YouTube Newswire: Video Jurnalisme Warga Yang Dikembangkan Google

4
1276
YouTube Newsware

Google sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia yang mendominasi ranah maya seolah tak mau berhenti dalam mengembangkan teknologi, bahkan segala inovasi dan kreasi ia terapkan tak hanya pada area dunia maya, bidang lain pun tetap ia rambah. Lihat saja terobosannya yang seakan tak mau kalah dengan pihak Alexa, yaitu dibawah naungan google x yang membuat mobil tanpa awak. [Baca juga: Google X Siap Bersaing dengan Amazon dalam Pembuatan Pesawat Tanpa Awak]

Tak hendak kalah dengan layanan sosial media besar dunia macam facebook dengan Instant Article, maka ketika berbicara mengenai teknologi google, tak hanya Google X yang mengembangkan inovasinya. Masih banyak bendera lain di bawah naungan google yang melakukannya.

Web Browser Chrome

Sebagai penyedia layanan web browser, chrome yang masih sebagai bagian dari google tak mau kalah dengan pihak lain.

  • Kemampuan Merekam

Dipadukan dengan produk google lainnya, yaitu google map yang berurusan dengan peta, chrome mengembangkan kemampuan dalam hal merekam lokasi sang pengguna dan juga memonitor kebiasaan para penggunanya dalam menjelajahi situs-situs dunia maya.     Satu sisi penerapan teknologi chrome ini bisa dinilai sebagai sebuah kemajuan yang tak ternilai harganya. Akan tetapi di sisi lain tak sedikit orang yang menilai bahwa teknologi ini cenderung bersifat membuka privasi penggunanya. Dan tentu hal ini tak membuat nyaman.

  • Pintar Memilah dan Memilih

Tapi apa mau dikata, begitulah teknologi yang telah dikembangkan pihak google dengan web browser chrome-nya. Tnetu tinggal kita saja yang musti pintar-pintar memilah dan memilih, toh masih banyak web browser lain yang bisa digunakan. Dan semoga –meski atas nama inovasi dan pengembangan teknologi– yang lain tak harus meniru chrome.

Video Youtube

Produk lain milik google adalah juga layanan video bernama YouTube. Jumlah video yang tak terhingga telah diunggah dan sekaligus ditonton orang di dunia melalui layanan YouTube tersebut. Bukan saja tentang hiburan, akan tetapi juga segala hal yang melingkupi hidup ini, dari segala penjuru alam semesta pula. [Baca juga: Video-Video Populer Indonesia 2014 Versi Google di YouTube Rewind]

  • Mendapat Keuntungan

Dengan fasilitas YouTube itu, tak sedikit kegiatan keseharian kita juga terbantu dan dimudahkan. Sebagai contoh adalah terdapatnya banyak tutorial yang bisa kita gunakan sebagai sarana belajar, ada guru yang tak harus membayar kepadanya –kecuali membayar layanan internet. Lain dari itu beragam informasi juga bisa diperoleh, contohnya adalah informasi edukasi, budaya, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Masih melalui situs YouTube, selain informasi terkini ada juga dokumentasi yang bisa kita nikmati dari orang lain yang dengan senang hati mengunggahnya. Dengan begitu kita tak akan jauh ketinggalan mendapatkan informasi.     Begitupun bagi sang pengunggah, saat ini juga bisa diuntungkan dengan memanfaatkan pemasangan layanan iklan (adsense) di dalamnya. [Baca juga: Tips Penting Mendaftar Supaya Diterima Google Adsense]

  • Memberi Keuntungan

Selain mendapatkan keuntungan, kita akan tetap bisa berlaku sebaliknya. Yaitu memberikan keuntungan bagi pihak lain dengan memanfaatkan layanan di situs YouTube ini. Sebagai contoh adalah mengunggah sebuah panduan, mengunggah informasi layanan, dan masih banyal lagi.

Video Informasi dan Berita

Mengenai video informasi dan berita yang diunggah di situs YouTube, jika dikalkulasi, saat ini durasi orang yang menonton video berita di situs youtube.com setiap harinya telah mencapai lebih dari lima juta jam. Kenyataan yang membuat mata terbelalak ini pada akhirnya juga menjadi bahan perhatian dari kepala strategi dan oerasional YouTube yang bernama Olivia Ma.

  • Peran Saksi Mata

Melihat  kenyataan tersebut, sebagaimana dikutip dari situs engadget.com, Olivia Ma memaparkan bahwa meski  video berisi berita telah melimpah dan sudah disaksikan banyak orang setiap hari, akan tetapi peran saksi mata belum menjadi vital dalam proses pengumpulannya.

  • YouTube Newswire

Dengan inisiasi perlunya saksi mata untuk berperan dalam pengumpulan berita, maka pihak google memiliki ide mengembangkan sebuah layanan yang mengakomodasi hal tersebut, dan terciptalah sebuah layanan bernama YouTube Newswire.

Apa YouTube Newswire itu?

YouTube Newswire adalah layanan Google di situs YouTube yang membantu menyaring video-video penting dan menarik dari saksi mata pertama pada satu peristiwa. Tujuannya tak lain adalah demi memberikan informasi bermanfaat dan juga informasi yang akurat bagi masyarakat penggunanya.

  • Patner Mumpuni

Dalam meraih tujuan memberikan informasi bermanfaat dan akurat itu, maka dibutuhkan cara untuk menghimpun konten yang kebenarannya telah terverifikasi.    Oleh karenanya pihak Google menggandeng beberapa pihak yang  memiliki kapabilitas di bidang tersebut, di antaranya adalah Storyful –yang merupakan startup dengan fokus pada akurasi konten sosial.

Kolaburasi dengan beberapa organisasi lain juga diterapkan, yaitu misalnya dengan Eyewitness Media Hub, Reported.ly dan Verification Junkie. Dari kolaburasi itu terciptalah First Draft Coalition.

  • Etika Karya Jurnalistik

Hasil dari kolaburasi dan juga kerjasama tersebut diharapkan menghasilkan sebuah layanan yang memiliki visi untuk mengedukasi kepada masyarakat utamanya tentang etika dalam membuat karya jurnalistik. Tak hanya demi keuntungan pribadi, namun bisa memberikan manfaat lebih bagi para pemirsa.

Artinya, tetap ada kebebasan pada semua orang untuk bisa menyaksikan sebuah peristiwa di sekitarnya dan lalu membaginya kepada masyarakat luas. Namun dari kebebasan tersebut, selain menjadi rumah utama, YouTube juga memiliki tanggungjawab untuk mengakomodasi kebermanfaatan bagi masyarakat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Google launches YouTube Newswire, a feed of verified news stories engadget.com Diakses pada 24 Juni 2015
[2] YouTube Newswire, Saluran Video Jurnalisme Warga tekno.kompas.com  Diakses pada 24 Juni 2015
[3] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 10 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Google memang seolah tak mau ketinggalan dalam menyediakan kebutuhan yang berkaitan dengan dunia internet. Bagaimana tidak, satu minggu setelah menerbitkan sebuah layanan di YouTube dengan nama YouTube NewsWire, Google telah kembali mengeluarkan produk bernama “News Lab.” [Baca juga: YouTube Newswire: Video Jurnalisme Warga Yang Dikembangkan Google] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here