Inilah Beberapa Bagian Rumah Yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri

0
1633
Beberapa Bagian Kamar Dalam Rumah yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri
Inilah Beberapa Bagian Kamar Dalam Rumah yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri

RUMAH merupakan tempat kita tingggal dan berteduh. Oleh karenanya agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan di dalamnya, ada hal yang harus kita lakukan. Misalnya dengan merawatnya, tak lupa pula menyediakan segala fasilitas yang acap kita butuhkan.

Guna mendapatkan kenyamanan itu, kitapun wajib memperhatikan banyak hal baik dari yang sepele dan remeh-temeh hingga yang sangat fatal. Antara lain adalah menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman pengganggu kesehatan. [Baca juga: Memahami Konsep Rumah Sehat]

Lalu di mana saja tempat-tempat yang sering dihuni oleh kuman itu? Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

Lantai Karpet

Lantai jenis karpet biasanya memang dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, dan usai dibersihkan yang nampak kasat mata adalah karpet itu telah bersih. Namun ada hal yang perlu dipahami bahwa kenyataannya kemampuan vacuum cleaner itu masih sebatas membersihkan bagian permukaan karpet saja, karena ia tidak bisa mencapai bagian bawah karpet, padahal pada bagian bawah karpet itulah yang justru menjadi surga bagi bakteri.

Ada saran yang menyatakan bahwa karpet akan bisa maksimal dibersihkan yaitu dengan memanfaatkan uap atau ekstraksi air panas, dengan jangka waktu setiap 18 bulan sekali.

Bathtub dan shower

Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa 26% bathtub dan shower mempunyai bakteri terkenal dengan nama Staphylococci. Yaitu satu bakteri yang dapat menyebabkan masalah mulai dari lesi kulit sampai dengan infeksi  pada saluran kemih.      Cara terbaik mengatasi hal ini adalah dengan membersihkan permukaan-permukaannya setiap hari, yaitu dengan memanfaatkan semprotan air panas.

Tempat Sikat Gigi

Ada berbagai macam bahan tempat sikat gigi yang sering kita pakai, selain buatan pabrik yang berasal dari stainless steel, fiber, plastik dan sejenisnya, ada juga tempat sikat gigi yang lebih menarik yaitu terbuat dari bahan bambu dan juga kayu.   Dari bermacam tempat gigi tersebut ternyata mereka memiliki rata-rata lebih dari 2 juta sel bakteri.

Dan demi meminimalisir adanya bakteri yang menyebabkan penyakit, maka disarankan membersihkan tempat sikat gigi tersebut minimal 1 kali dalam seminggu.

Tempat Makan Binatang Piaraan

Wadah ataupun tempat makan binatang peliharaan kita tak selalu bersih, oleh karenanya ia cenderung didekati kuman pemakan sisa makanan itu yang kemudian di sanalah kuman dan bakteri itu bersarang.

Demi meminimalisir adanya kuman dan bakteri, ada baiknya mencuci wadah makanan itu minimal satu kali setiap harinya, yaitu dengan menggunakan air hangat serta sabun pembersih.

Perkakas Dapur

Selain hal-hal di atas, ada banyak perkakas dan fasilitas di dapur rumah kita yang menjadi sarang keberadaan bakteri ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya;

  • Kompor

Tatkala kita memasak, kompor acapkali terkena percikan makanan. Selain itu kenop ataupun saklar kompor juga mempunyai banyak kuman akibat ada banyak tangan berulangkali menyentuhnya.

Guna mengatasi kuman dari kompor, disarankan untuk membersihkannya menggunakan  sabun dan air hangat, kemudian membilasnya sampai bersih, dan selanjutnya mengeringkannya.

  • Wastafel Dapur

Wastafel di dapur merupakan tempat yang sering kita gunakan apabila sering memasak. Karena di sanalah kita mencuci segala hal, baik piring ataupun bahan makanan sebelum dimasak. Dan karenanya, wastafel di dapur ini juga merupakan tempat yang paling sering tersiram air panas serta sabun.     Namun kenyataannya hal itu tak bisa menjamin bahwa wastafel dapur terbebaskan dari keberadaan kuman, pasalnya justru ada banyak kuman dan bakteri yang bersarang di sana. Ini terjadi tak lain karena wastafel di dapur sering terkena sisa makanan, sehingga kapasitas terkontaminasinya justru bisa mencapai sejumlah 100.000 kali lipat dibandingkan wastafel di kamar mandi ataupun toilet. [Baca juga: Tahukah Anda Toilet & Kamar Mandi di Hotel Lebih Bersih Daripada Kamar Tidur & Ruang Tamunya?]

Guna mengatasi hal itu, silakan menggosok wastafel dapur menggunakan air panas dan sabun sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu. Jangan lupa membersihkan bercak-bercak sisa makanan dan kotoran serupa lainnya yang masih nampak mata.

  • Meja Dapur

Sebagaimana wastafel dapur, meja dapur adalah juga salah satu perkakas di dapur yang memiliki kadar tinggi bakteri. Pasalnya ada banyak bahan belanjaan beserta kantong-kantong pembungkusnya yang diletakkan pada meja, padahal ia telah membawa kuman dari tempat-tempat sebelumnya.

Silakan rajin membersihkan meja, utamanya bagian permukaannya. Sebagai contoh adalah sekali dalam sehari, atau berulangkali khususnya sebelum dan sesudahmemasak atau menyiapkan makanan. Salah satu caranya yaitu dengan mencuci permukaan meja dapur menggunakan air hangat plus sabun dan kemudian di lap kering.

  • Mesin Pembuat Kopi

Coffee maker alias mesin pembuat kopi merupakan alat yang sangat mempermudah kita dalam menikmati dan menyajikan kopi, karena darinya kita bukan saja memperoleh kopi yang lebih enak, namun juga mendapatkan kepraktisan.   Namun ada hal yang butuh disadari, bahwa ada banyak bakteri dan kuman yang bisa tumbuh dan berkembang di tempat tersebut karena lingkungannya yang sangat gelap serta lembab. [Baca juga: Kenali Ragam Kopi Indonesia]

Untuk mengatasi kuman dan bakteri pada mesin caffee maker itu silakan mengisi wadahnya dengan cuka kurang-lebih sebanyak 4 cangkir, selanjutnya diamkan selama 30 menit. Setelah itu sila menyalakan mesin dan biarkan cairan cuka tersebut melakukan proses pembersihan pada semua bagian dalam wadah.     Jika telah selesai, buang saja cairan cuka lalu silakan mengganti isi wadah dengan air, dan nyalakan kembali mesin, ganti kembali airnya –hingga berulangkali– sampai aroma cukanya hilang.

  • Spons Dapur

Seperti halnya wastafel di dapur, spon adalah juga materi yang sering digunakan di dapur. Satu penelitian menjumpai bahwa setelah 3 minggu digunaan, dalam 70% spons terdapat bakteri.

Hal yang bisa dilakukan demi meminimalisir kuman dan bakteri dalam spons adalah dengan meletakkannya selama 2 menit di dalam microwave, karena dengan cara itulah maka sebagian besar virus, parasit, dan spora yang tumbuh bisa sirna dan mati. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Hii, Ini Dia 9 Tempat Tak Terduga Paling Berkuman di Rumah detik.com Diakses pada 5 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com, Diakses pada 5 Agustus 2015

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here