Inilah Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar

11
956
jenis penyakit kanker, kanker paling mematikan
Ilustrasi Sel Bakteri [pixabay.com]

KANKER Usus besar dan rektum merupakan tipe kanker sistem gastrointestinal yang paling banyak. Kanker ini merupakan proses penyakit mulitfaktorial dengan etiologi atau penyebab faktor genetik, paparan lingkungan (termasuk makanan), dan kondisi peradangan pada saluran pencernaan [1]. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan-Makanan Pencegah Radang Tulang Sendi]

Kanker usus besar dan rektum yang selanjutnya disebut kanker kolorektal menduduki peringkat ketiga penyebab kanker pada pria dan keempat pada wanita di Amerika Serikat [2]. Rektum adalah bagian dari usus besar sebelum anus. Biasanya rektum ini kosong, dan apabila ada feses atau tinja yang masuk ke dalam rektum maka akan timbul keinginan untuk buang air besar. [Baca juga: Adakah Keterkaitan Antara Kanker Payudara Dengan Pemakaian Bra?]

Penyebab Kanker Kolorektal

Walaupun banyak informasi genetika kanker kolorektal yang masih belum diketahui, penelitian terbaru mengindikasikan bahwa faktor genetik memiliki korelasi yang paling besar untuk menyebabkan kanker kolorektal. Mutasi keturunan dari gen APC adalah penyebab penyakit poliposis adenomatosa familial, yang mempengaruhi individu membawa resiko hampir 100% untuk terkena kanker usus besar pada usia 40 tahun [3].

Faktor makanan adalah subjek yang masih dalam investigasi ketat. Studi epidemiologi menengarai adanya peningkatan risiko kanker kolorektal dengan diet berlebih daging merah dan lemak hewani, diet rendah serat, dan diet rendah buah serta sayur. Ada suatu penelitian yang menemukan bahwa diet tinggi serat dihubungkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Serat sereal dan biji-bijian juga ditemukan efektif menurunkan risiko kanker tersebut. Begitu juga dengan yogurt [3].

Penyakit radang usus seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn juga memiliki peningkatan risiko untuk berkembangnya kanker kolorektal (adenokarsinoma kolorektal). Risiko untuk berkembangnya keganasan kolorektal meningkat seiring dengan durasi penyakit radang usus dan seberapa besar bagian usus yang terkena [3].

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Tanda dan gejala kanker usus besar tidak spesifik. Tanda dan gejala dapat terjadi karena kondisi yang berbeda. Ketika kanker usus besar terdeteksi pada tahap awal, masih belum menunjukkan gejala. Gejala juga bervariasi sesuai lokasi spesifik dalam usus besar tempat tumor berada.

Tanda dan Gejala Kanker Kolon

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala kanker kolon:

  • Perdarahan rektum atau terdapat darah pada tinja
  • Tinja berwarna gelap
  • Perubahan kebiasaan buang air besar
  • Perubahan konsistensi tinja
  • Konstipasi
  • Diare
Gejala Kanker Usus Besar

Ketidak nyamanan pada perut atau nyeri perut, kram, atau kembung bisa terjadi pada beberapa orang. Gejala tidak spesifik pada kanker usus besar dapat meliputi:

  1. Berat badan turun
  2. Kelelahan
  3. Kelemahan
  4. Sesak nafas

Sumber Rujukan:
[1] Overview, emedicine.medscape.com Diakses pada 15 Juli 2015
[2] Fact, medicinenet.com Diakses pada 15 Juli 2015
[3] Etiologi, emedicine.medscape.com Diakses pada 15 Juli 2015
[4] Gejala, medicinenet.com Diakses pada 15 Juli 2015
[5] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 15 Juli 2015

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY