Inilah Beberapa Hal Yang Bisa Merusak Rambut Kita

4
762
Beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Memiliki rambut gondrong saat ini bukan saja sebuah gaya kaum hawa, karena ada banyak kaum adam yang tak lagi sebatas berambut pendek. Begitu pula sebaliknya, ada beberapa wanita yang nyaman dengan rambut cepaknya. Artinya rambut gondrong sudah tak bisa lagi dikategorikan sebagai satu gaya yang identik dengan satu gender bernama “wanita.” Tak pelak, perawatan rambut pun kini tak hanya diperlukan bagi kaum perempuan juga.

Berbicara tentang perawatan rambut, terlepas dari laki-laki ataupun perempuan dan juga terlepas dari kondisi gondrong, cepak, atau bahkan botak, sejatinya hal itu sangat diperlukan. Pasalnya bukan saja sekadar rambut yang musti dirawat, lain dari itu adalah juga kulit kepala yang bukan tidak mungkin merupakan sumber dari timbulnya ketombe. Sedangkan untuk rambut, kesehatannya tentu akan bisa diraih ketika  bisa rajin dan rutin melakukan perawatan. Baik dengan memberikan nutrisi secara langsung atau bisa pula dengan mengonsumsi beberapa jenis asupan makanan. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek]

Mengatur Waktu Lebih Baik

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bukan tidak mungkin akan menghambat dalam perawatan rambut, karena dari banyaknya aktivitas tersebut waktu kita akan banyak tersita. Hingga pada akhirnya sisa waktu yang ada lebih cenderung digunakan untuk istirahat dan tidur.

Oleh karenanya, kita pun wajib meluangkan waktu demi menjaga kesehatan tubuh. Baik menjaga dan memeriksakan kesehatan, ataupun menggunakannya dalam hal perawatan.

Beberapa Hal Penyebab Rambut Rusak

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu rusaknya rambut sehingga bukan saja tak enak dipandang mata, namun juga tak nyaman bagi si empunya.

  • Mengenakan Topi

Mengenakan topi memang memiliki manfaat ganda. Selain memiliki fungsi untuk menahan kepala dan rambut dari air hujan ataupun sengatan matahari, penggunaan topi juga menjadi bagian dari penampilan. Namun ada hal yang perlu dipahami, bahwa menggunakan topi pun tak bisa dilakukan sepanjang waktu, pasalnya hal itu bisa mengakibatkan rambut kita rusak.

Suhu panas dan kurangnya udara juga akan menyebabkan kepala kita mengeluarkan keringat dan juga mudah berminyak, pada akhirnya rambut akan nampak kusut dan tak pelak akan menjadi rusak.

  • Sering Tersengat Panas Mentari

Mungkin terlihat serba salah jika membandingkan poin ini dengan poin sebelumnya. Jika topi yang digunakan untuk melindungi rambut pun bermasalah, maka terlalu banyak terkena sinar matahari juga akan menyebabkan rambut mudah rusak.

Selain merusak kulit, pancaran sinar mentari yang terlalu sering juga bisa membuat rusak rambut. Diawali dengan terkelupasnya lapisan pelindung pada rambut, kemudian keringpun akan melanda. Pada akhirnya ujung rambut akan memerah dan kemudian berbentuk keriting dan teramat susah untuk ditata.

  • Sering Mandi Menggunakan Air Panas (Hangat)

Mandi menggunakan air panas memang bisa membantu badan segar kembali pada saat lelah emlanda. Namun tahukah Anda bahwa keseringan mandi dengan air hangat itu juga memengaruhi kondisi rambut ?       Ya, air panas memiliki dampak bagi rambut kita, selain memiliki sifat dehidrasi, lama-kelamaan ia juga membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rusak, belum lagi kulit kepala yang juga memiliki hasil buruk ketika terkena air panas.

  • Mengikat Rambut

Menyisir dan menyikat rambut merupakan hal yang dianjurkan demi menjaga kerapihan. Setelah itu, mengikatnya juga merupakan bagian dari perawatan yang dianjurkan, apalagi jika memiliki aktivitas yang banyak gerak.

Ihwal penggunaan ikat rambut ini ada kenyamanan yang bisa didapat. Akan tetapi hal yang tak boleh dilakukan adalah mengikatnya terlalu erat. Pasalnya, karet pengikat bukan tidak mungkin  justru akan membuat rambut mengalami kerusakan dan bahkan juga patah.

  • Menggunakan Sisir dan Sikat Rambut Kotor

Sebagaimana kita tahu, hidup bersih tentu akan menghasilkan kesehatan prima dan dijauhkan dari penyakit. Begitu pula pada keadaan sisir ataupun sikat yang acap kita gunakan untuk merapikan rambut, ia harus sering dibersihkan. Karena jika tidak dibersihkan, maka minyak yang terbawa ketika merapikan rambut –baik minyak alami dari tubuh ataupun minyak dari produk-produk penghalus rambut lain– lama-kelamaan juga akan menumpuk dan menjadikan kotor sisir kita.

Jika sisir dan sikat kotor itu tetap digunakan, pada akhirnya bukan tidak mungkin iritasi menyerang kulit kepala  kita.

  • Gaya Hidup Tak Baik

Gaya hidup sedikit-banyak akan memiliki efek bagi kondisi rambut kita. Makanan, pola tidur, dan hal lainnya mampu memengaruhi kondisi rambut kita. Jika pola makan dan pola tidur bagus tentu saja akan bagus bagi kesehatan rambut kita. Begitu pula sebaliknya, ketika kekurangan waktu tidur, terjadi stres berkelanjutan, dan hal buruk lainnya, maka rambutpun akan rusak dan mudah rontok.

  • Melahirkan

Ini khusus bagi wanita. Melahirkan ternyata juga sangat berpengaruh terhadap keberadaan rambut. Memang ketika sedang dalam amsa kehamilan rambut para perempuan akan nampak segar, lebih tebal, lebih bersinar, ataupun lebih lembut. Namun hal yang harus diwaspadai adalah bahwa pasca melahirkan kenyataannya tingkat estrogen akan menurun yang pada akhirnya mampu membuat para perempuan itu kehilangan kondisi rambut cantiknya.

Demikian beberapa hal yang musti dipahami ihwal penyebab terjadinya kerusakan pada rambut sebagai mahkota kita. Hanya saja tak usah juga kita terlalu risau, karena yang terpenting adalah menjaga pola hidup. Dengan pola hidupa baik tentu saja akan membuat semuanya akan lebih mudah dikendalikan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1]  8 Kebiasaan Berikut Ini Dapat Merusak Rambut viva.co.id Diakses pada 4 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 4 Juni 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY