Cara Mudah Menambahkan Rell Nofollow untuk Enskternal Link pada WordPress

0
1602
pixelcreatures / Pixabay

Keseimbangan antara link masuk dan keluar dari sebuah website menjadi salah satu elemen penting. Google selaku mesin pencari utama akan mempertimbangkan jumlah link yang masuk ke dalam sebuah website untuk mengutamakan dalam pengideksan dan pemajangan di laman hasil pencarian Google. Teknik dasar SEO biasanya mengajarkan adanya keseimbangan tersebut. Jumlah link keluar sebaiknya tidak lebih banyak dibandingkan dengan link masuk.

[Baca Juga: Teknik Dasar SEO dan Backlink Berkualitas untuk Website]

Meski demikian, tidak semua link keluar dapat membunuh SEO website atau  blog anda. Atribut nofollow dapat membantu anda menjaga agar mesin pencari hanya melewati konten anda dan lebih tertuju pada website ujung yang anda berikan tautan. Pada CMS WordPress, fitur bawaan pada penyematan pranala (link) adalah fitur untuk membuka link pada laman baru saat diklik. Fitur bawaan tersebut belum menyertakan atribut nofollow ke dalam link.

Guna mencegah kebocoran SEO akibat terlalu banyak link ke situs lain, ada baiknya link menuju situs lain diberi rell = nofollow. Dengan penyematan nofollow, maka google akan mengabaikan penelusuran ke situs yang anda tautkan meski terpapar dalam laman atau konten anda.

[Baca Juga: Social Bookmark Pembunuh SEO Blog Anda]

Menambahkan rell no follow pada wordpress cukuplah mudah. Meski tidak otomatis, anda dapat secara sadar memilih link manakah yang pantas atau cukup baik untuk diberi atribut dofollow. Agar mudah menambahkan atribut link nofollow, anda cukup menggunakan plugin Ultimate Nofollow.

menambahkan rell nofollow
Plugin untuk menambahkan rell nofollow

Installah plugin tersebut dan aktifkan. Setelah proses instalasi dan aktivasi plugin selesai dilakukan, maka anda akan mendapatkan fitur baru saat hendak menyisipkan link ke dalam teks pada posting atau laman. Perhatikan gambar berikut ini:

Cara rell nofollow wordpress
Menambahkan rell nofollow melalui Plugin

Menu penyisipan pranala (link) kini sudah memiliki fitur baru, yaitu add rel-nofollow. Anda cukup mencentang apabila merasa bahwa link eksternal tidak perlu memperoleh atribut dofollow.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here