Mengenal Jenis-Jenis Bangun Datar

3
18645
Rumus Bangun Datar
Rumus Bangun Datar

Rumus pergitungan bangun datar menjadi salah satu fokus matematika dasar. Bangun datar adalah bagian atau bentuk bidang mendatar (rata) yang dibatasi oleh garis atau lengkung. Bidang datar tidak membentuk ruang, seperti pada bangun datar.

Dimensi yang dimiliki oleh bangun datar adalah dua dimensi. Dimensi tersebut terdiri dari lebar dan panjang. Tidak seperti bangun ruang, konsep bangun satu ini tidak memiliki luas dan tinggi. Terdapat beberapa jenis bangun datar dua dimensi seperti dijelaskan di bawah berikut ini:

Jenis Bangun Datar 

rumus untuk bangun datar
Macam-macam bangun datar

Secara umum terdapat beberapa jenis bangun datar yang dikenal luas. Meski tidak secara persis mengetahuinya, banyak orang yang sudah terlih dahulu melihat atau menyaksikan bangun ini. Beberapa jenis bangun datar yang sudah cukup dikenal, antara lain:

Definisi Persegi Panjang 

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki 4 titik dengan dua sisi saling berhadapan yang sama panjang. Bidang dua dimensi ini memiliki dua rumus perhitungan, yaitu luas dan keliling.

[Baca Juga: Rumus Persegi Panjang]

Definisi Lingkaran 

Lingkaran adalah bangun datar yang merupakan himpunan atau susunan semua titik persekitaran. Himpunan titik tersebut mengitari titik sumbu dengan jarak yang sama. Setiap tepian (titik) berjarak sama dengan sumbu. Jarak satu tepian ke tengah (setengah lingkaran) disebut dengan radius dan dilambangkan dengan r.

Segitiga

Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki 3 sisi. Terdapat 3 sudut yang terbentuk dari 3 sisi yang saling terhubung. Segitiga dikenal beberapa macam, seperti segitiga sama kaki, segitiga sama sisi dan siku.

Persegi

Persegi adalah bentuk yang terdiri dari 4 sisi yang sama panjang. Bentuk ini memiliki 4 titik yang terbentuk dari pertemuan masing-masing sisi.

Jajaran Genjang 

Jenis Bangun datar
Jajaran Genjang

Bentuk ini merupakan bentuk datar yang memiliki 4 sisi. Terdapat dua pasang sisi yang sama panjang. Namun, dua sisi bentuk ini berbentuk miring. Selain ditandai dengan dua rusuk yang sama panjang dan berhadapan, bangun ini memiliki dua pasang sudut yang sama besar dan saling berhadapan pada masing-masing pasangan. Jajaran genjang dengan 4 sisi yang sama panjang disebut dengan belahketupat.

Trapesium 

Jenis bangun datar
trapesium

Bentuk ini merupakan bagian dari bangun datar segi empat. Yang membedakan trapesium dengan bentuk segi empat lainnya adalah panjang sisi yang berbeda. Masing-masing sisi trapesium tidak sama panjang.

Belah Ketupat 

Belah Ketupat
Belah Ketupat

Definisi belah ketupat tidak berbeda dengan jajaran genjang. Pada belah ketupat, keempat sisi memiliki panjang yang sama. Inilah yang membedakannya dengan jajaran genjang. Jajaran genjang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan salingberhadapan.

Layang-layang

jenis bidang datar
layang-layang

Bentuk layang-layang memiliki satu sisi diagonal yang tegak lurus dan memotong. Seperti belah ketupat, jenis ini termasuk dalam bentuk persegi empat dengan keunikannya.

 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here