Bagaimana Memeriksa Backlink Ke Website Anda?

0
2205
mengetahui backlink
ilustrasi: pixabay.com

Dua artikel saya sebelumnya bercerita tentang baclink yang mencelakakan website atau blog Anda. Artikel pertama bercerita tentang social bookmark yang tidak berkualitas, dan yang kedua bercerita tentang menghapus backlink dari daftar pada google webmaster. Artikel ini mencoba mengajak pengelola website atau pemilik blog untuk memeriksa daftar backlink yang dimiliki oleh websitenya. Terdapat beragam alat untuk mengetahui hal ini, namun saya akan membatasinya pada beberapa alat online yang menurut ukuran saya terpercaya.

Apakah Backlink?

Definisi backlink sudah dilulas terprinci pada artikel ensiklo sebelumnya [Baca: Membuat Backlink berkualitas untuk Website]. Secara umum, backlink adalah tautan dari website lain menunju website anda. Tautan ini baik dirahkan ke domain secara umum maupun ke artikel tertentu dalam website Anda. Backlink pada posisi tertentu berfungsi menegaskan keberadaan website dan kata kunci tertentu pada sebuah website.

Mengapa backlink penting?

Backlink diakui menjadi aspek penting oleh mesin pencari. Google memberikan perhatian lebih pada aspek ini. Logika dasarnya, semakin banyak link menunju sebuah website menunjukkan seberapa penting nilai website tersebut. Algortime page rank yang dikembangkan oleh Larry Page ini mencoba menilai sebuah website dari rekognisi yang diukur melalui jumlah backlink menunju website tersebut. Namun, kini pagerank bukan satu-satunya penentu apakah SERP dan SEO sebuah website berjalan dengan baik, terutama pada Google.

Backlink selain itu juga bisa mendatangkan pengunjung. Saat mengunjungi website lain yang memuat link menuju website atau blog anda, maka ada kemungkinan pengunjung akan meneruskan kunjungan ke website anda melalui link tersebut.

Namun, kualitas linklah yang nantinya akan menentukan. Praktik ini tampak sekali dari pengelolaan beberapa media nasional, seperti kompas. Kompas yang sudah populer memuat beberapa artikel dari website anak perusahaannya, seperti juara.net, kompasiana dan nextrend.

Memeriksa Backlink menggunakan Alexa

Mengetahui jumlah backlink menuju website Anda dapat dilakukan melalui alexa. Alexa adalah mesin statistik yang dikembangkan oleh Amazon. Mesin ini dapat digunakan untuk melakukan analisa sederhana tentang statistik sebuah website. Menggunakan robot tertentu, alexa mengindeks setiap website yang ada di dunia. Alexa juga memiliki ranking yang cukup terkenal, yaitu alexa rank.

[Baca Juga: Membunuh SEO dan SERP Website dengan Social Bookmark]

Penggunaan alat ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan layanan bebas alexa di laman utama. Alexa menyediakan toolbar yang dapat digunakan untuk memeriksa website. Namun, jika anda menginginkan perayapan yang maksimal pada website anda oleh alexa, maka daftarkanlah website anda pada layanan alexa.

Keterbatasan alexa adalah minimnya informasi link yang disediakan untuk versi yang gratis. Namun, metode ini cukup efektif untuk memantau website secara harian dan berkala. Di lain sisi, akurasi alat ini saya rasa masih jauh dibandikan dengan performa mesin analitic, seperti Google.

mengecek backlink
Daftar Backlik pada alexa.

Memeriksa Backlink Melalui Google Webmaster

Hingga saat ini saya masih menganggap bahwa webmaster Google menjadi alat palung terkemuka untuk memeriksa backlink. Kebutuhan google sebagai mesin pencari menyebabkan google bisa secara terperinci menemukenali link antar website yang saling terhubung. Dengan kerincian inilah Google kemudian menjadikan backlink sebagai variabel beberapa algoritma yang dikembangkannya, seperti Google Panda dan Page Rank.

megetahui backlink
daftar backlink yang tercatat pada google

Daftar backlink dapat diperiksa melalui google webmaster. Untuk mengetahui seberapa banyak backlink yang website anda miliki melalui alat kerja ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan domain anda pada Google Webmaster. Pendaftaran dilakukan dengan mudah dengan beberapa verifikasi kepemilikan domain yang mudah pula.

Pada laman google webmaster akan terdapat menu yang menunjukkan seberapa banyak link yang website miliki. Daftar ini dilengkapi pula dengan daftar URL yang merujuk ke website anda. Dengan demikian, anda dapat mengetahui apakah website anda ditautkan oleh website tertentu. Dengan memeriksa daftar ini, anda dapat memilih link mana sajakah yang berkualitas baik dan buruk. Ilustrasi gambar di atas menunjukkan daftar backlink ke ensiklo.com. Beberapa backlink telah diajukan kepada google untuk dihapus dengan mempertimbangkan kualitas web perujuk. Salah satu kelebihan yang diperoleh dari penggunaan webmaster ini adalah layanan penyangkalan atau penghapusan link yang diindeks oleh Google. Cara penghapusan telah dituliskan dalam artikel saya sebelumnya.

[Baca Juga: Menghapus Backlink ke website anda]

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here