Bagaimana Menyikapi Munculnya Kantung Mata?

2
1609
Menyikapi Timbulnya Kantung Mata

Semakin tua usia manusia hal yang tak bisa dihindari adalah semakin berubahnya penampilan, dimana penampilan itu sudah tak bisa dengan mudah dipoles demi memperoleh wajah yang tetap segar memesona. Hal ini tentu sangat jauh berbeda apabila harus dibandingkan dengan kondisi sewaktu muda.

Di kepala nampak rambut yang memutih, di seputar wajah akan terlihat kantong matanya, pipi yang semakin cekung akibat gigi yang sudah mulai tanggal, adalah beberapa hal yang bisa disaksikan karena kasat mata. [Baca juga: Inilah Beberapa Hal Yang Bisa Merusak Rambut Kita]

Kantung Mata

Ikhwal terlihatnya kantong mata, sebagian orang ada yang menengarai bahwa hal itu merupakan efek dari kelelahan akibat dari banyaknya pekerjaan yang harus dilaksanakan. Ini bisa dipahami, namun hal lain yang perlu juga diketahui, bahwa munculnya kantong mata sejatinya adalah juga termasuk pertanda awal dari datangnya masa tua itu. [Baca juga: Mengintip Bukan Penyebab Mata Bintitan dan Belekan]

Lalu bagaimana solusi agar kantung mata itu tak terlalu kentara dan jelas dilihat?

Meminimalisir Munculnya Kantung Mata

  • Kurangi Konsumsi Rokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya kurangi konsumsi rokok dan akan lebih baik juga apabila  Anda selalu mengoleskan tabir surya pada kulit di seputar mata demi meminimalisir terpancar langsung sinar matahari. Hal ini dilakukan karena kebiasaan merokok dan pancaran sinar ultraviolet memberikan efek lemah pada kolagen dan bisa menimbulkan keriput serta mengakibatkan “turunnya” kulit mata.

  • Gunakan Krim Pelembab & Tretinoin

Sejatinya telah banyak yang menggunakan pelembab wajah (khususnya pada kaum perempuan) pada amlam hari demi mendapatkan wajah tetap segar. Hal ini bisa pula dilakukan pada kaum pria  dan siapa saja yang usianya telah mulai menua. Pasalnya –terlepas dari jenis pelembab apapun– pengguaan pelembab di seputar area mata telah terbukti mampu memberikan hidrasi yang dibutuhkan. [Baca juga: Masker Madu: Cara Membersihkan Wajah Berbahan Madu]

Untuk kantung mata, menggunakan krim vitamin A ataupun tretinoin (asam retinoid) merupakan hal yang disarankan sebagai bagian dari perawatan kulit. Tujuannya tak lain adalah demi mencegah keriput dan sekaligus memperbaiki garis-garis kulit wajah yang telah muncul.

  • Perhatikan Posisi Tidur

Kita jarang menyadari bahwa posisi tidur ternyata juga memberi pengaruh terhadap kondisi timbulnya kantung mata, oleh karenanya acap mengganti posisi tidur merupakan hal yang sangat dianjurkan. Alasannya karena adanya daya gravitasi.

Bagaimana bisa dikatakan ada kaitannya dengan gravitasi? Dapat dijelaskan bahwa tidur dalam posisi miring ataupun tengkurap mennjadi sebab akan terkumpulnya cairan di bawah mata. Oleh karenanya akan lebih baik apabila membiasakan diri memperbanyak posisi tidur terlentang dan jangan lupa menggunakan bantal tambahan. Sedangkan untuk posisi miring pun tengkurap, bukan berarti dilarang, namun lebih diterapkan sebagai selingan saja.

  • Jangan Gosok Mata, Bersihkan Make Up, dan Hindari Alkohol

Perbuatan menggosok-gosok mata kadang sulit dihindari karena memang telah emeenjadi bagian dari kebiasaannya. Kebiasaan ini ternyata menjadi hal yang juga menyebabkan terjadinya kantung mata. Hal lain yang disarankan adalah membersihkan make-up sebelum tidur, dan juga jangan mengonsumsi banyak minuman berkadar alkohol karena akan menimbulkan efek dehidrasi.

  • Kompres Dengan bahan Dingin

Adakalanya timbul kantung mata diawali dengan pembengkakan. Oleh karenanya silakan ambil sendok yang telah  didinginkan, ataupun timun yang telah dipotong tipis-tipis, atau bisa juga kantung teh yang telah didinginkan di dalam freezer. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk mengompres bagian seputar mata yang bengkak, dengan tujuan agar suhu dinginnya bisa mengurangi semakin membesar dan semakin lamanya poses pembengkakan.

Demikian beberapa hal perlakuan dlaam hal perawatan wajah, khususnya pada bagian seputar mata yang memiliki kecenderungan memunculkan kantung mata.  Namun apabila memang kantung mata terasa sakit dan tak bisa diatasi sendiri, alangkah baiknya Anda menghubungi dokter demi mendapatkan kejelasan. Karena ada pula beberapa masalah tiroid dan ginjal yang bisa menjadi penyebab timbulnya retensi cairan pada bagian bawah mata. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 6 Tips Bebas Kantung Mata klikdokter.com Diakses pada 19 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 19 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here