Inilah Beberapa Saran Tentang Beban Bawaan Saat Perjalanan Dinas Dan Traveling

0
1423
Saran Tentang Beban Bawaan Saat Perjalanan Traveling
Inilah Beberapa Saran Tentang Beban Bawaan Saat Perjalanan Traveling

Bepergian jauh baik dnegan tujuan traveling ataupun perjalanan dinas akan menjadi repot ketika kita harus mengemasi barang bawaan yang jumlahnya berlebihan. Bagaimana tidak, beban yang harus dibawa guna mencukupi kebutuah pribadi saja adakalanya tak cukup dibawa menggunakan satu tas ataupun satu koper. Belum lagi pikiran kita yang sudah terbelah pada tujuan perjalanan itu sendiri.

Masih agak longgar ketika bawaan yang membebani itu ditanggung saat sedang have fun, baik dalam perjalanan wisata ataupun keperluan santai lainnya. Namun tentu akan menjadi sangat merepotkan ketika kita harus mengerjakan tugas dan mengemban tanggung-jawab lain.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar kita aman dan nyaman tatkala melakukan perjalanan jauh;

  • Hindari Mengenakan Perhiasan Berharga

Mengenakan perhiasan emmang menjadikan penampilan bertambah nilainya, makin modis, makin cantik, dan juga menarik, Akan tetapi silakan pertimbangkan kembali kebiasaan itu ketika hendak bepergian jauh dan beberapa saat lamanya. Karena ada banyak risiko bisa ditimbulkan apabila tetap mengenakannya, risiko kehilangan, risiko mengundang pencurian – penjambretan dan tindak kekerasan, dan masih banyak lagi.

  • Hindari Membawa Buku Tak Penting

Buku memang menjadi teman setia bagi banyak orang. Bukan saja di rumah ataupun di perpustakaan, namun juga dalam perjalanan dan juga di tempat-tempat santai seperti mall, pantai, dan lain-lainnya. Dan dengan membaca sambil berjemur ataupun sambil nongkrong memang menjadi bagian dari kenikmatan yang tiada tara. Namun silakan pikir pula beban bawaan Anda ketika harus membawa buku banyak bersamaan dengan pergi jauh dan berhari-hari. Bukankah akan lebih baik konsen dan fokus dengan perjalanan saja, sehingga bisa dengan leluasa menikmati tanpa ada gangguan yang menghalangi. [Baca juga: dalam berolahraga]

  • Hindari Beban Perlengkapan Olahraga

Ada sebagian orang yang memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan olah raga setiap hari, seolah olahraga telah emnjadi kewajiban. Sehingga ketika jauh dari rumah tinggal, kewajiban itu tetap harus dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen. Padahal adakalanya ada yang melaksanakan jenis olahraga dengan perlengkapan tertentu.

Nah, alangkah baiknya jika dalam berolahraga saat melakukan perjalanan juga bisa kita ganti sesuai keadaan. Tak harus memakakan diri sehingga harus membawa perlengkapan yang sejatinya justru membikin ribet perjalanannya.

  • Perlengkapan Kamera Secukupnya

Mengabadikan dan mendokumentasikan setiap momen perjalanan selain emngasyikkan adakalanya memang menjadi bentuk keharusan sebagai bagian dari pengarsipan. Oleh karenanya kita pun membutuhkan kamera guna mendapatkan hasil sesuai harapan.  Akan tetapi disarankan agar kita hanya membawa kamera dan perlengkapan secukupnya saja. Pasalnya, selain repot dengan beban yang ada, bukan tidak mungkin kita justru akan dikenai biaya tambahan jika masuk pada satu area.

  • Minimalisir Membawa Gadget

Keberadaan gadget seolah emmang sudah tak bisa jauh dari kita. Karena kita akan merasa ganjil dan bingung ketika harus jauh dengannya. Hal itu sangat bisa dipahami, pasalnya dengan gadget pula selain informasi dan komunikasi, kitapun bisa menghibur diri dengan memanfaatkannya. Namun coba dipikirkan kembali mengenai faktor prioritas yang dibutuhkan. Janganlah banyak gadget dibawa sebagai bekal saat melakukan perjalanan beberapa hari, karena akan lebih besar madharatnya dibanding manfaatnya. [Baca juga: dalam berolahraga]

Satu saja contohnya, dengan membawa gadget akan secara otomatis kitapun membawa perlengkapan charger-nya. Oleh karenanya beban kita akan menjadi bertambah.

  • Bawa Toiletries Secukupnya

Mandi, cuci tangan, dan cucui kaki memang merupakan bagian drai perlakuan sehat. Sehingga sudah sewajarnya kita pun menyediakan produk-produk toiletries sebagai kelengkapannya. Contoh sepele produk toiletries itu adalah sampo, sabun, bedak, pelembap rambut, dan lain-lain.

Saran agar kita tak kerepotan adalah meminimalisir produk-produk tersebut. Karena selain memberikan beban tambahan, toh di penginapan ataupun hotel tempat kita singgah barang-barang semacam itu juga sudah disediakan.

  • Kenakan Sepatu Seperlunya

Saat bebergian jauh, baik traveling ataupun perjalanan dinas, alangkah baiknya kalau kita tak membawa banyak sepatu beraneka model. Silakan memilihnya sesuai kebutuhan di lapangan ataupun di tempat tujuan. Dan usahakan pula untuk lebih memilih jenis sepatu yang double duty, artinya sepatu tersebut bisa dikenakan pada segala acara dan keperluan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 7 Benda yang Tak Perlu dibawa Saat Traveling; cosmopolitan.co.id, Diakses pada 24 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 24 Agustus 2015

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here