Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk di Seputar Kita

11
2584

NYAMUK menjadi hewan yang cukup mengganggu dalam kehidupan kita seha-hari, khususnya tatkala kita merebahkan badan dan lalu hendak tidur. Keberadaan nyamuk yang acap ber-sliweran di samping telinga kiri dan kanan kita tak ayal juga membuat jengkel.

Mungkin jika hanya sekali dan atau hanya satu nyamuk saja kita masih mampu mengatasinya, akan tetapi tak begitu mudah apabila keberadaan nyamuk itu seolah tiada habisnya. Selalu dan selalu mengganggu, ditambah akan banyak penyakit mendera setelah kita terkena gigitannya. [Baca juga: Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Malaria]

Air Menggenang

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa terdapatnya nyamuk tak lain karena di seputar tempat tersebut ada banyak genangan air, sehingga telur nyamuk yang dihasilkan dari nyamuk dewasa dan kemudian menjadi jentik, setelah menetas akan mudah berkembang-biak.    Oleh karenanya sanat disarankan meminimalisir genangan air di seputar kita, atau kalaupun harus ada air menggenang, di bak mandi misalnya, maka disarankan untuk rajin dan rutin mengurasnya.

Genangan air tersebut tak akan bisa kita hindari tatkala musim kemarau telah tiba. Pasalnya ada banyak saluran air yang pada akhirnya tak dialiri air kembali karena pasokan dari hulu sudah tak mencukupi. Sedangkan pengurasan air, tak akan bisa kita lakukan pada genangan air yang ada di seputar kita, di kebun misalnya.

Mencegah Nyamuk Berkembangbiak

Guna mengatasi terjadinya perkembang-biakan nyamuk di speutar kita, ada banyak hal bisa dilakukan. Selain rutin menguras beberapa tempat yang memungkinkan terjadinya genangan, ada pula saran untuk menebarkan satu ramuan pembunuh jentik-jentik nyamuk pada genangan tersebut. Tujuannya tak lain demi mencegah eek sakit yang ditimbulkannya. [Baca juga: Mengenal Demam Berdarah Dengue (DBD) Lebih Dekat]

Ada banyak jenis pestisida pembasmi jentik nyamuk yang diperjualbelikan secara bebas, atau bisa pula didapatkan secara cuma-cuma dari dinas kesehatan. Yang pasti pestisida-pestisida tersebut memiliki cara kerja serupa, yaitu sebagai pengendali faktor timbulnya penyakit pada manusia, salah satunya dengan mengendalikan larva nyamuk jenis aedes aegypti.

Tanaman Pencegah Nyamuk

Cara lain yang bisa ditempuh adalah juga dengan merawat beberapa jenis tanaman tertentu, dimana tanaman tersebut memiliki pengaruh agar nyamuk menjauh darinya.    Berikut ini adalah bberapa jenis tanaman yang bisa kita rawat demi mengusir dan meminimalisir keberadaan nyamuk;

  • Lavender

Sebagaimana kita ketahui, ada jenis minyak yang selain memiliki aroma harum juga mempunyai fungsi mengusir nyamuk. Ialah minyak lavender. Maka, jenis tanaman lavender selain menyegarkan mata dan juga mengharumkan aroma –ketika bunganya sedang mekar– adalah juga bisa dimanfaatkan guna mengusir nyamuk di seputar kita.

  • Basil

Basil menjadi tanaman yang banyak dirawat orang, pasalnya selain efektif guna mengusir nyamuk, jenis tanaman ini juga bisa dirawat dengan meletakkannya di beranda, di ruang tamu, bahkan juga di seputar jendela rumah kita. [Baca juga: Syarat Tumbuh Tanaman Hias dalam Ruangan]

  • Rosemary

Rosemary  menjadi satu jenis tanaman yang bisa dipasangkan dengan tanaman herbal lain yang kemudian bisa dikombinasikan guna membuat cream obat penyakit kulit. Namun, selain itu rosmery juga sangat tepat jika ditanam dengan tujuan untuk mengusir nyamuk.

  • Marigold

Marigold merupakan tanaman yang indah dipandang mata. Dan di balik keindahannya itu marigold juga memiliki kadar pyrethrum yang merupakan cairan kimia biasa dimanfaatkan sebagai penolak serangga. [Baca juga: Ragam Tanaman Hias Ruangan Rumah]

  • Lemon Balm

Dengan mengambil beberapa daun segar dari tanaman lemon balm, dan kemudian dihancurkan hanya menggunakan telapak tangan, lalu menggosokkannya pada kulit. Maka nyamuk berkemungkinan menjauh dari tubuh kita.

  • Catnip

Beberapa ahli ada yang memaparkan bahwa jenis tanaman catnip memiliki kempuhan 10 kali lipat dalam hal menolak nyamuk apabila kita bandingkan dengan semprotan biasa.

  • Peppermint

Peppermint memiliki aroma (mint) yang tak bisa diragukan lagi. Oleh karenanya aroma mint ini juga acap digunakan sebagai bahan tambahan bumbu dapur ataupun tambahan membat minuman berbahan rempah. Namun tidak hanya itu, karena di balik aroma hebatnya itu, ia juga memiliki khasiat dalam hal mengusir nyamuk di seputar kita.

  • Lemon Thyme

Sebagaimana marigold, tanaman lemon thyme yang memiliki aroma sitrus ini memiliki kemampuan dalam hal mengusir serangga, termasuk nyamuk. Dan hebatnya, tak semua jenis serangga merasa terusir, karena justru serangga jenis lebah adalah sosok yang malah senang dengannya.

  • Floss Silk

Bunga yang muncul dari jenis tanaman bernama Floss Silk ini memang boleh dikatakan menjijikkan. Hanya saja, meski menjijikkan justru darinya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Pertama adalah justru banyak produsen obat nyamuk acap memanfaatkan aroma menjijikkan tersebut. Kedua, aroma jijik tak lantas membuat penampakan tanaman ini buruk, karena justru pemandangan indah bisa didapatkan darinya.

  • Citronela

Citronela bisa dimanfaatkan dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu menggunakan menggunakan pisau. Setelah itu bisa langsung ditempelkan pada kulit.

  • Geranium

Geranium menjadi tanaman yang sangat mungkin untuk dipilih. Karena selain mudah dalam hal merawatnya, ia juga merupakan tanaman yang indah dipandang. Selain itu ia bisa pula dimanfaatkan guna mengusir dan menghilangkan nyamuk di seputar kita.

  • Pennyroyal

Bagi para wanita, pennyroyal bisa dimanfaatkan sebagai obat untukmeredam kram akibat datanng bulan. Caranya misalnya dengan menambahkannya pada air panas bakal minuman teh.     Selain itu, bunga dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kebun dari kutu dan serangga lain.

Demikian beberapa jenis tanaman yang bisa kita rawat demi meminimalisir keberadaan nyamuk di seputar kita. Dan untuk mendapatkan jenis-jenis tanaman tersebut tentu dibutuhkan upaya lebih lanjut, semoga masih tersisa waktu untuk kita mencari dan lalu merawatnya. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Usir Nyamuk dengan 12 Jenis Tanaman Ini, kompas.com, Diakses pada 23 Juli 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com, Diakses pada 23 Juli 2015

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here