Instant Article: Fitur Pengepul Berita Milik Facebook yang Bekerjasama Dengan Beberapa Media Ternama Dunia

6
935
Instant Article: Fiture Pengepul Berita Milik Facebook yang Bekerjasama Dengan Media-Media Ternama Dunia

Perkembangan berita di media digital dewasa ini semakin memperlihatkan kecenderungan terjadinya peningkatan, utamanya jika dilihat dari segi kuantitas. Bukan saja didominasi oleh media-media yang telah mapan dan memiliki nama populer sebagai penyebar berita, akan tetapi yang tak kalah banyak adalah tumbuhnya pemain-pemain baru penyebar berita yang memanfaatkan fasilitas di dunia digital ini.

Dengan merebaknya nama-nama pegiat jurnalisme, tak pelak perusahaan raksasa yang telah menguasai media digital sebagaimana google dan facebook, seolah juga tak hendak ketinggalan. [Baca juga: Prinsip dan Teknik Dasar Reportase pada Jurnalisme]

Facebook Instant Article

Bulan Mei 2015, tepatnya pada tanggal 13, facebook telah mengeluarkan sebuah fitur baru bernama Instant Article yang digadang menjadi tempat guna mengepul berbagai macam berita dari bermacam-macam media pula. Oleh karenanya dalam meluncurkan fiturnya ini telah memulai kerja-samanya dengan sembilan penerbit dunia; National Geographic, NBC News, Times, BuzzFeed, The Atlantic, The Guardian, BBC News, Bild dan Der Spiegel.

  • Aplikasi Mobile

Pada awal kemunculannya, fitur ini dimulai dari aplikasi mobile yang telah mereka miliki, hanya saja masih terbatas pada aplikasi iOS, yang kemudian diagendakan akan berkembang pada versi android.      Dari fitur ini, facebook menjanjikan kelebihan bagi pengguna dan juga para patnernya, bahwa berita-berita dari para penerbit rekanan akan bisa diakses lebih cepat 10 kali lipat jika dibandingkan dengan membukanya langsung menggunakan laman web resmi.

  • Konten Otomatis dan Mengupas Tuntas

Dalam fitur Instant Article ini, pihak facebook juga akan membuat konten berita yang secara otomatis akan dimuat sebelum pengguna memilih link beritu itu.  Selain itu, artikel-artikel berita yang ada juga ditelanjangi dari segala modul iklan serta analitik yang sebelumnya juga telah disematkan pada laman web aslinya.

  • Logo dan Tombol Follower Tetap Tersedia

Pada produk ini, facebook tetap menampilkan logo dari media patner, dan sekaligus juga tetap menyediakan tombol follow agar para pembaca tetap bisa mengikuti segala berita terkini langsung dari akun facebook penerbitnya.

Eksperimen

Boleh dibilang fitur keluaran facebook ini adalah sebuah eksperimen. Akan tetapi ada kemungkinan apabila formatnya telah nyata keampuhannya, maka bukan tidak mungkin ia akan dominan dalam hal pendistribusian berita online.

Internet.org

Fitur Instant Article ini memang bagian dari teknologi yang terus dikembangkan pihak facebook, yang sebelumnya juga telah mengembangkan sebuah media guna menampung dan mengorganisir komunitas, ia beralamat di www.internet.org.   [Baca juga: Benarkah Taman Kampoeng Cyber Yogya Menginspirasi Bos Facebook –Mark Zuckerberg Dalam Membuat Situs internet.org?]

Terlepas berhasil atau tidaknya, seiring waktu berjalan ada yang memang patut diacungi jempol dan tentu saja layak dicontoh. Bahwa media jejaring sosial yang notabene sudah memiliki banyak aset saja masih terus berinovasi dan selalu keluar dari kotak kenyamanan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Facebook Mulai Luncurkan Instant Article tekno.kompas.com Diakses pada 23 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi adalah screenshot dari instantarticles.fb.com. Diakses pada 23 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Google memang seolah tak mau ketinggalan dalam menyediakan kebutuhan yang berkaitan dengan dunia internet. Bagaimana tidak, satu minggu setelah menerbitkan sebuah layanan di YouTube dengan nama YouTube NewsWire, Google telah kembali mengeluarkan produk bernama “News Lab.” [Baca juga: Instant Article: Fitur Pengepul Berita Milik Facebook yang Bekerjasama Dengan Beberapa Media Ternama…] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here