Cara Menyisipkan (embed) Video Youtube di WordPress

0
1715
geralt / Pixabay

Cara menyisipkan (embed) video dari youtube ke dalam blog/web wordpress cukuplah mudah. WordPress dan Youtube keduanya sudah memiliki fitur yang memungkinkan komunikasi data antar website. Kemampuan Youtube yang digawangi Google soal ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan kapasitas teknologi Google, tidak diragukan pula kalau video dari Youtube tidak akan banyak mengganggu proses pemuatan (loading) pada website anda mengingat bandwith berlimpah yang dimiliki oleh Google.

[Baca: Mengganti Logo Login WordPress]

Cara embed video Youtube ke WordPress
Cuplikan Video Youtube yang tersisip pada konten ensiklo

Langkah Pertama: Ambil Kode Embed dari Youtube

Bukalah youtube dari carilah video yang ingin anda sematkan ke dalam website. Pada bagian bawah video, carilah menu “share” dan pilihlah bagian “embed“. Ketika anda klik bagian tersebut, Youtube akan menunjukkan beberapa baris kode. Salinlah (copy) kode tersebut. Kode tersebut yang akan anda pakai untuk menyisipkan (embed) video dari Youtube ke website anda. Perhatikan gambar berikut ini:

cara embed video youtube ke blog atau wordpress
Salinlah kode embed yang sudah disediakan oleh Youtube

Cara Kedua: Buatlah Posting

Buatlah laman posting (atau gunakan laman yang sudah ada). Pada laman tersebut, anda perlu menempelkan (paste) kode embed yang sudah disalin dari Youtube. Saat menempelkan kode, pastikan anda sedang berada dalam mode Teks bukan pada mode visual. Gunakan mode teks hanya saat anda menempelkan kode saja. Ketika mengetikkan bagian lain maka gunakan mode visual.

embed slide ke dalam wordpress
Mode teks dalam papan ketik wordpress

Model teks (text) memang secara khusus disediakan untuk proses-proses yang membutuhkan pengolahan kode HTML dan kode lain dalam bahasa pemrograman yang dibutuhkan oelh sebuah posting atau laman. Selesai melakukan hal ini, pastikan anda menyimpan hasil pekerjaan anda dan bisa menerbitkannya. Di bawah  ini adalah contoh dari laman youtube yang ditempelkan pada website ini:

[Baca: Daftar Ping Service untuk WordPress]

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here