Hepatitis C Akan Bisa Mudah Diobati Asal Belum Mengidap Sirosis Hati

0
1617
Tahukah Anda, Hepatitis C Akan Bisa Mudah Diobati Asal Belum Mengidap Sirosis Hati
Hepatitis C Akan Bisa Mudah Diobati Asal Belum Mengidap Sirosis Hati

HEPATITIS C adalah satu rasa sakit yang ditimbulkan oleh VHC alias virus hepatitis C, di mana virus tersebut menyerang dan merusak bagian organ hati.  Sejatinya virus ini banyak merebak di tubuh manusia, akan tetapi jarang yang sadar akan hal tersebut karena infeksi VHC boleh dikatakan memang hampir tidak memunculkan gejala.

Hal ini bisa dipahami, lantaran pada amsa awal memang tak ada perasaan apa-apa.

[Baca juga: Inilah Beberapa Gejala Infeksi Virus Hepatitis yang Patut Anda Waspadai]

Penyebab Sirosis Hati

Dari kesadaran yang kurang ini, tak pelak virus hepatitis C telah menjangkiti, yang kemudian akan bisa menyebabkan sirosis hati.   Menanggapi hal tersebut, tentunya butuh kesadaran lebih untuk peduli. Pasalnya ada banyak pasien yang datang berobat namun telah dalam kondisi lanjut dan telah mengalami sirosis hati.

Butuh Kesadaran & Pemahaman

Mengacu penjelasan dari para ahli kesehatan, sudah semestinya kita peduli dengan virus hepatitis C ini, sehingga tiada terjadi keterlambatan dalam penanganann akibat kelambatan pemahaman.

[Baca juga: Ini Adalah Beberapa Fakta Tentang Hepatitis B yang Perlu Diketahui]

  • Meminimalisir Terjangkiti

Ketika ada pemahaman, maka ada kemungkinan penderita hepatitis C ini berkurang jumlahnya.    Ungkapan di atas bukan tanpa alasan, karena sebenarnya proses terjadinya infeksi hepatitis C menjadi sirosis hati memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu rata-rata adalah 20 hingga 25 tahun.

  • Meminimalisir Tertulari

Selain bisa meminimalisir untuk terjangkiti virus hepatitis C, pemahaman akan virus itu juga bisa membantu kita untuk tak menularkannya ke pihak lain. Karena bukan tidak mungkin pasien yang secara tak sadar terkena infeksi hepatitis C ini juga menularkannya kepada orang lain.

[Baca juga: Inilah Beberapa Macam Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui]

Bisa Diobati Asal…

Sesuai kemajuan zaman dnegan telnologi canggihdan penelitian yang serba modern, sebenarnya sudah ada obat yang bisa menyembuhkan infeksi hepatitis C ini, hingga virusnya pun hilang. Namun catatannya adalah; belum mengalami sirosis hati.

Oleh karenanya, disarankan bagi kita semua, khususnya bagi yang mempunyai faktor risiko infeksi hepatitis C, untuk memeriksakan diri pada dokter ataupun ahli kesehatan. Pasalnya virus hepatitis C bisa menular dengan cara melewati kontak darah, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, ataupun menerima transfusi darah. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Banyak Orang Tak Menyadari Terinfeksi Virus Hepatitis C; kompas.com, Diakses pada 28 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi; shutterstock.com, Diakses pada 28 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here