Cara Transfer Menggunakan Internet Banking dari BRI ke Bank Berbeda

2
3150
Cara Transfer Internet Banking BRI - Referensi

TRANSAKSI keuangan sejatinya merupakan hal yang telah biasa dilakukan manusia, utamanya sejak uang menjadi alat tukar menggantikan sistem barter yang telah berlaku pada masa sebelumnya.

Seiring waktu, peradaban pun berubah semakin maju, dan teknologi juga semakin berkembang ke arah yang lebih mutakhir. Dampaknya ada banyak sistem yang diaplikasikan ke dalam teknologi itu, tujuannnya tak lain adalah demi memperoleh kemudahan. Hanya saja, bagi sebagian orang kemajuan tersebut masih menjadi tantangan yang tak mudah untuk ditakhlukkan. Sebagai contoh adalah dalam hal mengadakan transaksi keuangan.

ATM – Automatic Teller Machine

Perkembangan sistem transaksi keuangan pada akhir milenium kedua ditandai dengan hadirnya satu mesin bernama ATM, yang sejatinya merupakan singkatan dari Automatic Teller Machine, dan kemudian juga dicarikan padanan kata kepanjangannya dalam bahasa Indonesia; Anjungan Tunai Mandiri.

Dengan mesin ATM kita bisa mengadakan transaksi sesuai keinginan dan fasilitas yang disediakan. Sehingga kita bisa mendapatkan kemudahan, karena bisa melakukannya kapan saja, di mana saja, dan tak harus selalu berurusan dengan customer servicer. Contohnya adalah penarikan tunai, pembindahbukuan alias transfer, bahkan juga pembayaran ataupun pembelian. [Baca juga: Inilah Cara Bayar Speedy Lewat Klik BCA]

Internet Banking

Waktu berkembang, teknologi juga semakin maju. Begitu pun yang terjadi dengan transaski keuangan. Selain kemampuan dalam pelayanan SMS Banking, yaitu transaski dengan memanfaatkan pesan singkat di hand phone, ada pula pelayanan bernama Internet Banking. Ialah segala transaksi yang bisa dilakukan melaui jaringan internet, yang biasanya disediakan oleh pihak Bank.       Oleh karenanya dalam mengusahakan segala pelayanan terbaiknya, hampir semua Bank saat ini juga menyediakan fasilitas Internet Banking. [Baca juga: Inilah Cara Membayar Speedy Menggunakan Internet Banking Mandiri]

Cara Transfer dari BRI

Sehubungan dengan layanan internet banking tersebut, berikut adalah satu contoh langkah pengoperasian dalam bertransaksi pindah buku (transfer) yang disediakan oleh BRI alias Bank Rakyat Indonesia.

  • ib.bri.co.id

Contoh yang akan kami paparkan di bawah ini adalah transfer internet banking dari BRI menuju bank berbeda, yaitu BCA.

Pertama-tama, silakan menuju link URL https://ib.bri.co.id dan lalu login sesuai pemberian akun awal dari pihak CS pada saat Anda melakukan pendaftaran. Oh ya, bagi Anda yang belum memiliki akun Internet Banking, silakan datang di kantor BRI terdekat, dan hubungi petugas untuk membuatkan akun. Nanti akan dipandu, termasuk dalam hal mendapatkan tanda rahasia berujud Token.

  • Navigasi Transfer

Setelah login dengan akun Anda, silakan pilih navigasi yang tersedia. Dalam hal ini adalah hendak memindah-bukukan, maka navigasi yang dipilih adalah ‘transfer.’ Setelah itu, pilih tujuannya. Apakah ke sesama BRI, ataukah ke Bank lainnya (antar Bank).

Cara Transfer Internet Banking BRI
Cara Transfer Internet Banking BRI
  • Isi Data

Setelah melakukan langkah sebelumnya, maka akan terlihat beberapa kolom wajib diisi. Silakan isi data sesuai yang Anda kehendaki, termasuk daftar bank berbeda lainnya yang musti dipilih.

  • Referensi

Nah, yang paling membuat bingung pada proses transfer di Internet Banking BRI ini mungkin adalah pengisian nomor Referensi. Apa yang harus diisikan pada kolom referensi itu?

Tak usah risau dan bingung. Karena nomor apa saja bisa Anda isikan dalam kolom referensi tersebut. Namun yang paling disarankan adalah mengisi sebuah nomor yang ada hubungannya dengan data transaksi. Sebagai contoh, ketika mengadakan transfer sehubungan pembayaran tagihan, maka akan lebih bagi mengisi nomor resi, nomor faktur, ataupun nomor invoice yang ada di sana.

Pengisian Nomor Referensi saat Transfer Internet Banking di BRI
Pengisian Nomor Referensi saat Transfer Internet Banking di BRI
  • Kirim & Tutup

Setelah yakin dengan transakis keuangan yang dilakukan, silakan tekan tombol send alias ‘kirim’ di bagian bawah. Maka tampilan yang akan muncul selanjutnya tak lain adalah data transaksi yang telah dilakukan. Periksa, atau kalau memang perlu sebagai bukti pembayaran, silakan lakukan pencetakan (print screen), kemudian tutup. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Disarikan berdasar pengalaman penulis, diakses pada tanggal 16 Juli 2015
[2] Gambar ilustrasi adalah hasil print screen saat transaksi, diakses pada tanggal 16 Juli 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here