Inilah Beberapa Alat Kontrasepsi Yang Dipasang Oleh Para Wanita Masa Lampau

0
1831
Asal-Usul Kontrasepsi Kondom adalah dari Usus Babi
Asal-Usul Kondom adalah dari Usus Babi

MENGATUR keberadaan anak menjadi hal yang lazim dilakukan oleh pasangan suami-istri dengan tujuan mendapatkan kondisi keluarga sesuai yang dikehendaki. Oleh karenanya segala cara ditempuh, baik dengan memasang alat kontrasepsi ataupun mengamati tanggal dalam hal berhubungan badan.

Mengenai pemasangan alat kontrasepsi ini, dengan berbagai alasan dan prinsip masing-masing, ada sebagian orang enggan melakukannya. Namun terlepas dari itu, tahukah Anda bahwa penggunaan alat kontrasepsi ini sesungguhnya telah sejak dari zaman dahulu diterapkan. Hal itu sebagaimana bisa dilihat dalam satu video yang silansir oleh Engender Health, satu organisasi nirlaba pada bidang kesehatan wanita.

Sejak 3051 Sebelum Masehi

Engender Health mengunggah satu video di situs You Tube dengan isi cerita mengenai sejarah  dari alat kontrasepsi yang sejatinya telah ada sejak 3051 SM. Di dalam video tersebut kita bisa menyimak tentang berbagai macam penerapan kontrasepsi yang sudah dilaksanakan sejak dahulu kala. [Baca juga: YouTube Newswire: Video Jurnalisme Warga Yang Dikembangkan Google]

  • Kotoran Buaya

Kotoran buaya atau testis binatang sebagai pencegah kehamilan adalah material yang digunakan oleh para wanita pada era Mesir kuno.   Perpaduan antara kotoran buaya dan juga madu dipercaya para wnaita pada saat itu sebagai alat kontrasepsi yang berkhasiat, karena mereka masih meyakini bahwa dua komposisi itu memiliki kandungan spermisida, yaitu zat kimia sebagai pembuat sperma tak berdaya. [Baca juga: Bagaimana Agar Produktivitas Sperma Tinggi Dan Berkualitas Baik?]

Penerapannya adalah memasukkan campuran tersebut ke dalam vagina yang dilakukan jelang berhubungan badan.

  • Mengikat Testis Berang-Berang Pada Kaki

Hal unik dan aneh guna mencegah kehamilan saat itu juga dilakukan sebagian wanita lainnya, yaitu dengan mengikatkan testing berang-berang pada sisi bagian paha kakinya. Namun cara ini ternyata tak menghasilkan apa-apa.

  • Konsumsi Air Timah

Masih pada pokok-bahasan alat kontrasepsi pada zaman dulu, hal aneh dan unik namun memiliki risiko emmbahayakan ditempuh oleh para wanita di negeri Yunani kuno. Yaitu dengan cara mengonsumsi minuman berujud air limbah pandai besi yang memiliki kadar timah.

Hal ini dikatakan berbahaya karena tak bisa dipungkiri bahwa berbagai macam kadar di dalam timah mampu meracuni tubuh kita.

Kontrasepsi Kondom

Kondom sebagai alat kontrasepsi yang mudah kita jumpai saat ini adalah sebuah penemuan yang telah ada sejak tahun 1800-an. Penemuan kondom ini awalnya adalah dari para wanita Eropa yang memasukkan semacam tudung jari logam ke dalam vaginanya dengan tujuan untuk menghambat sperma masuk.

Mengacu pada teori tersebut, maka ratusan tahun berikutnya dipakailah sejenis kondom yang terbuat dari usus babi.

Begitulah beberapa metode yang diterapkan orang-orang masa lampau dalam hal penggunaan alat kontrasepsi. Satu yang pernah juga diterapkan pada masa-masa tahun 1960-an adalah konsumsi minuman soda. Air yang mengandung soda digunakan oleh para wnaita untuk membilas vagina selepas berhubungan badan, tak lain agar sperma yang ada di sana bisa sirna. Namun kenyataannya cara ini sama sekali tak efektif, bahkan cenderung sia-sia. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] “Ewww.” So, WTFP?! Where’s The Family Planning?! wheresthefp.org Diakses pada 3 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi, Capturiung from Video You Tube. Diakses pada 3 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here