnya

4
11323
Ketentuan Penulisan Tanda Titik Dua dan Titik Koma
Ketentuan Penulisan Tanda Titik Dua dan Titik Koma

Surat Keterangan berbeda dengan surat pernyataan. Surat pernyataan dibuat oleh individu atau organisasi untuk menyatakan keadaan atau kondisi tertentu pada diri/organisasi. Surat keterangan dikeluarkan oleh pihak tertentu untuk menerangkan keadaan atau fakta tentang pihak lain, baik organisasi maupun perseorangan. Artinya, surat pernyataan hanya dinyatakan oleh satu pihak, sementara surat keterangan dikeluarkan oleh satu pihak untuk pihak lainnya.

[Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan ]

Surat jenis ini digunakan untuk keperluan tertentu satu pihak dengan pihak lain atau ketiga. Pihak ketiga pada kondisi tertentu membutuhkan keterangan dari satu pihak tentang pihak yang lain. Dengan demikian, satu pihak memberikan keterangan sesuai dengan kebutuhan pihak yang diterangkan.

Apakah Surat Keterangan Kerja?

Surat keterangan kerja adalah surat yang dikeluarkan instansi, perusahaan atau lembaga yang menyatakan kondisi atau fakta terkait dengan pekerjaan pihak tertentu.  Surat keterangan kerja dapat dikeluarkan oleh atasan untuk bawahan atau pimpinan suatu organisasi untuk salah saut staff atau bagian lain dalam organisasi.

[Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan]

Surat ini diberikan untuk menjelaskan pelbagai kebutuhan, seperti bahwa seseorang pernah bekerja di kantor tertentu, kinerja seseorang yang diterangkan, atau bagaimana status pekerja tersebut pada masa atau waktu tertentu. Surat Keterangan kerja pada umumnya digunakan oleh individu untuk mendapatkan legitimasi kelembagaan bahwa seseorang tersebut adalah bagian atau pegawai dari kantor yang mengeluarnya keterangan. Kebutuhan ini seringkali muncul saat bersentuhan dengan pihak ketiga.

Contoh Surat Keterangan Kerja I

Jakarta, 23 Februari 2015

Nomor: ____________

Hal: Keterangan Kerja

Lampiran: ___________

Saya yang bertandatangan ini bawah ini:

Nama: Hamid Rasyidi

Jabatan: Direktur PT Maju Abadi Saja

dengan ini menerangkan bahwa nama berikut ini:

Nama: Linda Lisawati

Jabatan: Departemen Ujicoba Produk

adalah benar-benar tercatat sebagai pegawai aktif PT. Maju Abadi Saja sejak Januari 2015. Pihak yang diterangkan masih berstatus sebagai pegawai PT Maju Abadi Saja dan menunjukkan kinerja dan capaian kerja yang memuaskan selama bekerja bersama kami.

Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tertanda

Nama Terang

Contoh Surat Pernyataan II

Jakarta, 21 Mei 2013

Nomor: ____________

Ha;: Keterangan Kerja

Lampiran: –

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: Fitri Ayu Ningrum

Jabatan: CEO PT Insan Dijital Sekali

dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Adi Suratman

Alamat: Jl. Gilinglaga no 14 Waluhsekti Banjarnagara

adalah pegawai PT Insan Dijital Sekali pada periode Januari 2011- Maret 2012. Saat ini pihak tersebut sudah bukan lagi pegawai pada kantor kami. Meski demikian, pihak yang diterangkan menunjukkan kinerja dan capaian cukup baik selama bekerja di kantor kami.

Demikian keterangan ini kami buat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Tertanda

CEO PT Insan Dijital Sekali

Fitri Ayu Ningrum

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Surat keterangan kerja adalah surat yang dikeluarkan instansi, perusahaan atau lembaga yang menyatakan kondisi atau fakta terkait dengan pekerjaan pihak tertentu. Surat keterangan kerja dapat dikeluarkan oleh atasan untuk bawahan atau pimpinan suatu organisasi untuk salah saut staff atau bagian lain dalam organisasi.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here