Rumus Segitiga: Luas dan Keliling

5
2224
Rumus segitiga
Sumber: Pixabay

Segitiga adalah salah satu bentuk dari konsep bangun datar. Selain segitiga, terdapat beberapa bentuk lain yang umum ditemukan, seperti persegi, persegi panjang, trapesium dan jajaran genjang. Segitiga adalah bentuk yang tersusun dari tiga garis yang berhubungan dan membentuk tiga sisi. Bentuk ini memiliki tiga sudut.

Macam-macam Segitiga

Segitga tidaklah tunggal. Terdapat beberapa jenis segitiga yang dikenal secara umum yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang. Ketiga jenis ini memiliki keunikan masing-masing jika diperbandingkan.

rumus segitiga
Macam Segitiga dengan Keunikan masing-masing
  • Segitiga sama kaki dikenal dengan sebutan isoceles triangle dalam bahasa Inggris. Segitiga ini terdiri dari dua sisi yang sama panjang. Dua dari tiga sudut yang dimilikinya sama besar.
  • Segitiga sama sisi. Segitiga yang dalam bahasa inggris disebut dengan equilateral triangle ini memiliki sudut yang sama pada ketiga sudut yang dimiliki yaitu seluas 60o. Setiap sisi  yang dimiliki segitiga ini memiliki panjang yang samaang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini memiliki dua sudut yang sama besar.
  • Segitiga sembarang terdiri dari 3 sisi yang satu dengan lainnya berbeda panjang. Dengan demikian, sudut yang terbentuk oleh ketiga segitiga ini juga berbeda satu dengan lainnya. Segitiga jenis ini disebut dengan scalene triangle dalam bahasa Inggris.

Rumus-rumus Segitiga

Segitiga dengan segala keunikan masing-masing memiliki rumus yang berbeda-beda. Keunikan sifat dan bentuk segitiga menjadikannya berbeda satu dengan lainnya pada model perhitungan yang diterapkan.

Rumus Segitiga Sama Sisi

Rumus dasar perhitungan luas segitiga (L) adalah ½.alas.tinggi (L =½ x alas x tinggi). Sementara, perhitungan keliling segitiga (K) dihitung dengan rumus sisi + sisi + sisi (K = s+s+s).

Contoh perhitungan Luas Segitiga

Diketahui sebuah segitiga memiliki alas 6 cm dan tinggi 7 cm. Berapakah luas dan keliling segitiga tersebut?

Jawaban:

Luas Segitiga

a = 6 cm t = 7 cm. L = ½.a.t.

L = ½ x 6 x 7

L = 21

Contoh Perhitunan Keliling Segitiga

sebuah segitiga memiliki sisi masing-masing sepanjang 3 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Diketahui s = 3 cm.

K = s + s + s

K = 3 + 3 +3

K = 9.

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here