Mengenal Jenis Aktivitas Pendakian di Alam Bebas

3
2147
pixabay.com

Rutinitas keseharian yang padat dan kegiatan monoton yang kita lakukan setiap harinya, sering membuat kita merasa jenuh. Rasa jenuh ini berdampak pada hilangnya semangat dalam melakukan sebuah pekerjaan. Pada kondisi jenuh dan kehilangan semangat, kita membutuhkan hal-hal baru untuk dilakukan. Hal yang bisa membuat kita merasa segar (fresh), bahkan hal yang bisa memacu adrenalin sehingga mampu membangkitkan semangat dalam diri kita.

Berwisata sering menjadi pilihan, namun beberapa tempat wisata massal atau mass tourism, sering kali justru tidak memberikan kenyamanan. Jalanan yang macet dan padatnya jumlah pengunjung membuat para wisatawan tidak bisa leluasa beraktivitas. Aktivitas di alam bebas atau alam liar, bisa menjadi pilihan untuk dilakukan. Bukan hanya sekedar menjadi hobi atau kegiatan dari organisasi dan komunitas pecinta alam, kegiatan di alam bebas kini banyak diminati para wisatawan yang memiliki minat khusus.

Saat ini sudah banyak biro wisata yang juga menyediakan paket khusus untuk aktivitas alam bebas. Bagi anda yang masih pemula, lebih baik menggunakan jasa biro wisata, karena aktivitas di alam bebas harus didampingi oleh pemandu atau guide untuk menjamin keselamatan. Beberapa aktivitas alam bebas juga membutuhkan peralatan khusus dengan teknik penggunaan khusus yang belum diketahui oleh banyak orang. Tapi bagi anda yang tidak ingin menggunakan jasa biro wisata, anda bisa mengajak teman atau rekan yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan aktivitas alam bebas.

Pendakian Gunung (Mountaineering )

Kegiatan pendakian gunung sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi masyarakat yang kehidupannya di sekitar bukit atau gunung. Namun bagi banyak orang yang hidup di kota dan pesisir pantai, pendakian gunung menjadi daya tarik tersendiri untuk dilakukan. Bisa menikmati pemandangan alam dan udara segar pegunungan adalah hal yang paling sering dicari ketika melakukan pendakian gunung. Aktivitas ini mampu menghadirkan suasana baru dalam kehidupan seseorang.

Bagi anda yang berminat melakukan aktivitas alam bebas pendakian gunung, informasi ini bisa menjadi pengetahuan dasar untuk anda pahami. Jenis aktivitas pendakian gunung bisa dibedakan berdasarkan jenis medan dan peralatan yang digunakan seperti berikut :

Hiking (Hill Walking)

Hiking adalah sebuah kegiatan mendaki daerah perbukitan atau menjelajah kawasan bukit yang tidak terlalu tinggi. Medan yang ditempuh cenderung landai dan tidak terlalu sulit untuk dilewati. Dalam melakukan aktivitas hiking tidak membutuhkan alat bantu khusus, hanya mengandalkan kedua kaki untuk menopang aktivitas utama berjalan kaki. Aktivitas ini biasanya dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu, seperti lokasi wisata air terjun yang banyak terdapat di daerah perbukitan, atau wisata alam lain dengan jarak yang sudah diketahui.

Scrambling

scrambling merupakan kegiatan mendaki gunung ke tempat-tempat dataran tinggi pegunungan, yang memiliki kemiringan di atas 45 derajat. Jika pada aktivitas hiking kita hanya mengandalkan kekuatan kaki, pada aktivitas scrambling tangan sangat dibutuhkan untuk membantu gerakan mendaki. Tangan digunakan untuk meraih pegangan pada batu, kayu atau pohon dan lainnya, agar lebih mudah dalam melakukan pendakian. Pada aktivitas scrambling biasanya sudah menggunakan peralatan berupa tali, karena medan yang cukup ekstrim sehingga membutuhkan alat bantu.

Climbing

Climbing merupakan aktivitas alam bebas yang membutuhkan keterampilan dan peralatan khusus. Aktivitas ini membutuhkan medan berupa tebing batu yang memiliki kemiringan di atas 80 derajat. Climbing mutlak memerlukan alat bantu khusus panjat tebing. Pengetahuan tentang tebing yang akan dipanjat dan penguasaan dalam penggunaan alat menjadi syarat utama dalam aktivitas climbing. Aktivitas ini juga membutuhkan latihan dan keterampilan khusus. Tanpa pernah melakukan latihan, aktivitas ini akan sangat sulit dilakukan.

Expedition

Expedition merupakan kegiatan pendakian yang membutuhkan ragam pengetahuan dan waktu yang lama untuk dilakukan. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisir dalam satu tim dan telah memiliki persiapan yang cukup matang. Variasi medan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mengharuskan seseorang memiliki kemampuan melakukan jenis aktivitas yang bervariasi dari hiking, scrambling dan climbing.

Aktivitas expedition juga membutuhkan perbekalan yang dipersiapkan sesuai kebutuhan medan, waktu dan jarak tempuh yang akan dilalui. Expedition biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih dan memiliki kemampuan penguasaan medan yang baik.

Dari keempat jenis aktivitas mountaineering, hiking dan scrambling adalah jenis aktivitas yang paling mudah dilakukan. Medan yang tidak terlalu sulit dan kebutuhan peralatan yang masih sederhana, memungkinkan aktivitas hiking dan scrambling bisa dilakukan secara mandiri. Pengetahuan tentang medan yang akan dilalui menjadi hal pokok yang perlu disiapkan sebelum memulai aktivitas hiking dan scrambling.

Sumber rujukan :

Gambar : ilustrasi pixabay.com diakses pada 5 juli 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Kegiatan pendakian gunung sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi masyarakat yang kehidupannya di sekitar bukit atau gunung. Namun bagi banyak orang yang hidup di kota dan pesisir pantai, pendakian gunung menjadi daya tarik tersendiri untuk dilakukan. Bisa menikmati pemandangan alam dan udara segar pegunungan adalah hal yang paling sering dicari ketika melakukan pendakian gunung380  […]

  2. […] Kegiatan pendakian gunung sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi masyarakat yang kehidupannya di sekitar bukit atau gunung. Namun bagi banyak orang yang hidup di kota dan pesisir pantai, pendakian gunung menjadi daya tarik tersendiri untuk dilakukan. Bisa menikmati pemandangan alam dan udara segar pegunungan adalah hal yang paling sering dicari ketika melakukan pendakian gunung300  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here