Masker Pisang Pada Kulit Wajah Memiliki Banyak Kelebihan

4
1403
Masker Pisang Pada Kulit Wajah Memiliki Banyak Kelebihan

Pisang adalah buah yang bisa dengan mudah didapatkan di seputar kita. Dan meskipun mudah mendapatkannya, pisang nyatanya bukan merupakan buah murahan yang tak ada nilaunya, karena ada sebagian pisang yang justru memiliki nilai jual tinggi.

Nilai jual tinggi ini berlaku untuk beberapa pisang yang akan dimanfaatkan ke dalam berbagai acara dan ragam makanan. Sebagai contoh di masyarakat Jawa terdapat jenis pisang tertentu yang digunakan sebagai sarana selamatan ataupun perayaan kedaerahan.

Tak Hanya Untuk Dimakan

Terlepas dari ada nilainya ataupun enggak, pisang memiliki kandungan nutrisi yang tak bisa diremehkan bagi kesehatan tubuh. Bukan saja dalam hal dikonsumsi sebagai makanan, akan tetapi juga nutrisi bagi kulit, yaitu digunakan untuk masker wajah. [Baca juga: Tahukah Anda, Makanan Bernutrisi Tinggi Bisa Mencegah Risiko Kehamilan?]

Masker Wajah

Dalam menggunakan pisang sebagai masker wajah, diharapkan terlebih dahulu kita bisa membedakan jenis kulit yang dimiliki.

  • Kulit Normal

Guna memanfaatkan pisang sebagai masker wajah pada kulit normal, kita dapat menghaluskannya, kemudian ditambah sedikit yoghurt tawar ataupun madu sebagai bahan campurannya. Penggunaan pisang sebagai masker ini jangan hanya sekali, namun harus secara rutin. [Baca juga: Ragam Khasiat dan Manfaat Madu untuk Tubuh]

  • Kulit Kering

Untuk jenis kulit kering, kita bisa menggunakan pisang yang dicampur madu dan juga ditambah kuning telur. Adonan tersebut dibuat selembut mungkin hingga semua campuran menjadi rata. Masker ini apabila digunakan pada kulit kering, maka akan terasa lebih lembab wajahnya.

  • Kulit Berminyak

Pada kulit yang jenisnya berminyak, bahan pisang musti dicampur dengan lemon ataupun air jeruk nipis, kemudian ratakan dan oleskan secara emrata pada bagian wajah. Maka minyak yang ada di wajah akan bisa diminimalisir. [Baca juga: Tahukah Anda Kebiasaan Meletakkan Laptop Di Atas Paha Menyebabkan Kulit Rusak?]

Jerawat dan Bintik Hitam

Demikian contoh penggunaan pisang untuk masker wajah dalam berbagai jenis kulit. Sejatinya secara umum, pisang ini bukan saja bisa digunakan sebagai masker yang akan melembutkan kulit, akan tetapi juga bermanfaat bagi wajah dalam hal mengurangi timbulnya jerawat, bintik hitam, dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Dengan pisang, peradangan pada kulit akibat jerawat juga bisa dihilangkan, sedangkan bintik-bintik hitam bisa pudar juga, bahkan sel kulit mati juga akan bisa terangkat.

Kadar Nutrisi Dalam Pisang

Selain buah pisang, ada pula yang menggunakan kulit pisang sebagai bahan terapi pada kulit wajah ini. Oleh karenanya, jika merunut hal itu kita bisa menyimpulkan bahwa kenyataannya pisang ini bukan merupakan buah yang bisa dengan mudah diremehkan. Ada banyak kandungan zat bermanfaat di dalamnya, sebagai contoh adalah karbohidrat alami, vitamin A, dan vitamin B6. Sedangkan untuk kandungan mineral di dalamnya juga sangat tinggi, misalnya adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Kandungan pada buah pisang ini ditengarai lebih tinggi dibanding apel. Oleh karenanya  disarankan kita sering konsumsi pisang agar mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. [uth]

Seumber Rujukan:
[1] Rawat Wajah dengan Masker Pisang. Harian cetak Kompas terbit 30 Juni 2015. Diakses pada 30 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 30 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here