Rumus Bangun Datar Persegi Empat

5
3382
rumus persegi empat

 

Persegi empat atau yang dikenal dengan persegi saja, adalah bangun datar yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Nama lain yang cukup dikenal dari bentuk satu ini adalah bujur sangkar. Bangun datar jenis ini, identik dengan 4 sisi yang sama panjang.

[Baca Juga: Jenis-Jenis Bangun Datar]

Rumus Persegi Panjang
Persegi Panjang. d = diamater dan a = sisi.

Persegi atau bujur sangkar memiliki 4 rusuk. Selain itu, bentuk ini memiliki 4 buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku.

Rumus Persegi (bujur sangkar).

Bujur sangkar secara matematis dapat didekati dengan beberapa perhitungan, yaitu luas dan keliling. Dengan terlebih dahulu mengerti ukuran sisi, maka keliling dan luas dapat dengan mudah diketahui. Sebaliknya, dengan mengetahui keliling atau luas terlebih dahulu, maka panjang sisi juga akan mudah diketahui.

Rumus Luas Persegi

Persegi identik dengan panjang sisi yang sama. Maka rumus umum yang digunakan untuk menghitung luas adalah:

L = s² 

atau L = a²

Contoh: 

Sebuah persegi memiliki sisi sepanjang 5 cm. Maka luasnya dapat dihitung dengan model 5² = 25. Pendekatan lebih sederhana adalah dengan mengalikan sisi dengan sisi, maka perhitungannya adalah s x s = L. Pada contoh ini perhitungan menjadi 5×5=25. Luas = 25cm².

Rumus Keliling Persegi

Keliling Persegi dapat dihitung dengan rumus:

K = a.4 atau K= s.4.

Contoh:

Mengacu pada soal di atas. Diketahui bahwa rumus keliling persegi adalah K = a.4. Diketahui a= 5 cm. Maka K = 5 x 4 = 20cm.

Menghitung Panjang Sisi

Apabila keliling persegi sudah diketahui terlebih dahulu, maka dengan mudah panjang sisi dapat pula dicari. Rumus mencari panjang sisi adalah S = K/4. Dengan mengetahui keliling (K) adalah 20, maka perhitungan menjadi sebagai berikut:

S = K/4

S = 20/4 = 5.

[Baca Juga: Rumus Persegi Panjang]

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here