Cara Instalasi Plugin dan Pengaturan Widget pada WordPress

0
1518
Instal Plugin dan Memasang widget wordpress
gounder / Pixabay

Panduan wordpress pada artikel ini akan terfokus pada pemasangan plugin baru pada wordpress dan pemasangan widget. Salah satu keunggulan website berbasis wordpress adalah ketersediaan beragam plugin yang dapat digunakan untuk menjawab kebutuhan pengguna. Urun daya pengembangan plugin cukup banyak dilakukan oleh pelbagai pengembang. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna wordpress yang memiliki kebutuhan pengembangan tertentu.

Apakah Plugin dan Widget?

Plugin wordpress adalah fungsi atau alat tambahan yang dapat diinstal sebagai pelengkap fungsi tertentu yang sudah berjalan pada elemen wordpress. Plugin membawa fungsi tertentu yang belum dimiliki oleh fasilitas bawaan dalam wordpress. Sementara, widget adalah elemen tampilan yang dapat ditambahkan oleh pengguna wordpress ke dalam laman muka atau laman lain. Penambahan ini diatur dalam menu widget yang telah disediakan.

Cara Instalasi Plugin WordPress

Instalasi plugin wordpress dapat dilakukan dengan mudah. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan ftp atau melalui dasbor wordpress itu sendiri. Panduan ini akan secara langsung menunjukkan proses instalasi melaui dasbor wordpress. Sebagai contoh, kami akan menggunakan plugin Recent Posts Widget Extended sebagai bahan percobaan.

Masuklah dalam menu plugin, lalu klik add new (tambah baru). Anda akan menemukan laman khusus yang berisi daftar plugin. Perhatikan kedua gambar berikut ini:

Cara Install Plugin wordpress
Menu install plugin
install plugin wordpress
Laman instalasi plugin wordpress

Carilah nama plugin pada kotak pencarian. Gunakan kata kunci. Ada baiknya, pengguna memastikan pemutaakhiran plugin, rekomendasi dan catatan pengguna lain sebelum instalasi dilakukan. PLilhalah plugin yang sesuai dengan versi wordpress yang anda gunakan.

Proses selanjutnya, perhatikan urutan gambar berikut ini yang menjelaskan proses instalasi:

mencari plugin wordpres yang sesuaii
mencari plugin wordpres yang sesuai

lalu pilihlah plugin yang sesuai, dan lakukan pemasangan, seperti gambar berikut ini:

instal plugin wordpress
instal plugin wordpress yang sesuai

Aktifkan plugin setelah proses instalasi, perhatikan gambar berikut ini:

aktivasi plugin wordpress
aktivasi plugin wordpress

Cara Pemasangan Widget WordPress

Terdapat widget yang sudah menjadi elemen bawaan (default) wordpress dan ada lagi yang masih perlu diinstal melalui plugin. Jika anda sudah selesai melakukan instalasi, anda sudah dapat menambahkan widget sesuai dengan plugin yang telah diinstal.

Masuklah ke dalam menu widget. Menu ini berada di bawah menu tampilan (appearance). Perhatikan gambar berikut ini:

Cara memasang widget wordpress
Menu Widget WordPress

Anda akan masuk ke dalam laman pengaturan widget wordpress website anda. Pada laman ini anda akan melihat daftar widget yang aktif. Guna memasang di laman muka atau laman tertentu, seret dan geserlah widget aktif ke dalam bar widget. Gunakan mouse anda dengan klik dan tahan saat menggeser. Perhatikan gambar berikut ini:

memasang widget wordpress
Sertelah widget aktif ke dalam box widget

Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here