Cara Mengetahui Apakah Akun Facebook Diretas

0
1378
menjaga privasi di Facebook
ilustrasi: pixabay.com

Pernahkah anda memeriksa apakah akun Facebook anda sudah dimasuki oleh orang lain tanpa anda ketahui? Ada baiknya secara berkala anda memeriksa catatan atau rekam penggunaan akun anda (log). Dengan memeriksa catatan tersebut, anda dapat mengetahui jika terdapat aktivitas penggunaan akun yang tidak Anda lakukan.

Privasi dan keamanan menjadi salah satu isu penting dalam penggunaan media sosial, termasuk Facebook dan Twitter yang menjadi media sosial paling populer. Menjaga privasi, sekaligus menjaga keamanan anda sendiri. Jangan sembrono mengumumkan alamat email dan nomor telepon anda melalui media sosial.

[Baca Juga: Beberapa hal yang tanpa disadari membcorokan informasi pribadi]

Beberapa kasus peretasan terjadi akibat pemilik akun tidak banyak memperhatikan keamanan dan mengontrol berkala akses ke media sosial. Pada kasus yang fatal, akun media sosial digunakan untuk menipu orang lain yang terhubung sebagai teman.

Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah akun anda digunakan oleh orang lain adalah dengan melihat riwayat penggunaan. Anda dapat masuk ke menu pengaturan (settings), lalu keamanan (security). 

Pengaturan keamanan akun Facebook
Pengaturan keamanan akun Facebook

Periksalah menu “tempat anda masuk” untuk memeriksa di mana saja anda telah masuk ke dalam akun tersebut. Facebook akan menampilkan data lokasi perkiraan anda masuk, software yang digunakan dan waktu. Dengan melihat data tersebut anda sudah bisa memperkirakan apakah akun Anda sudah diretas (dihack) atau tidak.

Sebagai tindakan pencegahan, anda dapat mengaktifkan layanan peringatan masuk. Layanan ini akan memberikan notifikasi kepada anda ketika ada upaya masuk dari akun atau lokasi yang tidak biasa.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here