Bagaimana Cara Agar Tetap Aman dan Nyaman Menggunakan Listrik?

2
2124
Cara Cek Tagihan Listrik Online

Giat listrik masuk desa yang merebak tahun 80an sebagai bagian dari pembangunan era orde baru cukup memberikan manfaat bagi khalayak,  Dan ada banyak kebutuhan yang bisa tertolong dariu hadirnya listrik ini. Bahkan adakalanya keberadaan listrik di seputar kita sekarang ini telah menjadi kebutuhan yang tak kalah pentingnya dan hampir menyerupai kebutuhan sandang, pangan, pun papan. [Baca juga: Inilah Cara Memeriksa Jumlah Tagihan Listrik Secara Online]

Meski membawa banyak keuntungan, namun bukan tanpa hal negatif kehadiran listrik itu. Oleh karenanya kewaspadaan juga harus diterapkan agar efek kebermanfaatan itu tak berubah menjadi kerugian. Sebagai contoh adalah terjadinya sengatan pada tubuh dan juga kebakaran pada perabotan bahkan rumah kita.

Bagaimana Agar Listrik Tetap Aman?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sekaligus dikerjakan demi menghindari kerugian akibat penggunaan listrik

  • Memahami Potensi Masalah

Memelajari lebih detil tentang segala hal berkaitan dengan listrik. Mana saja yang butuh diamankan karena memiliki potensi masalah, dan mana saja yang harus disembunyikan karena tak seorangpun memiliki izin mendekatinya kecuali petugas pun mereka yang paham akan kelistrikan.

  • Grounding

Grounding ataupun membumikan merupakan tindakan perlindungan dan juga pencegahan sangat baik terhadap bahaya listrik, yaitu memberikan lintasan aman bagi alirannya. Dikatakan sangat baik karena tanah merupakan konduktor istimewa.

  • Pasang Terminal di Tempat Tepat

Langkah lain yang juga harus dilakukan agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan fasilitas berlistrik adalah menyediakan terminal sambungan ataupun outlet stop kontak di tempat-tempat yang memang sangat membuutuhkan, baik di dalam ruangan pun di luar ruangan. tempat di bagian luar ruangan tentunya adalah yang tak dekat dengan sumber penyebab konsleting, misalnya air.

Hal ini dilakukan agar tak ada lagi sambungan-sambungan kabel di seputar kita, karena kabel sambungan itu juga memiliki potensi membahayakan bagi kita.

  • Daya Listri Memadai

Dikatakan menggunakan daya listrik memadai adalah ketika kita bisa mengukur kebutuhan berbanding lurus dengan ketersediaannya. Artinya tak bisa kurang, namun tidak juga berlebihan. Karena yang kurang tentunya akan menimbulkan kerusakan pada dalan dan perabotan yang kita miliki, sedangkan jika terlalu berlebih maka kebakaran pun tak bisa dihindari. Dalam hal ini menyediakan alat penyeimbang ataupun stabilizer adalah hal yang sangat dianjurkan.

Hindari Tindakan Berpotensi Mengganggu Jaringan

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan membakar barang-barang tak berguna demi menghilangkan sampah lingkungan, meskipun bentuknya adalah sampah organik. Berkaitan dengan hal itu, hal yang wajib dihindari adalah membakar sampah di dekat jaringan listrik. Selain itu hindari pula memasang jaringan listrik berdekatan dengan sumur, baik sumur lubang (galian) ataupun sumur pompa. Untuk sumur pompa, kalaupun memang memerlukan daya listrik guna menjalankan kerja mesin, maka yakinkan keadaannya benar-benar aman.

Perbuatan lain yang musti dilakukan agar potensi bahaya bisa diminimalisir antara lain adalah memotong ranting pohon di sekitar kabel jaringan, menghindari main layang-layang di dekat jaringan listrik, danmenjauhi tindakan menggunakan stop kontak secara berlebihan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mari Perhatikan Pedoman Keselamatan akan Bahaya Listrik. Harian Kompas Cetak 15 Juni 2015. Diakses pada 16 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 16 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Selain kita tak begitu sadar bahwa keberadaan lemari pendingin itu kini telah gampang diperoleh, ada hal lain pula yang sama-sama tak kita sadari. Yaitu bahwa kenyataannya ia mampu mengubah peradaban hidup ini. Salah satunya adalah dalam hal memberikan kenyamanan mengawetkan makanan pun minuman dengan tanpa harus melihat musim serta cuaca. Namun tentu saja harus ada keberadaan jaringan listrik di sana. [Baca juga: Bagaimana Cara Agar Tetap Aman dan Nyaman Menggunakan Listrik?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here