Cara Menghapus Backlink dari Website tidak Berkualitas ke Website Anda

2
2485
Optimasi SEO
Ilustrasi: Pixabay.com

Pada artikel saya yang lalu, saya menjelaskan tentang bagaimana SERP dan SEO dapat rusak akibat backlink yang tidak berkualitas. Backlink tersebut dapat diperoleh secara sengaja atau tidak disengaja. Perolehan backlink yang disengaja contohnya adalah dengan memasukkan daftar link ke social Bookmark yang tidak berkualitas. Hal terburuk dari hal ini adalah anda tidak bisa membuang atau menghilangkan backlink tersebut akibat tidak adanya fasilitas di web social bookmark tersebut.

[Baca: Social Bookmark Sang Pembunuh SEO Website]

Backlink, Penyebab Jatuhnya SEO dan SERP

Saya menyebut hal tersebut sebagai tragedi SEO dan SERP. Website yang dibangun dengan kerja keras bisa saja tidak memiliki daya akibat terindikasi berhubungan dengan website yang memiliki reputasi buruk. Reputasi buruk bisa saja disebabkan oleh website tersebut memiliki konten yang dilarang google, atau memang website sumber backlink berisi konten yang berkualitas rendah.

Mendapatkan backlink buruk secara tidak disengaja juga mungkin terjadi. Hal ini bisa saja terjadi saat website anda dikutip oleh website lain yang berkualitas rendah. Tragedi SERP dan SEO bisa saja kembali terjadi.

[Baca Juga: Apa itu SEO dan SERP]

Cara Menghapus Backlink

Menghapus Secara Manual Backlink yang tidak berkualitas

Menghapus backlink dari website yang tidak berkualitas bisa saja dilakukan secara manual. Terdapat dua cara yang bagi saya sama-sama tidak mudah. Meski tidak mudah, tidak ada salahnya anda mencobanya. Berikut ini dua cara manual yang anda bisa lakukan:

Meminta Kepada Pengelola Website Sumber Backlink

Cara Pertama adalah dengan mengirimkan email atau surat elektronik kepada pengelola website sumber backlink agar menghapus backlink menunju website Anda. Cara ini sangat tergantung pada kemurahan hati dan keleluasaan pemilik website tersebut. Cara ini bisa saja efektif, namun sangat tergantung pada pengelola.

Menghapus Konten

Cara ini memang cukup berat untuk dilakukan oleh setiap blogger atau pengelola website. Bagaimana pun, menulis atau membuat konten bukanlah hal yang mudah. Namun, jika tidak ingin kehilangan konten, anda bisa menghapus posting lama dan menempatkan tulisannya sebagai posting yang baru. Cara ini memang relatif memakan waktu apabila dilakukan untuk jumlah artikel yang cukup banyak. Jika memang terlalu sulit, sila diabaikan.

Meminta Google Menghapus Backlink

Belakangan ini saya mencoba meneliti apakah ada cara lain yang lebih mudah dibandingkan dengan cara manual di atas untuk menyelesaikan persoalan backlink tidak berkualitas. Ternyata, Google menjadi salah satu solusi. Saya tidak mengetahui apakah Yahoo dan Bing memiliki metode serupa menyelesaikan masalah ini. Tapi setidaknya masalah ini dapat diselesaikan pada mesin pencari Google yang bagi saya masih paling utama.

Pertama, backlink pastinya cukup diperhatikan oleh Google. Algoritma Page Rank adalah bukti bahwa backlink dinilai sebagai salah satu faktor penentu baik buruknya SEO sebuah website.

Kedua, webmaster Google mengindeks dengan cukup baik pelbagai backlink menuju website. Hal ini dapat dideteksi apabila kita mendaftakan website ke Google Webmaster. Fasilitas menghapus backlink tidak berkualitas pun ternyata sudah disediakan oleh Google melalui webmasternya.

Cara Menghapus Backlink Buruk Melalui Webmaster Google

Cara ini memang tidak akan menghilangkan link yang terpapar pada website pengutip. Namun cara ini setidaknya memperjelas bahwa pemilik sebuah website tidak menginginkan adanya backlink dari sebuah website lain. Google diminta untuk tidak mencatat backlink tersebut dan juga tidak mengakuinya. Apabila disetujui, maka anda akan merasa sedikit lega mengingat google tidak akan lagi mengindeks backlink dari website yang anda tidang inginkan ke website anda.

