Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Rahim

0
1577
PDPics / Pixabay

Rahim merupakan bagian organ reproduksi yang penting bagi wanita. Janin tumbuh dan berkembang dalam organ ini ketika wanita hamil. Ada beberapa tipe kanker rahim. Tipe yang paling sering merupakan kanker endometrium (adenokarsinoma). Kanker endometrium mengenai bagian rahim yang disebut endometrium, lapisan dinding rahim. Tipe lain adalah sarkoma, yang berasal dari otot dan jaringan lain. Walaupun jarang terjadi, sarkoma merupakan jenis kanker yang lebih agresif dari adenokarsinoma dan memiliki gejala yang berbeda. Berikut akan lebih dijelaskan mengenai kanker endometrium sebab merupakan kanker yang tersering mengenai rahim [1].

[Baca Juga: Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar]

Penyebab Kanker Rahim

Kanker Endometrium merupakan tipe kanker rahim yang paling sering terjadi. Penyebab pasti kanker endometrium masih belum diketahui. Peningkatan level hormon estrogen diduga memiliki peran penting. Estrogen membantu penebalan dinding uterus. Hal ini dapat  mencetuskan pertumbuhan berlebihan dari endometrium dan kanker [2].

Kasus kanker endometrium banyak terjadi pada usia antara 60 tahun dan 70 tahun. Beberapa kasus dapat pula terjadi sebelum usia 40 tahun [2].

[Baca Juga: Bentuk dan Penyebab Kanker Serviks]

Faktor di bawah ini dapat mencetuskan peningkatan hormon yang meningkatkan risiko kanker endometrium [2]:

  • Terapi menggunakan estrogen (Estrogen Replacement Therapy) tanpa penggunaan progesteron
  • Riwayat polip endometrium
  • Jadual menstruasi yang tidak teratur
  • Tidak pernah hamil
  • Kegemukan atau obesitas
  • Sindroma Ovarium Polikistik
  • Menstruasi pada usia dini (sebelum usia 12 tahun)
  • Mulai menopause setelah usia 50 tahun
  • Penggunaan tamoxifen, terapi obat untuk kanker payudara

Wanita dengan kondisi berikut juga ditengarai memiliki risiko yang meningkat untuk mengalami kanker endometrium

  • Kanker payudara dan usus besar (kolon)
  • Diabetes
  • Penyakit Kandung empedu
  • Tekanan darah tinggi

Tanda dan Gejala Kanker Rahim

Ada beberapa gejala yang mengarah pada kanker endometrium. Ada pula gejala yang tidak spesifik dialami para wanita karena kondisi kanker yang lebih lanjut.

Perdarahan, bercak, dan cairan vagina lain yang tidak biasa

Sekitar 90 % wanita yang terdiagnosis kanker nedometrium mempunyai perdarahan pada vagina yang tidak biasa, seperti perubahan periode menstruasi atau perdarahan antar periode atau setelah menopause. Gejala ini juga terjadi pada beberapa kondisi yang tidak berkaitan dengan kanker. Apabila mengalami gejala seperti ini sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter [3].

[Baca Juga: Waspadai Tanda-tanda kanker payudara]

Cairan vagina yang tidak berupa darah bisa juga menjadi tanda adanya kanker endometrium. Ketika Anda tidak melihat darah pada cairan tersebut, bukan berarti tidak terjadi kanker. Sekitar 10 % kasus, cairan yang berhubungan dengkan kanker endometrium tidak berupah darah. Maka dari itu, segera konsultasikan ke dokter apabila ada cairan yang tidak biasa keluar melalui vagina [3].

Nyeri panggul, Merasakan suatu Massa, atau Berat Badan Berkurang

Nyeri pada panggul, merasa ada massa atau tumor, dan berat badan turun bisa juga merupakan suatu gejala dari kanker endometrium. Gejala ini lebih sering terjadi pada stadium lanjut penyakit. Maka dari itu, jangan menunda untuk menemui dokter guna berkonsultasi tentang keluhan Anda [3].

Sumber Rujukan 

[1]. Cancer of Uterus. Acog.org, diakses pada 25 Agustus 2015. 

[2]. Endometrial Cancer. Medline Plus, diakses pada 25 Agustus 2015.

[3]. Signs and symptoms of endometrial cancer. Cancer.org,diakses pada 25 Agustus 2015.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here