Tahukah Anda Posisi Tidur Miring dan Menyamping Bermanfaat Bagi Kesehatan?

0
1761
Tidur Miring dan Menyamping Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

TIDUR bagi merupakan kenikmatan yang tiada tara. Pasalnya tak semua orang bisa dengan mudah merebahkan badan dan lalu nyenyak ataupun lelap dalam menikmati istirahat tidurnya. Ada yang harus gelisah dulu sebelu bisa memejamkan mata, ada yang harus mengkonsumsi satu obat dulu agar mendapatkan kemudahan tidurnya, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan.

Menilik pada kondisi tidur, kecuali orang yang sangat mudah tidur, posisi badan menjadi hal penting yang memberi pengaruh terhadapnya. Ada yang bisa mudah tidur ketika rebahan telentang, ada yang musti memiringkan tubuh, ada pula yang harus tengkurap. Sehubungan dengan posisi tidur ini, efek termudah yang bisa dilihat adalah keluarnya iler alias air liur. Walau tak berlaku semuanya, berposisi tidur tengkurap tentu akan mudah mengeluarkan iler dari mulutnya, begitu pula pada kondisi miring. Namun itu tak berarti yang memiliki posisi tidur telentang bisa terbebas dari tabiat ngiler juga. [Baca juga: Inilah Manfaat Merapikan Tempat Tidur Usai Bangun Pagi]

Tidur Miring Dan Menyamping

Sehubungan dengan posisi tidur, beberapa ahli menyatakan bahwa tidur miring ke kanan merupakan posisi yang terbaik, kemudian disusul dengan posisi menyamping ke kiri.     Sementara posisi tidur telentang justru dinilai kurang bagus, bahkan bisa membahayakan bagi mereka yang menderita apnea tidur ataupun sakit asma, alasannya karena pada kondisi tidur telentang pernapasan menjadi terganggu dan kurang lancar. [Baca juga: Inilah Hal yang Perlu Dihindari Pengidap Asma]

Inilah Manfaat Tidur Miring & Menyamping

Berikut ini adallah beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh ketika posisi tidur miring ataupun menyamping, baik ke kiri maupun ke arah kanan.

  • Meningkatkan pencernaan

Dengan posisi tidur miring ke sisi kiri, maka kondisi lambung dan pankreas akan menggantung secara alami. Hal ini memberikan manfaat guna membantu pencernaan makanan, karena enzim pankreas akan dilepaskan dari pankreas hanya pada saat memang diperlukan. Selain itu dengan adanya gravitasi, metabolisme pun akan mudah bergerak.

  • Mencegah Sakit Liver

Cairan empedu yang disekresikan dari hati dan kandung empedu memiliki peran penting dalam pencemaran lemak dan melalui proses emulsifikasi. Dengan posisi tidur miring ke arag kiri, maka hal itu mampu membantu dalam sekresi empedu serta pencernaan lebih baik dari lemak. Efek positif yang diperoleh adalah tercegahnya penumpukan lemak pada hati sebagai penyebab utama timbulnya penyakit liver.

  • Mencegah Penyakit Serius

Posisi tidur miring ke arah kiri mampu meningkatkan kesehatan karena hal itu bisa menghapus racun melalui limfatik. Sehingga banyak penyakit serius akan terminimalisir dan dapat dicegah dengan posisi tidur miring, pasalnya akumulasi racun bisa keluar dengan sempurna.

Selain itu sistem limfatik ini juga memiliki fungsi guna menghapus semua produk limbah, getah bening serta racun yang berujud cairan. Yang perlu diketahui adalah bahwa sisi kiri tubuh kita tak lain merupakan sisi limfatik yang lebih dominan bekerja dibanding pada sisi kanan.

  • Menggerakkan Usus Halus

Tidur menyamping ke kiri membantu mengeluarkan produk limbah melalui proses buang air besar di pagi hari. Hal itu bisa terjadi karena adanya gravitasi yang cukup membantu dalam hal menggerakkan makanan dari usus kecil menuju usus besar ketika tidurdengan posisi miring ke sisi kiri .

  • Meningkatkan Fungsi Jantung

Tidur dengan posisi ke arah kiri juga mampu mengurangi beban kerja jantung kita. Dengan begitu sirkulasi darah yang menuju ke jantung juga akan meningkat, sedangkan pengambilan pembuluh darah ke jantung (vena cava inferior) juga akan berkurang. [Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai]

  • Fungsi Hati dan Ginjal  Menjadi Lebih Baik

Hati dan ginjal adalah organ metabolisme dan ekskresi yang memiliki kecenderungan menumpuk limbah dan racun dalam tubuh. Dengan tidur posisi miring ataupun menyamping ke arah kiri, maka ia akan efektif dalam menyaring akumulasi racun, sehingga kesehatan tubuh akan lebih terjamin. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Manfaat Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri metrotvnews.com Diakses pada 13 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 13 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here