Mendaftarkan Ke Google Webmaster

Mengingat fasilitas ini adalah fasilitas Google Webmaster, maka mau atau tidak, anda harus mendaftarkan website anda pada fasilitas Google ini. Caranya tidak sulit, anda hanya akan diminta memverifikasi beberapa hal dengan beberapa metode yang tidak sulit pula. Anda bisa mendaftarkan sitemap.xml atau feed website anda sehingga google akan lebih mudah mengindeks konten pada website anda.

Memeriksa BackLink pada Website Anda

Backlink diindeks dengan cukup baik oleh Google. Anda dapat memeriksanya melalui webmaster. Namun, apabila anda pendaftar baru, butuh beberapa waktu agar Google selesai mengindeks konten dan sumber backlink.

Meminta Menghapus Backlink dari indeks Google Webmaster

Setelah memeriksa backlink, anda dapat melihat manakah website yang tidak anda inginkan sebagai sumber backlink. Pada artikel terkait dengan social bookmark saya menjelaskan apa yang dimaksud dengan backlink yang baik. Perhatikan gambar berikut ini yang menggambarkan backlink menuju Ensiklopedia Populer.

Menghapus backlink ke blog 2
Daftar Backlink yang tercatat pada laman Google Webmaster. Bagian hitam adalah website yang akan saya hapus dari dalam daftar backlink.

Pada konteks umum, apabila ada sumber backlink yang dianggap mengganggu anda bisa melakukan penyangkalan. Google akan menghapus backlink tersebut dari daftar google apabila pemilik domain atau website meminta. Hal ini hanya bisa dilakukan melalui webmaster dan untuk domain/website yang terdaftar di webmaster. Laman penyangkalan ada di link ini.

Setelah Anda Mengklik laman tersebut, anda akan menyaksikan laman berikut ini:

menghapus backlink tidak berkualitas
Cuplikan laman penyangkalan tautan balik google

Klik menu menolak tautan, dan anda akan melihat laman berikut ini:

menghapus backlink dari website lain 1
Laman peyangkalan tautan balik Google. Di laman ini anda dapat mengunggah daftar backlink yang buruk.

Anda perlu menyiakan file yang berisi daftar tautan dari website yang anda inginkan. Google menetapkan standar file yang harus anda unggah pada laman ini. File harus berupa  .txt dan perlu dienkode dengan ASCII 7-bit atau UTF-8. Gunakan editor teks untuk membuat berkas ini, seperti notepad.

Struktur file Permintaan Penghapusan Backlink 

File yang diunggah melalui laman ini memiliki struktur yang sudah ditentukan. Strukturnya adalah sebagai berikut:

# ensiklo.com removed most links, but missed these
http://contoh.com/stuff/comments.html
http://contoh.com/stuff/paid-links.html
# Contacted owner of shadyseo.com on 7/1/2012 to
# ask for link removal but got no response
domain:contoh.com

Rinciannya adalah sebagai berikut:

# ensiklo.com removed most links, but missed these
~> pernyataan ini menunjukkan bahwa admin ensiklo.com sudah berusaha untuk membuang backlink tapi gagal

http://contoh.com/stuff/comments.html
http://contoh.com/stuff/paid-links.html
~> Daftar link yang kita minta buang
# Contacted owner of shadyseo.com on 7/1/2012 to
# ask for link removal but got no response
~> Pernyataan bahwa administrator ensiklo.com sudah meminta kepada administrator web tersebut untuk menghilangkan backlink tapi tidak mendapat respon.
domain:contoh.com
~> apabila anda memasukkan nama domain ini, maka semua dan selamanya backlink dari website ini yang menuju website anda tidak akan dianggap oleh google.

Unggahlah file tersebut melalui laman yang digambarkan di atas. Namun, anda harus menunggu respon dari google setidaknya seminggu. Anda perlu sedikit bersabar. Jika berhasil, Google akan memberitahukan anda melalui pesan di webmaster Anda. Pesan yang akan anda terima adalah sebagai berikut:

menghapus backlink ke blog
Pemberitahuan dari Google bahwa permintaan anda menghapus backlink sudah dipenuhi.

Berita ini tentu menjadi berita baik. Sejauh pengalaman saya, domain yang sudah kita daftarkan melalui metode ini tidak akan lagi muncul dalam daftar backlink. Setidaknya, satu cara sudah dilakukan untuk menghilangkan baclink dari website yang tidak kita inginkan.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here