Inilah Beberapa Jenis Asupan Makanan dan Minuman Penghancur Lemak Dalam Tubuh

8
2427
Beberapa Jenis Asupan Makanan dan Minuman Penghancur Lemak Pada Tubuh

Lemak memang merupakan materi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun sebalinya, jika memiliki lemak dengan kapasitas berlebih tentu akan banyak kerugian yang diperoleh terhadap kesehatan kita.  Serangan jantung, mengalami ketidaksuburan, terkena diabetes, dan mendapat tekanan darah tinggi, adalah beberapa risiko yang harus dihadapi ketika kadar lemak dalam tubuh kita berlebih.

Olahraga memang merupakan cara terbaik dalam menjaga kebugaran tubuh, termasuk dalam hal membuang lemak. Selain olahraga, menyantap beberapa jenis makanan juga bisa dilakukan. Lalu apa saja jenis-jenis makanan yang bisa menurunkan kandungan lemak dalam tubuh itu? [Baca juga: Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kegemukan]

Mentimun

Bagi sebagian orang, mentimun hanyalah satu buah yang sering dikonsumsi sebagai lalapan atau paling jauh adalah sebagai acar. Namun kenyataannya mentimun akan bisa dijadikan berbagai jenis asupan lain. Bisa sebagai bahan rujak, campuran karedok, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari itu semua, buah mentimun ini ternyata memiliki kadar silikon dan sulfur tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan lemak dari tubuh dengan cara melonggarkan sel-sel lemak. Bukan itu saja, mentimun yang acap kita konsumsi itu juga memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Kol a.k.a Kobis

Serupa dengan mentimun, selain sebagai bahan sayuran, kol juga sering dikonsumsi sebagai bahan lalapan. Kol yang sering disantap itu juga memiliki khasiat untuk membantu memecahkan lemak dalam perut, khususnya yang berada di bagian sekitar pinggang. Kubis yang mengandung zat yodium dan sulfur tinggi sangat tepat untuk membakar  kelebihan lemak dalam tubuh kita.

Wortel

Bagi Anda penggemar sayur sop, tentu tak akan asing dengan kubis dan juga wortel. Begitu juga dengan penggemar acar, sebagian pasti akan sangat akrab dengan mentimun dan juga wortel. Dan bagi yang menggunakan wortel sebagai sarana pengobatan bagi mata, tentu juga akan paham bahwa makanan ini memiliki banyak kadar karoten  –sebagai bentuk aktif dari vitamin A.

Hal yang juga penting untuk dipahami adalah, bahwa ternyata kandungan karoten ini juga memiliki kemampuan dalam mengeluarkan lemak dari tubuh yaitu melalui rangsangan pembakaran terhadap lemak.

Lada

Jenis rempah lada biasanya akan kita temui di dapur sebagai bagian dari bumbu masakan. Sebagai contoh kasat mata adalah pada lada yang berujud bubuk, ia sering digunakan sebagai bumbu tabur sate. Dan efeknya, rasa panas akan ditimbulkan darinya.

Yang perlu diketahui, efek rasa panas ini ternyata muncul zat capsaicin yang merupakan kandungan dalam lada, dimana ketika capsaicin memanaskan tubuh maka lemak pun secara otomatis juga akan menjadi terbakar.

Asparagus

Di dalam asparagus terdapat sebuah zat yang dengan nama “asparagin.” Yaitu satu kandungan zat dengan kemampuan meningkatkan sirkulasi darah dan juga memberi rangsana pada ginjal guna bekerja secara efektif.

Yang tak bisa dilupakan, asparagin juga memiliki khasiat dapat menghancurkan asam oksalat, yaitu asam yang merupakan pembangun lemak pada tubuh.

Teh Hijau

Jika di atas adalah jenis-jenis sayuran, lalapan dan juga rempah bumbu, maka kali ini sila baca pula artikel tentang “Manfaat Minuman Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh” ini. Maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari teh, apalagi jenis teh hijau.

Pada orang dengan kadar lemak tinggi, minuman teh hijau juga bisa diandalkan. Pasalnya, ketika aktif mengonsumsinya yaitu sebanyak dua cangkir setiap hari, maka akan terjadi rangsangan terhadap metabolisme dan lemak pun juga akan terbantu pembakarannya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 6 Makanan yang bisa melunturkan lemak tubuh. merdeka.com Diakses pada 15 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 15 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

8 COMMENTS

  1. […] Ada banyak jenis asupan makanan dan minuman yang menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Akan tetapi bagi sebagian orang akan menghindari menus yang mengandung santan. Padahal boleh dibilang teramat jarang asupan yang diperjualbelikan itu tak memiliki kadar santan, sebagai contoh adalah es cendol, bajigur, ataupun kolak. [Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Asupan Makanan dan Minuman Penghancur Lemak Dalam Tubuh] […]

  2. […] Dari mekanisme pencarian sumber energi yang berujung pada lemak, kita dapat mengamati bahwa pada akhirnya lemak yang menumpuk dan membandel dalam tubuh akan bisa diurai dan dihancurkan. Sampai pada proses ini niscaya kita akan optimis mendapatkan kesehatan, karena ketika lemak telah hancur kadar kolesterol juga akan menjadi terseleksi, bukan?     Kolesterol baik (HDL) akan meningkat, sekaligus kolesterol buruk –yang diantaranya terdiri dari  trigliserida dan LDL juga akan menurun. [Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Asupan Makanan dan Minuman Penghancur Lemak Dalam Tubuh] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here