Tahukah Anda, Perbedaan Aroma Ketiak Setiap Manusia Ternyata Menjadi Fungsi Identitas?

0
2135
Bulu Ketiak Mampu Menambah Daya Tarik Pasangan
Bulu Ketiak Mampu Menambah Daya Tarik

KETIAK bagi sebagian orang menjadi bagian tubuh yang membuat sensitif. Pasalnya ada bau tak sedap yang bersumber darinya, akibat keringat yang muncul di sela-sela bulu yang ada. Begitupun bagi wanita, ketiak sebagai tempat berkembangnya bulu-rambut, pada akhirnya harus dirapikan dan dibersihkan pertumbuhannya, tak lain adalah “mengganggu estetika” yang dijadikan alasannya. [Baca juga: Tahukah Anda Mode Rambut Sambungan Telah Ada Sejak 3000 Tahun Lampau?]

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda menjadi bagian yang memiliki sikap serupa di atas dalam emnyikapi ketiak beserta bulu-rambut yang menumbuhinya? Lalu apakah Anda juga memiliki alasan lain dalam hal membersihkan bulu ketiak itu?

Apa Fungsi Bulu Ketiak?

Sebagaimana pada bagian kemaluan, bulu-rambut yang bertumbuhan pada bagian ketiak sejatinya adalah juga bagian yang memang sudah selayaknya ada pada tubuh manusia. Dan percaya ataupun tidak, ad apula yang menyatakan bahwa keberadaan bulu ketiak ini merupakan bagian dari perjalanan panjang evolusi manusia, yang menjadi satu cara serta mekanisme pertahanan bagi tubuh. Bentuk pertahanan tubuh itu antara misalnya dalam hal menjaga kehangatan, melindungi penguapan, dan juga sebagai pelapis dan perlindungan.

Kapan Tumbuh Bulu Ketiak?

Masa awal pertumbuhan bulu ketiak itu tak lain adalah ketika manusia beranjak dari anak-anak dan melalui masa pubertas, kemudian berakhir tatkala masa remaja berakhir. Karena tempat tumbuh dan berkembangnya adalah pada area yang berbentuk lipatan, maka kecenderungan yang terjadi adalah memiliki kelembaban yang lebih jika dibanding area lainnya. Dan sekret dari kelenjar apokrin ketiak yang kemudian juga menyebabkan timbulnya bakteri pada lokasi melipat ini, tak pelak mampu menimbulkan aroma khas –yang adakalanya dibilang tak sedap– pada area ketiak. [Baca juga: Bulu ketiak mampu menambah daya tarik seksual]

Apa Manfaat Bulu Ketiak?

Tren yang berkembang dewasa ini adalah menghilangkan bulu ketiak. Hal itu sebagaimana kita bisa dengan mudah melihat iklan-iklan yang diperankan bintang-bintang pun selebritis populer di banyak media; cara mencukur bulu ketiak, cara merontokkan bulu ketiak, dan masih banyak lagi.   Karena sikap tersebut, maka kebermanfaatan bulu ketiak pun masih menjadi bahan perdebatan bagi banyak pihak.

  • Alasan Dasar

Terlepas dari perdebatan yang ada, beberapa teori tetap berupaya memberikan penjelasan mengenai fungsi bulu ketiak tersebut. Salah satu alasan paling dasarnya adalah bahwa bulu ketiak bisa melindungi ketiak terhadap terjadinya gesekandari benda lain. Sedang alasan penting lainnya adalah bahwa pentingnya bulu ketiak ini karena memiliki fungsi reproduksi.

  • Kelenjar Apokrin Sebagai Feromon

Feromon adalah hormon reproduksi pada hewan mamalia yang memiliki fungsi guna menarik pasangan. Nah pada manusia, ada kelenjar apokrin yang diyakini juga memiliki fungsi serupa feromon. Yaitu membuat lawan jenis menjadi tertarik.

Sebagaimana telah di paparkan di atas, memang kelenjar apokrin dan kelembaban yang ada pada bagian ketiak yang melipat itu mampu menimbulkan aroma khas yang tak sedap. Akan tetapi justru hal itulah yang juga menjadi bagian drai tanda pada manusia yang sudah mencapai tahap siap reproduksi.       Stigma ini berbanding lurus dengan aroma khas tubuh manusia yang biasanya terjadi pada masa remaja.

Dan hal yang perlu dipahami tentang aroma khas tubuh yang bersumber dari bagian ketiak tersebut adalah; berdasarkan penelitian yang ada, kenyataannya tak semua manusia memiliki bau ketiak yang sama. Sebaliknya, terdapat perbedaan bau antara satu dengan yang lainnya, di mana justru perbedaan aroma itulah yang juga memberikan fungsi-identitas unik bagi setap manusia. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Inilah Guna Bulu Ketiak Bagi Manusia, klikdokter.com Diakses pada 23 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 23 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here