Apa Batu Mulia Giok Sojol itu?

4
6333
Iniah Giok Sojol Super Sebagai Batu Bertuah

BATU mulia memang ada banyak macamnya, karena dari jenis akik yang acap dijadikan sebagai cincin serta ganatungan kalung –liontin saja ada berbagai macam bentuk dan karakternya. Dari dari ragam yang banyak itu, terdapat pula jenis batu mulia yang cukup memiliki nama di tanah air, yaitu batu sojol. [Baca juga: Sikrop Papua: Batu Akik yang Memancarkan Spirit Sehingga Biasa Digunakan pada Acara Ritual]

Apa itu Batu Sojol?

Sojol merupakan salah satu nama batu yang salah satunya bisa ditemukan di wilayah pantai timur Kecamatan Sojol, Donggala, Sulawesi Tengah. Ia memiliki corak warna hijau dengan bintik merah dan kuning, namun juga memiliki guratan dengan tekstur halus.

  • Giok Sojol

Dengan alasan memiliki karakteristik yang meyerupai giok, baik tentang tekstur ataupun kepadatannya, maka banyak orang menyebut batu ini dengan istilah Giok Sojol. Ini memang terlihat salah kaprah, namun tak menjadi masalah bagi para penggemarnya, karena memang tak ada batasan dalam penamaan sebuah batu. Pasalnya tak sedikit orang yang juga memiliki kecenderungan memberikan nama batu berdasar pada asal batu tersebut.

  • Serpentin

Fakta dari giok sojol ini sejatinya merupakan batu berjenis serpentine, yaitu jenis permata yang berasal dari kelompok mineral magnesium silikat dengan warna dasar hijau yang adakalanya terdapat pula variasi warna kuning-kehijauan, coklat-kehijauan, atau bahkan hijau-keabu-abuan.     Seperti pemaparan di atas, masyarakat telah lebih banyak yang mengamini nama batu itu dengan sebutan “giok sojol,” sehingga istilah serpentin justru tak begitu dipahami.

  • Serat Bergenre

Gio Sojol masuk dalam jenis batu mulia yang memiliki transparansi bagus karena di dalamnya terdapat serat bergenre gumpalan awan, bahkan juga genre bintik-bintik kehitaman yang itu disinyalir merupaan kadar mineral logam.   Corak seperti ini jauh dari treatmen manusia, sehingga terjadinya lebih pada keadaan natural alias alami.

Sebaran Batu Sojol

Keistimewaan giok sojol yang memiliki warna hijau dan kadang juga meuncul varasi fenomena cat’s eye (mata kucing) akibat sempurnanya proses kristalisasi mineral ini tentu saja membuat harganya tak murah. Dan tentu ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi daerah asalnya. [Baca juga: Jenis dan Macam Batu Akik Khas Indonesia]

Daerah asal giok sojol ini, selain Donggala, Sulawesi Tengah, ada pula di beberapa daerah manca. Myanmar, Tiongkok, Rusia, India, dan beberapa negeri Afrika adalah tempat lain batu giok ini berasal.  Selain memiliki harga tinggi, masyarakat di sebagian daerah (negara) temuan batu sojol tersebut juga meyakini bahwa jenis batu giok sojol ini memiliki khasiat dan tuah.

  • Batu Bertuah

Jika sebagian masyaraat Sojol meyakini bahwa giok sojol memiliki energi dengan khasiat tolak-balak dan juga pengobatan, maka beberapa biksu dan masyarakat Myanmar dan India juga menggunakan giok sojol ini sebagai sarana bermeditasi, dengan alasan sang batu memiliki aura menenangkan.

  • Penawar Bisa

Bukan itu saja, sebagian masyarakat India memanfaatkan batu sojol guna menangkal dan menawar racun pada luka gigitan ular.    Mungkin jika dinalar secara ilmiah, hal ini bisa terjadi lantaran kandungan mineral yang ada di giok sojol itu memang istimewa. Akan tetapi bagi yang memiliki pemikiran mistik hal itu tak akan bisa diterima.

Terlepas dari itu semua, kenyataannya ada pula yang memanfaatkan giok sojol ini sebagai pelancar bisnis, jimat perkasaan, pemulih sakit usai melahirkan, dan masih banyak lagi. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Giok Sojol, Energi dan Keperkasaan, Koran Cetak Minggu Pagi 5 Juli 2015. Diakses pada 14 Juli 2015.
[2] Gambar ilustrasi, permatasulawesi.wordpress.com. Diakses pada 14 Juli 2015.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here