Inilah Beberapa Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan

0
1856
Inilah Beberapa Khasiat Kayu Manis (Cinnamomum Verum) Bagi Kesehatan
Inilah Beberapa Khasiat Kayu Manis (Cinnamomum Verum) Bagi Kesehatan

KAYU manis menjadi bagian dari rempah nusantara yang telah ada sejak zaman dahulu kala, dan telah banyak dimanfaatkan oleh amsyarakat, baik untuk obat-obatan ataupun  bagian dari bumbu masakan.   Meski saat ini telah masuk pada era modern, namun para ahli tetap meyakini bahwa ada manfaat tersembunyi dari kayu manis itu, bukan saja sebagai penyedap rasa pada masakan, akan tetapi juga bisa diambil khasiatnya bagi kesehatan.

Lalu apa saja khasiat dari kayu manis itu?

  • Membunuh Virus

Jika merujuk pada pemaparan yang dilakukan oleh para peneliti dari Touro College , maka akan diperoleh keterangan bahwa konsumsi kayu manis secara rutin setiap setiap harinya bermanfaat membunuh virus.    Sebagaimana dipaparkan pada American Society for Microbiology Annual Meeting, salah satu penelitian itu dilakukan dengan cara menambahkan ekstrak kayu manis pada makanan, yaitu sebesar 10% , maka efek yang timbul dalam waktu 10 menit adalah terbunuhnya virus berbahaya baik bagi hewan ataupun manusia.

Berdasarkan pada penelitian di atas, maka para peneliti memberikan saran agar saat menikmati coklat panas, pancake, ataupun smoothies, seyogyanya kita membubuhkan kayu manis di atasnya.

  • Meredakan Kram Perut Ketika Haid

Bagi para perempuan yang acap mengalami gangguan keram pada saat datang bulan, maka disarankan untuk konsumsi pil kayu manis.

Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan bulan April 2015.    Sebanyak 80 murid perempuan Ilam University of Medical Sciences di Iran dibagi dua, bagian pertama diberikan pil kayu manis dan dimohon segera mengonsumsinya, dan bagian keduanya adalah mereka yang mendapatkan jatah konsumsi plasebo. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terjadi penguranan rasa sakit bagi mereka yang konsumsi pil kayu manis, dibanding yang mengonsumsi plasebo. [Baca juga: Inilah Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan]

  • Pencegah Kanker Usus

Kandungan dalam kayu manis yang berpengaruh terhadap aroma khas wangi (cinnamaldehyde) dan juga warna cokelat, disinyalir memiliki khasiat guna mencegah kanker usus. Begitulah kesimpulan sebuah studi bulan Mei 2015 yang dipublikasikan pada jurnal Cancer Prevention. [Baca juga: Inilah Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar]

Beberapa peniliti di University of Arizona College of Pharmacy mengadakan penelitian pada tikus, yang kemudian diperoleh sebuah hasil bahwa tikus yang diberi cinnamaldehyde terbukti mampu melindungi dirinya sendiri dari karsinogen.

  • Meningkatkan Memori

Kayu manis diyakini juga memiliki khasiat dalam meningkatkan memori. Hal ini didasarkan pada satu studi yang dilakukan tahun 2014, dan kemudian dipublikasikan di Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology.  Pengujian mereka lakukan terhadap tikus yang dementia.

Tikus-tikus itu masing-masing diberikan sejumlah 50, 100, dan 200 miligram zat yang berasal dari kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) lalu memberikan mereka tes labirin air dan pengenalan obyek.     Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tikus dengan dosis 100 dan 200 mg Cinnamomum zeylanicum terbukti lebih kuat bertahan di labirin air dan memiliki pengenalan yang lebih baik pada obyek yang diuji. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ketahui 4 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, nationalgeographic.co.id Diakses pada 26 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi, wikimedia.org, Diakses pada 26 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here