Cara Memasang Slide Presentasi ke dalam Web WordPress

0
2765
Memasang Slide presentasi di Wordpress
StartupStockPhotos / Pixabay

Website digunakan untuk beragam kebutuhan dan konten. Mempertimbangkan hal tersebut, pengelola blog atau website umumnya akan mempertimbangkan untuk memilih content management system (CMS) yang memiliki dukungan luas pada pengelolaan website. Tidak semata memajang konten berupa teks, website umumnya diharapkan dapat menyampaikan konten dalam bentuk lain, seperti video, audio, gambar bahkan berkas presentasi dalam bentuk slide.

Cara menampilkan slide presentasi di website wordpress cukup mudah. WordPress secara mandiri dapat sudah digunakan untuk menampilkan slide presentasi tanpa menitipkan kepada pihak ketiga atau penyedia layanan lain. WordPress sudah bisa digunakan untuk menjadi blog atau web yang menyajikan konten utama slide presentasi. Panduan ini akan menunjukkan bagaimana cara untuk menampilkan slide presentasi ke dalam blog berbasis wordpress.

Menampilkan atau memasang Presentasi (slide) di WordPress

Terdapat dua cara utama untuk melakukan hal ini. Pertama adalah dengan menggunakan layanan pihak ketiga, seperti slideshare; dan cara kedua adalah dengan menyimpan langsung file presentasi ke dalam website anda.

Menampilkan Presentasi di WordPress dari Pihak Ketiga

Dengan cara ini, anda menitipkan berkas ke dalam layanan tersebut dan hanya menyisipkan kode dari laman penyedia jasa. Berkas (file) akan tersimpan pada layanan tersebut. Data akan dipanggil melalui web penyedia jasa tersebut. Kelemahan dalam metode ini adalah komunikasi data antar website yang dapat membuat proses pemuatan (loading) akan menjadi lebih lama. Keuntungannya adalah anda tidak perlu lagi membebani kapasitas penyimpanan pada hosting anda.

Unggahlah (upload) file anda ke dalam layanan seperti slideshare. Lalu, carilah menu embed yang disediakan. Setelah itu, anda tinggal menempel (paste) kode ke dalam post atau laman yang anda inginkan. Saat paste kode embed, pastikan anda melakukannya pada mode teks pada laman pengetikan (ini hanya digunakan untuk paste kode tersebut, sementara pengetikan lainya tetap mode normal atau visual). Simpan dan terbitkan seperti biasa.

[Baca: Cara membuat Posting pada WordPress]

embed slide ke dalam wordpress
Mode teks dalam papan ketik wordpress

Memasang Slide Presentasi Pada WordPress Secara langsung 

Ensiklo.com menggunakan metode kedua ini. Artinya, berkas presentasi yang diunggah ke dalam website sepenuhnya tersimpan dalam hosting ensiklo. Keuntungannya adalah kecepatan akses pada web mengingat konten dan mesin website disimpan pada mesin yang sama. Contoh slide presentasi terdapat pada beberapa artikel berikut ini:

Memasang slide presentasi pada wordpress
Plugin pdf embedder

Guna dapat melakukan seperti pada dua artikel tersebut, anda perlu melakukan dua hal. Pertama, mengekspor berkas PPT atau presentasi ke bentuk PDF. Hanya bentuk PDF yang bisa ditamppilkan melalui plugin ini. Namun, secara fungsi tidak akan terganggu. Fungsi slide dan presentasi masih akan dapat berfungsi. Kedua, melakukan instalasi plugin PDF Embedder. Plugin inilah yang akan digunakan untuk mendisplay slide presentasi pada web wordpress anda.

Pasang Slide di wordpress
Contoh cuplikasi slide pada laman ensiklo

[Baca: Cara Install Plugin WordPress]

Setelah instalasi dan aktivasi plugin anda lakukan, cara memasang slide sama dengan cara anda memasang atau menyisipkan foto ke dalam post atau halaman. Tidak terlalu sulit tentunya. Selesai anda melakukannya, maka dokumen akan muncul seperti presentasi. Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here